Wawancara

10 Pertanyaan kepada… Jorginho

Terdiri dari penguasaan bola dan suara pentingnya di Chelsea, cukup adil untuk mengatakan bahwa Jorginho benar-benar membantu mengatur tempo terbaik yang dimainkan oleh Thomas Tuchel di Chelsea saat ini.

Pemain Italia itu telah menjadi pemain kunci di lini tengah Chelsea sejak didatangkan dari Napoli, saat bekerja di bawah Maurizio Sarri, Frank Lampard dan pelatih kepala asal Jerman kami saat ini untuk menjadi komponen kunci di Chelsea.

Baru saja tampil memukau di tengah pekan lalu untuk membantu The Blues mencapai semi-final Liga Champions untuk pertama kalinya sejak 2013/14, rasanya tepat untuk duduk bersama Jorginho untuk membahas perkembangan kami ke empat besar, keterampilan kepemimpinannya dan selebrasi hebatnya dengan Thiago Silva setelah melihat teman dekat mereka, Emerson mencetak gol...

Jorginho, terima kasih telah bergabung dengan kami. Anda baru saja membantu Chelsea melaju ke semi-final Liga Champions, fase terjauh yang pernah Anda lalui secara pribadi di kompetisi ini. Bagaimana rasanya dan apa pendapat Anda tentang perjalanan sejauh ini?

Luar biasa. Kami telah bekerja sangat keras dan saya pikir kami pantas berada di tahap ini, bermain melawan tim-tim top di Eropa. Kami hanya perlu menjaga mentalitas ini untuk setiap pertandingan, terus bekerja keras dan melihat ke mana perjalanan ini dapat membawa kami.

Apakah ini terasa berbeda dengan perjalanan kita di Liga Europa 2019? Bagaimana?

Tentu terasa sedikit berbeda karena merupakan persaingan yang berbeda. Liga Europa adalah kompetisi yang hebat dan itu adalah hari yang sangat spesial ketika kami memenangkan trofi di Baku [2019, v Arsenal]. Tapi Liga Champions adalah kompetisi terbaik untuk tim-tim terbaik di Eropa. Ini adalah tempat yang diinginkan semua orang dan kami memiliki peluang bagus untuk melakukan sesuatu yang hebat di sini, jadi kami ingin terus maju. Tentu kedua kompetisi berbeda tapi kami ingin tujuan akhir yang sama, yaitu mengangkat trofi.

Anda tampaknya memiliki hubungan dekat dengan Emerson, jadi betapa senangnya Anda melihatnya mencetak gol penting melawan Atletico? Perayaannya terlihat bagus dari tribun!

Itu sangat menakjubkan. Kami semua berteman di tim ini dan kami mendukung satu sama lain tetapi memang benar, saya memiliki hubungan dekat dengan Emerson jadi ketika dia mencetak gol saya sangat senang. Dia bekerja sangat keras setiap hari dan dia pantas mendapatkan momen itu.

Itu lucu karena Emerson telah bercanda dengan Thiago [Silva] dan saya dalam latihan bahwa dia hanya membutuhkan satu bola bagus untuk mencetak gol. Jadi ketika dia masuk, saya menoleh ke Thiago dan berkata, 'Saya pikir hari ini dia akan memiliki satu sentuhan bola dan mencetak gol.'

Saya bisa melihat bahwa Atletico terus-menerus menyerang kami, mencoba untuk mendapatkan gol dan saya pikir kami bisa menyerang mereka melalui serangan balik. Thiago bercanda bahwa jika Emerson mencetak gol, dia akan melompat dari tribun untuk merayakannya. Kemudian ketika serangan balik terjadi dan Emerson berlari ke depan, Thiago dan saya hanya saling memandang dan saya berkata, "Ya Tuhan, itu akan terjadi!" Kemudian ketika dia mencetak gol, kami semua sangat bahagia dan seperti yang Anda lihat dari perayaannya, kami semua menjadi sedikit gila!

Anda telah bekerja dengan baik duet di posisi nomor enam bersama Kovacic dan Kante musim ini. Bagaimana Anda menikmati peran itu dan apa tanggung jawab Anda dalam tim?

Saya sangat menikmatinya dan sangat bagus bermain di posisi ini untuk tim. Saya merasa sangat nyaman dengan peran ini dan ketika Anda memiliki pemain di sekitar Anda seperti Kova dan Kante, yang memiliki begitu banyak kualitas, itu membuat segalanya mudah bagi Anda untuk melakukan pekerjaan Anda.

Saya sangat menikmati peran itu. Saya pikir Anda perlu banyak mengatur, memastikan kami tahu kapan harus menekan dan bagaimana menghindari serangan lawan, juga selalu fokus pada apa yang terjadi di sekitar Anda, mencari umpan untuk memulai serangan dengan cepat.

Anda dikenal karena kemampuan membagi bola yang baik di Chelsea, tetapi menurut Anda seberapa banyak kemajuan yang telah Anda capai selama beberapa musim terakhir?

Saya suka mengatakan bahwa itu telah banyak terjadi, saya pikir kemampuan passing saya datang secara alami, tetapi tentu saja, saya melakukan ini dalam latihan sepanjang waktu.

Ya, saya pikir saya telah meningkat selama waktu saya di Chelsea dan tentu saja, saya mengenal rekan satu tim saya lebih baik dan bagaimana kami bermain. Butuh waktu untuk mengenal satu sama lain tetapi kami melakukan ini dengan sangat baik, saya berharap umpan saya dapat membantu kami keluar dari situasi tertekan dan balik menyerang lawan.

Tidak hanya passing Anda, tetapi tekel Anda juga menjadi kunci dari beberapa kemenangan kita baru-baru ini. Apakah itu sesuatu yang telah Anda latih dan apa kunci untuk melakukannya dengan sukses?

Penting untuk membantu tim bertahan, terutama dalam peran yang saya mainkan. Saya perlu berada di sana untuk melindungi pertahanan dan juga menutup ruang ketika Reece, Callum, Chilly atau siapa pun yang maju dari area bek sayap yang lebar.

Sangat penting saya bisa melakukan tekel untuk membantu tim dan ini adalah sesuatu yang saya kerjakan. Saya pikir seorang pemain yang mempunyai tekel yang baik adalah seseorang yang selalu aktif di setiap detik permainan dan dapat merasakan bahaya lebih awal.

Apa yang memberi Anda lebih banyak kegembiraan, merebut bola dengan tekel atau melakukan operan tepat untuk menjadi gol?

Pertanyaan bagus! Saya pikir itu tergantung situasinya. Tentu saja, membangun serangan untuk mencetak gol selalu menjadi perasaan yang luar biasa dan juga pastinya membantu tim. Tetapi pada saat yang sama, memenangkan duel di area pertahanan juga penting dan itu memberi saya kegembiraan juga. Itu berarti Anda membantu rekan satu tim Anda dan itu perasaan yang menyenangkan. Sulit untuk memilih satu karena keduanya adalah perasaan yang luar biasa bagi saya tetapi dalam situasi yang sangat berbeda.

Anda pernah bermain di Liga Primer dan Serie A. Menurut Anda, apa perbedaan utama antara keduanya?

Saya pikir intensitas permainan dan fisik Liga Primer adalah sesuatu yang benar-benar saya perhatikan selama saya di sini. Semua tim di Liga Primer memiliki pemain yang sangat kuat, sangat cepat dan ini adalah liga yang sangat menuntut.

Di Italia, saya pikir tim bekerja lebih banyak dalam taktik pertandingan dan itu mungkin lebih dari 'permainan berpikir'. Sedangkan Liga Primer, menurut saya, lebih tentang kekuatan, berlari, tekel, memberikan umpan silang dan menjadi sangat kuat secara keseluruhan.

Seberapa penting menjadi pemimpin dalam tim?

Ini sangat penting. Kami memiliki beberapa pemimpin sejati di tim, bukan hanya saya, dan Anda dapat melihatnya dari orang-orang seperti Azpi, Thiago dan Oli [Giroud].

Penting tidak hanya bagi kami untuk membantu tetapi juga bagi para pemain yang lebih muda untuk melihat kami dan mungkin belajar dari kami. Sangat penting bagi mereka untuk mendengarkan dan semua tim memiliki pemain yang ingin membantu pemain yang lebih muda juga. Penting bagi mereka untuk mendengarkan, tetapi juga penting bagi kami untuk mendengarkan mereka, karena kami juga dapat belajar dari para pemain muda. Setiap orang dapat belajar dari orang lain dan berkembang setiap hari dan kami hanya perlu terus mendukung satu sama lain.

Apakah menjadi pemimpin adalah sifat yang selalu Anda miliki?

Saya rasa begitu, ya. Bahkan ketika saya masih muda, saya ingin membantu pemain di lapangan dan itu adalah sesuatu yang selalu saya miliki di dalam diri saya. Tidak masalah jika saya lebih muda dan berbicara dengan pemain yang lebih tua, karena kita semua menginginkan hasil akhir yang sama. Saya senang membantu rekan satu tim saya dan mengajar mereka sebisa saya. Saya suka mencoba dan mempromosikan diri saya dengan baik dan membantu rekan satu tim saya.

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA