Pratinjau Laga

Preview Piala FA: Chelsea vs Manchester City

Kompetisi Piala FA Emirates menarik perhatian the Blues akhir pekan ini, saat kami kembali ke Wembley sekali lagi. Sejarawan klub Rick Glanvill dan ahli statistik klub Paul Dutton memberikan pratinjaunya untuk pertemuan kami dengan pimpinan klasemen Premier League saat ini…

Chelsea dan Manchester City, perwakilan terakhir Inggris dia Liga Champions dan klub paling sukses dalam dua dekade terakhir, saling bertemu di Wembley untuk memperebutkan satu tempat kehormatan bermain di final piala domestik tertua di dunia. The Londoners bertujuan untuk menjadi pemenang sembilan kali dari trofi kejuaraan ini dan yang telah dimenangkan City enam kali.

Bukan untuk pertama kalinya sejak kedatangannya di bulan Januari, Thomas Tuchel dapat membuat sejarah: tidak ada pelatih Jerman yang pernah memimpin tim di final Piala FA. Dia dan Pep Guardiola akan saling berhadapan di area teknis untuk pertama kalinya di laga semifinal ini.

Hanya Arsenal dan Manchester United yang lebih sering bermain di ajang tahunan itu daripada The Blues, yang akan menjadi penampilan ke-15 sejak 1915 jika kami bisa lolos ke final.

Chelsea telah mencapai empat besar dalam setidaknya satu kompetisi dalam 25 dari 31 musim terakhir, dan ini adalah penampilan ke-25 kami dalam pertandingan semi final Piala FA sejak 1911. The Londoners telah memenangkan tujuh dari delapan pertandingan terakhir, tetapi Satu-satunya kekalahan ada di tangan Man City asuhan Roberto Mancini pada 2013 silam. Arsenal kalah dari Man City sebelum ke final dalam dua dari empat penampilan semifinal sebelumnya.

Cesar Azpilicueta ketika melawan City di semifinal Piala FA 2013
Major silverware won
totalJuara Terakhir
Liverpool432020
Manchester Utd422017
Arsenal312020
Chelsea242019
Manchester City202020
Aston Villa201996
Tottenham172008
Everton151995
Newcastle111969

Chelsea berambisi mencapai final Piala FA ke empat dalam liam musim terakhir

photo of Statistik Kunci Statistik Kunci

Berita tim Chelsea

Chelsea harus melakukan apa yang telah 10 tim lain sukses lakukan di musim ini: menghentikan kemenangan Manchester City. Beberapa tim yang melakukannya bermain dengan cara yang sama: penyerang menekan lini bertahan mereka, para pemain bertahan menjaga garis yang tinggi, dan seluruh tim menekan ruang di mana The Citizens dapat menguasai bola.

Seperti yang dikatakan Tuchel setelah laga vs Porto, ‘Ini adalah bagian dari penampilan untuk tidak membiarkan lawan Anda tampil menguasai bola; ini yang mereka lakukan dan ini juga yang kami lakukan.’
Dibutuhkan kepercayaan diri bahwa bek sayap dan bek tengah kami berkomunikasi dengan baik untuk meredam para penyerang sayap dari tim asuhan Pep Guardiola, dan ketekunan di lini tengah melawan serangan dari pemain seperti Ilkay Gundogan, Kevin De Bruyne, Rodri atau Fernandinho. Ini membantu untuk bermain dengan tempo yang sangat tinggi.

Sepuluh pemain Leeds mencetak gol dengan kedua peluang tembakan mereka akhir pekan lalu, sementara tetangga City yaitu United sukses mengonversi dua dari enam peluang, Spurs mengonversi dua dari empat tembakan mereka, dan Leicester memiliki tujuh tembakan, semuanya tepat sasaran, lima di antaranya membobol gawang. City rentan terhadap kemasukan penalti, jadi tipu daya dan pergerakan lari di dalam kotak penalti mereka adalah taktik yang bagus.

Sejauh ini, The Blues cukup efisien dalam kompetisi ini, dan tidak ada pemain yang mencetak lebih banyak dari Tammy Abraham, yang memiliki empat gol. Pemain no.9 milik the Blues tersebut telah terlibat langsung dalam sembilan gol dalam tujuh pertandingan terakhirnya di Piala FA (enam gol, tiga assist).

Saat tengah pekan lalu, Christian Pulisic menjadi target 11 kali pelanggaran oleh para pemain Porto, yang terbanyak dicatat oleh seorang pemain dalam satu pertandingan Liga Champions dalam lima musim terakhir.

Christian Pulisic on fouls and making it to the semi-finals

Mateo Kovacic kemungkinan akan absen, yang berarti N'Golo Kante dapat dipanggil lagi, kecuali Billy Gilmour dibawa ke medan pertempuran, sementara Andreas Christensen tersedia lagi untuk bersaing dengan bek tengah pencetak gol Kurt Zouma untuk satu slot di posisi starter.

Perjalanan Kedua Tim di Piala FA Musim Ini
ChelseaManchester City
Round 3Morecambe h4-0Birmingham h3-0
Round 4Luton h3-1Cheltenham a3-1
Round 5Barnsley a1-0Swansea a3-1
Round 6Sheffield Utd h2-0Everton a2-0

Man City yang Licin

Guardiola selalu membuat perubahan di timnya dan dengan pemulihan 24 jam lebih sedikit dari Chelsea, dia kemungkinan akan mengubah skemanya lagi untuk laga kompetisi piala domestik. Siapa pun yang jadi starter, mereka akan menjadi tim yang kuat.

Man City telah kebobolan lebih banyak gol daripada The Blues di Piala FA musim ini, tetapi juga mencetak satu gol lebih banyak. Mereka juga memiliki waktu 24 jam lebih sedikit untuk mempersiapkan pertarungan ini menyusul kemenangan hari Rabu lalu di Jerman pada ajang Liga Champions.

Tidak ada tim Premier League yang mencetak gol lebih teratur atau lebih awal dalam pertandingan daripada mereka, yang juga mencatatkan clean sheet terbanyak (17 - meskipun Chelsea berada di peringkat kedua dengan 15 kali clean sheet). Mereka tercatat selalu unggul dengan lebih banyak menit dan tertinggal lebih sedikit menit dari lawan mereka.

Anehnya, setiap kali mereka kebobolan lebih dulu, mereka gagal meraih kembali kemenangan, imbang dua pertandingan dan kalah tiga kali.

Hal penting bagi City yang tak kenal lelah adalah umpan-umpan dari mantan pemain Chelsea, Kevin De Bruyne. Dia biasanya bertujuan untuk membuka seluruh area sepertiga akhir lapangan saat menghadapi pertahanan yg solid.

Kevin De Bruyne ketika melawan Chelsea awal musim ini

Ancaman gol mereka juga muncul dari pemain sayap mereka yang bermain lebih melebar untuk meregangkan barisan pertahanan lawan dan menciptakan ruang yang bisa dieksploitasi. Absennya Sergio Aguero kemungkinan besar berarti pemain non-striker serbaguna seperti Bernardo Silva, Ferran Torres atau De Bruyne akan bermain di tengah ataupun memasang Gabriel Jesus.

Seperti yang ditunjukkan oleh 10 orang Leeds akhir pekan lalu, aliran bola The Citizens masih bisa terganggu. Bagian dari strategi sukses Marcelo Bielsa adalah membatasi alur mereka dengan coba melakukan man-marking gelandang tengah Aleks Zinchenko dan Bernardo Silva.

Hal ini memungkinkan pemain bertahan Fernandinho atau bek tengah John Stones untuk bergerak lebih maju dengan bola. Tapi itu membuat mereka rentan terhadap serangan balik cepat ketika mereka kehilangan penguasaan bola: skenario yang menghasilkan gol dari Stuart Dallas.

Itu adalah salah satu dari hanya dua tembakan Leeds pada hari itu (dibandingkan dengan 29 tembakan City), berfungsi sebagai pengingat bahwa lawan harus efisien ketika peluang muncul melawan sang pemimpin klasemen liga saat ini. Man City telah kebobolan delapan gol liga saat laga tandang; lebih dari sepertiganya berasal dari bola mati atau pelanggaran.

Peraturan Piala FA

Jika skor imbang pada akhir waktu normal, waktu tambahan yang terdiri dari dua periode 15 menit akan dimainkan, dan jika masih imbang akan diikuti oleh adu tendangan penalti.

Pelatih dapat mempunyai sembilan pemain pengganti di bench dan menggunakan lima pemain dalam tiga kelompok terpisah (selain paruh waktu). Sistem Video Assistant Referee akan meninjau keputusan yang mengubah pertandingan. Akumulasi kartu kuning sudah dihapuskan setelah perempat final, jadi pemain hanya bisa melewatkan laga final jika diusir langsung di laga semifinal ini. 

Rumah kedua Chelsea

Setelah rumah yang bukan rumah di Andalusia, Spanyol selatan, kami juga memiliki rumah-dari-rumah di barat laut London. Ini akan menjadi penampilan ke-24 Chelsea di stadion Wembley yang baru ketika digunakan sebagai tempat netral (dan yang ke-18 untuk City).

Pertemuan terakhir antara dua klub tersukses Inggris selama dua dekade terakhir terjadi di final Piala Carabao 2018/19, dua bulan sebelum kemenangan Liga Europa The Blues melawan Arsenal di Baku.

Dua pekan sebelum final, The Citizens keluar sebagai pemenang 6-0 di liga, tetapi pertandingan Wembley berakhir dengan 0-0 dan berlanjut hingga adu penalti.

Carabao Cup final

Pada babak adu penalti, Kepa Arrizabalaga menyelamatkan tembakan Leroy Sane tetapi Jorginho dan David Luiz gagal mengeksekusi penalti yang menyebabkan tim asal Manchester tersebut sukses meraih trofi.

Pasukan Guardiola akan kembali ke Wembley akhir pekan depan untuk final Piala Carabao melawan Tottenham.

Penampilan tim di Wembley pada kompetisi domestik
Chelsea23
Manchester United19
Manchester City17
Arsenal15
Aston Villa7
Liverpool7
Portsmouth7
Tottenham7
Chelsea are into the Champions League semi-finals! | Unseen Extra

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA