Sejarah

Laga Semi-final Chelsea di new Wembley

Sejak stadion baru di Wembley mulai menjadi tuan rumah semifinal Piala FA pada tahun 2008, tidak ada tim yang tampil lebih banyak atau menikmati lebih banyak kesuksesan pada tahap ini selain Chelsea.

Bentrokan akhir pekan ini melawan Manchester City akan menjadi penampilan semifinal kedelapan The Blues di bawah tiang raksasa Wembley dalam 14 musim terakhir, dua lebih banyak dari yang berhasil dilakukan lawan kami, Man City dan tiga lebih banyak dari Arsenal dan juga Man United.

Dan Chelsea telah melakukan lebih dari sekadar untuk memainkan pertandingan-pertandingan itu karena kami sukses menang dan mencapai final enam kali dari tujuh kesempatan dengan tingkat keberhasilan lebih dari 85%. Sebagai perbandingan, Arsenal telah mencapai empat final, City telah mencapai tiga kali, United telah lolos ke final dua kali dan Tottenham Hotspur telah kalah empat kali laga semifinal mereka di Wembley.

Memang, Chelsea memiliki rekor luar biasa di stadion nasional yang baru ini, mengangkat Piala FA setelah menang 1-0 atas Manchester United pada pertandingan kompetitif pertama di sana pada tahun 2007 meskipun kami harus menelan kekalahan mengejutkan di perempat final dari Barnsley pada musim berikutnya yang membuat kami gagal terlibat dalam semifinal di Wembley baru untuk pertama kalinya pada tahun 2008.

Kami kembali ke empat besar pada 2009 untuk pertandingan derby melawan Arsenal, yang unggul duluan melalui upaya Theo Walcott. Namun, Florent Malouda menyamakan kedudukan pada menit ke-33 dan Didier Drogba akhirnya cetak gol setelah menaklukkan Lukasz Fabianski dalam perebutan umpan panjang Frank Lampard sebelum menggulirkan bola ke gawang untuk menjadikan skor 2-1 di sisa enam menit dari penghujung laga.

Kami mengalahkan Everton di final dan menjadi juara bertahan ketika kami bertemu Aston Villa di tahap yang sama tahun berikutnya. Dua pekan sebelumnya Villa kalah 7-1 di Stamford Bridge pada ajang Premier League, tetapi tidak ada gol di Wembley sampai pertengahan babak kedua ketika akhirnya gol tercipta dari upaya John Terry dibelokkan oleh Drogba. Kami kemudian menjebol mereka dua kali di menit-menit terakhir saat Malouda menyambar umpan silang Michael Ballack dan Lampard menjadikannya 3-0 saat serangan balik di waktu tambahan.

Kami kembali ke semifinal pada tahun 2012 untuk pertandingan melawan tim ibukota lainnya, kali ini melawan Tottenham Hotspur. Drogba membuat enam gol dalam enam penampilan Piala FA di Wembley dengan gol pembuka yang menakjubkan sebelum jeda dan sementara Juan Mata memperpanjang keunggulan kami di awal babak kedua, permainan masih seimbang ketika Gareth Bale membalaskan satu gol untuk Spurs tak lama setelah gol itu.

Namun, The Blues tancap gas saat Ramires bekerja sama dengan Juan Mata untuk gol ketiga kami dan Lampard melakukan tendangan bebas spektakuler dari jarak 35 yard sebelum upaya Malouda di perpanjangan waktu menjadikannya 5-1 untuk kemenangan besar kami.

Kami kembali pada 2013 untuk semifinal keempat kalinya dalam lima tahun tetapi menderita satu-satunya kekalahan semifinal kami di Wembley hingga saat ini, saat kalah 2-1 dari Manchester City dan kami hanya membuat satu gol apik oleh Demba Ba.

Kami bertemu Tottenham lagi di semifinal 2017 dengan The Blues sekali lagi menjadi pemenang dalam pertandingan sengit antara dua tim teratas di Premier League saat itu. Willian dua kali memberi kami keunggulan dan meskipun Spurs mampu menyamakan kedudukan, sepasang serangan gemilang di akhir oleh Eden Hazard dan Nemanja Matic memastikan kemenangan 4-2 yang tak terlupakan atas rival kami di London.

Olivier Giroud membantu Arsenal mengalahkan Chelsea di final 2017, tetapi dia bergabung dengan kami pada musim berikutnya dan memainkan peran besar ketika kami menghadapi Southampton di Wembley. 

Striker Prancis itu mencetak dua gol saat kami bangkit dari ketinggalan dua gol untuk menang 3-2 dalam pertandingan Premier League kami di Stadion St Mary seminggu sebelumnya dan dia lagi-lagi meneror kubu the Saints ketika dia membuka skor dalam kemenangan 2-0 kami.

Giroud kembali mencetak gol ketika kami bertemu Manchester United di semifinal Juli tahun lalu, memanfaatkan umpan silang rendah Cesar Azpilicueta di babak pertama untuk memberi kami keunggulan.

Tendangan rendah Mason Mount kurang dari satu menit memasuki babak kedua memperpanjang keunggulan kami sebelum gol bunuh diri Harry Maguire menempatkan laga ini di luar jangkauan Setan Merah dalam kemenangan 3-1 kami saat itu.

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA