Laporan Pertandingan

Laporan Pertandingan: Crystal Palace 1 Chelsea 4

Chelsea naik kembali ke urutan keempat dalam klasemen sementara Premier League dengan salah satu performa menyerang terbaik kami di bawah Thomas Tuchel.

Dalam awal yang gemilang dalam derby London ini, The Blues unggul 2-0 dalam waktu 10 menit dan unggul 3-0 pada menit ke-30.

Kai Havertz adalah nama pertama di daftar pencetak gol, dengan gol pertamanya di Premier League sejak Oktober, dan dia mengakhiri penantian tersebut dengan penyelesaian akhir yang berkualitas, mengarahkan bola ke gawang dari sudut sempit.

Christian Pulisic telah mencetak gol akhir pekan lalu melawan West Brom dan dia mencetak gol lagi tak lama setelah gol pembuka Havertz. Hal ini ia juga hampir sama dengan gol dari pemain Amerika Serikat itu dalam kunjungan terakhir kami ke Selhurst Park pada bulan Juli.

Kemudian mengalahkan mantan kapten Chelsea Gary Cahill di udara sukses dilakukan oleh Kurt Zouma. Ia melakukan itu untuk menambah gol ketiga timnya dari hasil memanfaatkan tendangan bebas Mason Mount.

Christian Benteke memangkas defisit Palace ketika ia menyundul dari umpan silang tetapi Pulisic menambahkan gol lagi yang menjadikannya cetak lima gol musim ini. Gol tersebut memastikan harapan tim tuan rumah yang memberikan tekanan pada kami akhirnya menguap begitu saja.

 

Seleksi Pemilihan Pemain

Ada tiga perubahan dari kemenangan kami vs Porto. Satu dipaksakan karena Tuchel harus tanpa dua pemain yang paling sering ia mainkan di tengah-tengah skema tiga bek - Thiago Silva karena skorsing dan Andreas Christensen karena cedera. Kurt Zouma masuk, dan menambahkan keunggulan duel udaranya untuk tim kami.

Callum Hudson-Odoi dipilih kali ini daripada Reece James di posisi bek sayap kanan dan di lini depan, ada tempat bagi Christian Pulisic dengan Timo Werner harus bergeser ke bangku cadangan.

Sebelum kick-off, tim mengheningkan cipta selama dua menit untuk Yang Mulia Pangeran Philip, Duke of Edinburgh, yang meninggal dunia kemarin.

Blues yang memulai dengan cepat

Chelsea memulai laga ini setelah tergelincir dalam pertandingan terakhir Premier kami, saat kalah di kandang melawan West Brom, tetapi juga didukung dengan rasa percaya diri oleh hasil Liga Champions yang luar biasa melawan Porto tengah pekan kemarin. Kami memulai laga ini di urutan keenam dalam klasemen, Liverpool unggul satu poin dengan kemenangan mereka atas Villa sebelumnya.

Jika kepercayaan diri sudah pada level yang baik setelah kemenangan di Sevilla, itu pasti juga  sangat tinggi jika melihat cara kami memulai pertandingan ini. Sejak awal, Chelsea tidak pernah kekurangan penguasaan bola di bagian tengah Palace dan itu terbayar dengan mencetak dua gol dengan hanya sembilan menit waktu berjalan.

Awalnya, Vicente Guaita yang tampil di gawang Palace melakukan penyelamatan yang baik untuk mencegah tembakan Pulisic di tiang dekat, tetapi itu hanya eksekusi yang tertunda saja. Hudson-Odoi memberikan umpan sederhana ke depan untuk Havertz yang penyelesaiannya dengan sangat indah - semua tentang penempatan alih-alih kekuatan saat ia mengarahkan  bola dengan halus di luar jangkauan kiper, ke sisi jauh gawang.

Butuh waktu kurang dari dua menit lagi bagi The Blues untuk membuat skor menjadi 2-0, dan Havertz kembali terlibat, ia melepaskan umpan Chilwell agar Pulisic bisa melaju dan menendang bola ke gawang tim tuan rumah dengan kekuatan dan Guaita tidak ada peluang untuk menghalaunya kali ini.

Setengah jam setelah pertandingan, Chelsea unggul 3-0. Cheikhou Kouyate mendapatkan kartu kuning dan tendangan bebas untuk kami di sisi kiri dan umpan Mount yang luar biasa sukses ditanduk dengan mantap oleh Zouma untuk gol kelima bek Prancis kami musim ini.

The Blues yang merajalela nyaris mencetak lebih banyak gol sebelum jeda, dengan tembakan Mount yang diselamatkan dan Patrick van Aanholt dan juga mencegah sundulan Zouma lainnya. The Eagles hanya benar-benar mengancam pada satu kesempatan di babak pertama tapi kemudian Toni Rudiger berada di tempat yang tepat untuk menyapu dan menggagalkan peluang lawan tersebut.

Palace menerobos tapi Pulisic menerkam

Ben Chilwell mencoba peruntungannya dalam beberapa detik setelah restart dengan anak buah Tuchel bertekad untuk tidak melepaskan tuas gas mereka kali ini.

Hudson-Odoi melakukan dua umpan silang, yang pertama mengenai kepala Havertz dan yang kedua mengarah ke kaki dari Chilwell, meskipun kedua peluang itu gagal mencapai target.

Akhirnya, aksi Benteke berhasil membalaskan satu gol untuk Palace dengan laga sudah berjalan 63 menit. Ia menyambut umpan silang dari pemain pengganti Jeffery Schlupp di tiang jauh dengan Chilwell tidak dapat mencegah sundulan Benteke tersebut. 

Lima menit kemudian, ada peluang bagi Havertz untuk mengembalikan keunggulan tiga gol kami tetapi dia melepaskan tembakan terlalu dekat ke Guaita dari tepi kotak penalti.

Sebuah tembakan Mount dihentikan oleh blok dari Cahill, tetapi ketika pemain berusia 35 tahun itu berusaha melakukan hal serupa, ia tak mampu membendung umpan silang Reece James yang baru saja masuk. Umpan James mengarah ke tempat Pulisic dan sukses membuatnya menjadi 4-1 dari jarak beberapa yard.

Keenam dan Ketujuh

Dengan kemenangan ini, untuk pertama kalinya Chelsea memenangkan tujuh pertandingan liga berturut-turut melawan Crystal Palace. Ini adalah pertemuan liga ke-48.

Itu juga berarti kami tidak terkalahkan dalam enam pertandingan tandang terakhir kami di ajang Premier League, yang semuanya dimainkan di bawah Thomas Tuchel. Ini adalah pertama kalinya kami mengalami laju seperti itu sejak April 2017, ketika kami mendekati gelar dengan Antonio Conte di pucuk klasemen saat itu.

Apa berikutnya?

Kami akan kembali ke Seville dan pertandingan leg kedua perempat final Liga Champions melawan Porto. Meskipun pertandingan di Spanyol, itu dihitung sebagai pertandingan kandang. Kami unggul 2-0 di laga tandang lalu. Kick-off pukul 20.00 pada hari Selasa mendatang.


Chelsea (3-4-3): Mendy; Azpilicueta (c), Zouma, Rudiger; Hudson-Odoi (James 76), Jorginho, Kovacic (Ziyech 83), Chilwell; Mount, Havertz, Pulisic.
Pengganti Kepa, Alonso, Emerson, Kante, Abraham, Giroud, Werner.
Pencetak Gol Havertz 8, Pulisic 10, 78, Zouma 30

Palace (4-4-2): Guaita; Ward, Kouyate, Cahill, Van Aanholt; Ayew (Townsend 76), Milivojevic (c), Riedewald, Eze; Benteke, Zaha.
Pengganti Butland, Dann, Kelly, Mitchell, McCarthy, Schlupp, Rak-Sakyi, Mateta.
Pencetak Gol Benteke 63
Kartu Kuning
Kouyate 29

Wasit Michael Oliver

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA