Pratinjau Laga

Statistik Chelsea vs Porto

Kami kembali bermain di babak perempat final Liga Champions dini hari nanti, dan inilah data dan fakta dari pertandingan melawan Porto di leg kedua...

Head to Head Chelsea vs Porto

Ini akan menjadi pertandingan kandang ke-2.558 kami - dan ini yang pertama tidak dimainkan di Stamford Bridge.
 
Chelsea telah memenangkan semua empat pertandingan kandang sebelumnya melawan Porto, semuanya di Liga Champions.

Kemenangan kandang terbesar Chelsea di Liga Champions:

21/10/2014 Chelsea 6-0 Maribor - fase grup 
12/09/2017 Chelsea 6-0 Qarabag - fase grup

Kemenangan tandang terbesar Porto di Liga Champions:
30/03/1994 - Werder Bremen 0-5 - Porto Penyisihan grup

Statistik Chelsea

Kami menargetkan kemenangan ketiga beruntun kami di Estadio Ramon Sanchez-Pizjuan musim ini.
 
Chelsea berharap bisa melaju ke semifinal Liga Champions untuk pertama kalinya sejak 2013/14 dengan Jose Mourinho sebagai pelatih saat itu .

Dengan hasil leg pertama, The Blues telah memenangkan dua pertandingan knockout tandang di Liga Champions untuk pertama kalinya sejak April 2004 di bawah Claudio Ranieri (Stuttgart 1-0 dan Arsenal 2-1).

Chelsea tidak pernah tersingkir dalam pertandingan sistem gugur Eropa dua leg setelah memenangkan leg pertama di laga tandang (lolos dari 14 pertandingan).

Ini adalah ke-10 kalinya kami berlaga di perempat final Liga Champions. Kami lolosdalam tujuh dari sembilan kesempatan sebelumnya.

Chelsea mencapai babak leg kedua perempat final Liga Champions tanpa kalah satu pertandingan pun untuk pertama kalinya (sembilan pertandingan), mengalahkan rekor delapan pertandingan kami sebelumnya yang dibuat pada 2007/08 ketika kami kalah di final di Moskow.

Chelsea telah memenangkan ketiga pertandingan sistem gugur melawan tim Portugal; Porto pada 2006/07 dan Benfica 2011/12, keduanya di perempat final Liga Champions, dan final Liga Europa melawan Benfica pada 2013.

Pada leg pertama pekan lalu, dua pemain Inggris mencetak gol untuk Chelsea di pertandingan Liga Champions yang sama untuk pertama kalinya sejak John Terry dan Frank Lampard melawan Napoli pada Maret 2012.

Thomas Tuchel bisa menjadi manajer the Blues kedua yang memenangkan empat pertandingan pertamanya di babak sistem gugur Liga Champions. Manajer sebelumnya yang melakukan ini adalah Roberto Di Matteo pada 2011/12.

Tidak ada tim yang kebobolan lebih sedikit gol (dua gol) atau lebih banyak clean sheet (tujuh kali) di Liga Champions musim ini daripada Chelsea (catatan setara dengan Man City).

Sejak awal 2018, kami menang tiga kali dan kalah tiga kali adu penalti. Kami kalah musim ini, 5-4 oleh Tottenham di ajang Piala Liga Carabao.

Catatan Penting

Mateo Kovacic membuat penampilan ke-50 dalam karirnya di Liga Champions pada leg pertama pekan lalu.

Statistik Porto

Ini adalah penampilan ketujuh Porto di perempat final Liga Champions. Mereka belum pernah menang dalam babak ini sejak sukses meraih trofi kompetisi ini di bawah Jose Mourinho pada 2004. Mereka kalah dalam tiga pertandingan terakhir dari Man Utd pada 2009, Bayern Munich (2015) dan Liverpool (2019).
 
Porto tidak pernah menang dalam 14 pertandingan tandang terakhir mereka di babak sistem gugur Liga Champions (empat seri, 10 kekalahan), kebobolan dua gol atau lebih pada 10 kesempatan dalam putaran ini.

Porto hanya memenangkan dua dari 12 pertandingan babak sistem gugur terakhir mereka di Liga Champions, kalah dalam tiga pertandingan perempat final dalam putaran itu.

Hanya ada empat kesempatan sebelumnya ketika sebuah tim melaju setelah kalah di leg pertama babak sistem gugur Liga Champions tanpa mencetak gol di 'kandang', antara lain Ajax pada 1995/96 v Panathinaikos, Inter Milan pada 2010/11 v Bayern Munich, Man Utd pada 2018/19 v PSG dan Tottenham pada 2018/19 v Ajax.

Porto tidak pernah menang dalam tujuh pertandingan Liga Champions melawan tim asal nggris, sejak mengalahkan Leicester City 5-0 pada Desember 2016.

Rekor Porto dalam pertandingan dua leg dengan klub Inggris adalah tiga kali menang dan sembilan kali kalah. Mereka kalah dalam enam pertandingan terakhir, terakhir melawan Liverpool pada tahap ini dua musim lalu dan belum pernah mengalahkan lawan Inggris dalam pertandingan sistem gugur sejak vs Man Utd di babak 16 besar Liga Champions 2003/04 silam.

Di leg pertama, Pepe (38 tahun 40 hari) menjadi pemain lapangan tertua yang tampil di perempat final Liga Champions sejak Ryan Giggs pada April 2014 (40y 123d v Bayern Munich).

Jika terpilih menjadi starter, Malang Sarr akan menjadi pemain pinjaman Chelsea kedua yang bermain melawan kami di Liga Champions setelah Thibaut Courtois untuk Atletico Madrid di semifinal 2013/14. Penampilan terakhirnya untuk Porto adalah saat melawan Juventus pada 9 Maret. Dalam beberapa pekan terakhir dia bermain untuk Porto II di Liga Secunda.

Porto kalah dalam tujuh adu penalti terakhir mereka di semua kompetisi.

Sebelum pertandingan ini, Sergio Conceicao tidak pernah melatih tim melawan Chelsea meskipun dia pernah bermain melawan kami dua kali untuk Lazio di Liga Champions pada tahun 1999 dan 2003 silam.

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA