Pratinjau Laga

Preview: Liverpool v Chelsea

Ini adalah pertandingan antara penghuni peringkat kelima versus peringkat keenam dalam pertandingan tengah pekan ini di Merseyside. Sejarawan klub Rick Glanvill dan ahli statistik klub Paul Dutton memberikan pratinjaunya laga kami melawan sang juara bertahan…

Ini adalah pertandingan antara penghuni peringkat kelima versus peringkat keenam dalam pertandingan tengah pekan ini di Merseyside. Sejarawan klub Rick Glanvill dan ahli statistik klub Paul Dutton memberikan pratinjaunya laga kami melawan sang juara bertahan…

Lahir dengan jarak enam tahun dan jarak 90 mil di Jerman, Thomas Tuchel dari Chelsea dan Jurgen Klopp dari Liverpool bertemu lagi untuk pertama kalinya sejak November 2018, ketika Paris Saint-Germain mengalahkan The Reds di fase grup Liga Champions.

Dengan begitu banyak hal yang masih dipertaruhkan untuk kedua klub, tidak ada yang mengharapkan terulangnya keanehan hujan delapan gol di bulan Juli silam yang menjadikan skor liga tertinggi Chelsea di Anfield selama 15 tahun terakhir. Saat itu kami kalah 5-3.

Itu adalah kekalahan ketiga dari empat kekalahan beruntun bagi The Blues melawan Liverpool, dan menghindari kekalahan kelima adalah yang terpenting. Sang juara bertahan, bagaimanapun, telah kalah di empat laga terakhir mereka di kandang dan tidak pernah menang dalam enam pertandingan.

Kemenangan untuk Chelsea akan membuka celah empat poin yang berpotensi signifikan atas Liverpool dengan 11 pertandingan tersisa. The Blues juga akan kembali ke empat besar karena West Ham tidak akan berlaga hingga Senin.

The Londoners saat ini masih tak terkalahkan setelah sembilan pertandingan di bawah Tuchel dan telah memenangkan empat dari lima pertandingan tandang terakhir kami dalam masa tersebut.

Chelsea berharap untuk memperpanjang rekor tak terkalahkan kami di semua kompetisi menjadi 11 pertandingan, sejak kekalahan terakhir kami di Leicester pada 19 Januari.

photo of STATISTIK KUNCI STATISTIK KUNCI


Berita tim Chelsea

Itu tidak segera terlihat tetapi Thomas Tuchel memulai dengan empat bek bertahan melawan Manchester United pada hari Minggu, Cesar Azpilicueta kembali ke bek kanan dan Ben Chilwell di kiri dengan izin untuk maju. Pergantian babak kedua menjadi 5-3-2 dilakukan untuk menangkal ancaman Shaw dan Rashford, sementara N'Golo Kante yang eye-catching berhasil menggagalkan Fernandes.

Ziyech & Giroud datang dalam beberapa inci untuk memberikan terobosan v Man United | Ekstra Tak Terlihat

Sejak kedatangan pelatih Jerman tersebut, Chelsea telah menghasilkan upaya mencetak gol terbanyak kedua dalam pertandingan liga (86 peluang) tetapi ini belum diterjemahkan ke dalam gol, dengan hanya mencetak 10 gol saja dari delapan pertandingan, tiga di antaranya datang dari titik penalti.

Beberapa mungkin tergoda untuk menyalahkan eksekusi bandel, namun, di luar penalti, nomor 'tujuan yang diharapkan' (xG) The Blues adalah yang terbaik ke-11 di liga, menunjukkan hanya sedikit yang merupakan peluang mencetak gol asli.

Chelsea mendominasi penguasaan bola tetapi untuk menjadi lebih tajam di sepertiga akhir, pengiriman dari lini tengah mungkin harus lebih cepat dan lebih progresif, dengan keajaiban di dalam dan di sekitar kotak penalti dari para starter reguler menemukan jangkauan mereka, atau dari pemain seperti Kai Havertz, Christian Pulisic dan Hakim Ziyech, yang keterlibatannya lebih dibatasi karena berbagai alasan. Timo Werner dan Tammy Abraham juga diberi istirahat pada akhir pekan dan akan segar untuk pertandingan ini, meskipun Tuchel melaporkan yang terakhir mengalami beberapa masalah dengan pergelangan kakinya saat latihan minggu ini.

Sembilan pertandingan, kebobolan dua gol, tanpa kekalahan | Peningkatan pertahanan Chelsea di bawah Tuchel

Pelatih kepala kami telah menemukan solusi untuk kelemahan pertahanan, dan para pemain sekarang terorganisir dengan baik melawan serangan balik bahkan ketika kita sedang berada di sepertiga akhir area lawan, tetapi tujuan sekarang adalah untuk menemukan keseimbangan agar bisa mencetak gol.

Thiago Silva akan tetap absen tetapi Andreas Christensen telah berkembang selama menggantikan perannya di tim. Dia memenangkan semua duelnya melawan Setan Merah dan menghasilkan akurasi 100% dengan operannya. Edou Mendy, yang menandatangani kontrak setelah kunjungan Liverpool pada bulan September, telah mencatatkan clean sheet melawan Tottenham, Atletico dan Man United.

Reds sedang re-organisasi

Musim ini Liverpool jauh dari penampilan layaknya sang juara yang paling sulit ditaklukkan di musim lalu, dan mereka kesulitan melawan tim-tim seperti Everton yang mempertahankan bola di sepertiga area serangan Liverpool untuk mencetak gol, kemudian bertahan dalam.

The Reds juga kebobolan sembilan gol lebih banyak di liga daripada Chelsea musim ini, meski mereka menghadapi lebih sedikit tembakan ke gawang dari lawan. Sekitar 44% percobaan ke gawang The Reds tepat sasaran, dibandingkan dengan hanya 30,5% dengan The Blues, mungkin menandakan mereka memungkinkan lawan melihat lebih jelas ke arah gawang mereka.

Skuad mereka juga harus menambal cedera pemain lainnya di luar Virgil van Dijk, terutama di lini pertahanan. Tanpa kapten dan andalan mereka, skuat Merseysiders telah mencatat tekel paling sedikit di sepertiga pertahanan mereka dan memblokir jumlah tembakan lawan terendah, sementara jumlah pelanggaran yang sangat tinggi yang mereka lakukan yang berpotensi gol bagi lawan.

Namun, absennya Jordan Henderson jadi kehilangan yang ganda bagi mereka karena banyak operannya dari lini tengah memicu begitu banyak serangan dan, jika diperlukan, ia juga mampu bermain sebagai bek tengah yang handal.

Kapten Liverpool Jordan Henderson akan absen dalam pertemuan hari ini dengan The Blues

Duet bek tengah mereka saat ini Nathaniel Phillips dan Ozan Kabak adalah yang ke-18 yang digunakan musim ini, dan kurangnya pengalaman bisa membuat skema pertahanan tinggi Liverpool lebih rentan. Serangan dari Sheffield United menyebabkan masalah pasukan Jurgen Klopp pada hari Minggu lalu dengan bola yang ditempatkan di belakang garis pertahanan Liverpool, dan Leicester mungkin juga mencetak lebih banyak peluang dari serangan cepat bermain dengan dua striker dan skema berlian empat gelandang.

Untuk kemenangan mereka melawan Blades, Klopp membuat beberapa perubahan. Thiago Alcantara dan Gigi Wijnaldum melindungi pertahanan tengah dan sementara Andy Robertson mendorong di sisi kiri, Trent Alexander-Arnold menahan untuk membuat garis pertahanan tiga pemain bek. Di depan, Sadio Mane bermain lebih sentral, Roberto Firmino turun kembali ke lini tengah, tetapi Curtis Jones sering menjadi penyerang yang melebar dalam peran kiri-dalam dan mencetak gol pembuka yang penting saat itu.

Opsi The Reds juga kini terbantu oleh berita Alisson yang diperkirakan akan kembali ke posisi penjaga gawang utama setelah absen karena sedang berduka cita, dan juga Fabinho dan Diogo Jota sudah berlatih lagi bersama tim.


Bagaimana menonton Liverpool-Chelsea

Pertandingan ini akan diliput langsung oleh Sky Sports di Inggris. Untuk menemukan penyiar yang relevan di mana Anda berada di tempat lain, lihat jadwal Premier League selengkapnya

Acara pertandingan global Chelsea TV yang tersedia - termasuk berita tim awal, wawancara dan analisis eksklusif - ada di aplikasi 5th Stand, Facebook Live, dan saluran resmi YouTube.


Pesaingan empat besar

Hanya tujuh poin yang memisahkan klub-klub di urutan kedua dan ketujuh dalam klasemen menjelang pertandingan tengah pekan ini dan begitu banyak yang bisa berubah selama 12 pertandingan tersisa antara sekarang dan bulan Mei nanti.

Pada titik ini musim lalu Leicester berada di urutan ketiga, sembilan poin di atas Chelsea. Selama 12 pertandingan terakhir, The Foxes terus ditempel ketat oleh Blues dan Man United.

Top seven's next three games
Man CityMan UtdLeicesterWest HamChelseaLiverpoolEverton
Man Utd hPalace aBurnley aLeeds hLiverpool aChelsea hWest Brom a
Southampton hMan City aBrighton aMan Utd aEverton hFulham hChelsea a
Fulham aWest Ham hSheffield Utd hArsenal hLeeds aWolves aBurnley h


Pertahanan longgar

Liverpool bukan tim pertama yang mengalami satu hal untuk memenangkan gelar liga dan mempertahankannya.

Dengan 26 pertandingan yang dimainkan, The Reds 33 poin lebih buruk daripada tahap yang sama pada 2019/20 dengan perolehan terendah mereka sejak 2015/16. Penghitungan poin terendah yang dihasilkan oleh pemenang musim sebelumnya pada tahap kampanye ini adalah poin Leicester 24 dari 26 pada musim 2016/17, tetapi pertahanan Merseysiders mahkota mereka berada di urutan keenam terendah dalam daftar itu.

Penampil terbaik yang pernah ada adalah juara back-to-back Chelsea pada 2005/06, dengan 21 kemenangan, tiga kali seri dan dua kekalahan setelah 26 pertandingan.

Loading OPTA feed


Saint dan Chelsea

Secara kebetulan, pertandingan malam ini sama dengan yang dipilih oleh Ian St John, yang dengan sedih meninggal minggu ini pada usia 82, ketika Liverpool menawarkan Testimonial kepada mantan pemain lama mereka pada April 1973.

Penyerang Liverpool Ian St John di tahun 1967

Manajer Chelsea Dave Sexton menepati janjinya kepada pemain Skotlandia itu bahwa ia akan menurunkan susunan pemain yang kuat di Anfield untuk pertandingan yang, lagi-lagi secara kebetulan, segera menyusul kunjungan Manchester United ke Bridge, dan pertandingan terakhir Bobby Charlton.


Premier League hasil dan jadwal

Rabu
Burnley 1 Leicester 1
Sheffield Utd 1 Aston Villa 0
Crystal Palace 0 Man Utd 0

Kamis
Fulham v Tottenham 01.00 WIB (BT Sport)
West Brom v Everton 01.00 WIB (Sky Sports)
Liverpool v Chelsea 03.15 WIB (Sky Sports)
 

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA