Laporan Pertandingan

Laporan Pertandingan: Chelsea 1 Man City 0

Chelsea lolos ke final Piala FA untuk keempat kalinya dalam lima musim berkat gol babak kedua yang dieksekusi dengan baik oleh Hakim Ziyech dari upaya kerjasama kolektif kami yang luar biasa.

The Blues benar-benar menampilkan nilai yang bagus untuk kemenangan ini setelah menunjukkan ambisi yang lebih besar ketika pertandingan masih tanpa gol, dan sukses meredam sang pemimpin klasemen sementara Premier League ini.

Gol kemenangan layak untuk kesempatan itu. Umpan-umpan kaki kiri yang bergerak rapi dari Mason Mount dan kemudian Timo Werner memberi Ziyech peluang yang tidak bisa dia lewatkan. Itu adalah trik yang mirip dengan yang kami lakukan saat melawan Atletico Madrid di Stamford Bridge sebulan lalu.

Chelsea secara defensif luar biasa, kami sukses menjaga jarak dengan tidak membiarkan lawan banyak mencetak peluang gol. Kepa di gawang tidak banyak melakukan apa-apa.

Thomas Tuchel akan menjadi pelatih Jerman pertama di final Piala FA, dan dia dapat menikmati kesuksesan pertama yang pantas atas Pep Guardiola. Tapi yang paling membuatnya senang adalah penampilan para pemainnya hari ini setelah ia meminta mereka untuk menunjukkan bahwa mereka bisa 'menutup celah' dengan Manchester City selama 90 menit. Mereka sukes untuk menjawab tuntutan itu.

Final Piala FA ke-15 dalam sejarah kita menanti bulan depan!

Seleksi pemilihan pemain

Di laga Piala FA , akan selalu ada Kepa yang akan menjadi penjaga gawang. Dua perubahan lainnya pada starting XI terjadi di lini serang, saat Ziyech dan Werner masuk menggantikan Christian Pulisic dan Kai Havertz. Keputusan yang luar biasa itu terbukti ampuh! Billy Gilmour ada di bangku cadangan tetapi Tammy Abraham tidak dipanggil kali ini.

Guardiola membuat delapan perubahan pada tim Man City-nya, dengan hanya Kevin De Bruyne, Ruben Dias dan Rodrigo yang mempertahankan tempat mereka dari kemenangan di Dortmund.

Sebelum kick-off, ada satu menit hening untuk mengenang Yang Mulia Pangeran Philip, Duke of Edinburgh yang dimakamkan.

Setelah awal yang cerdik, kami memanfaatkan ruang di belakang garis tinggi City dua kali berturut-turut dengan cepat. Ziyech sukses memanfaatkan bola dari operan Werner tetapi pemain Jerman itu sudah terperangkap offside, dan kemudian umpan silang Ben Chilwell bersil dihalau dari dalam kotak enam yard oleh bek City. Bek sayap lainnya, Reece James, menguji Zack Steffen dengan umpannya sendiri.

Aksi pertama yang dicatat Kepa adalah penyelamatan dari aksi Gabriel Jesus di menit ke-10.

The Blues semakin baik

Menampilkan performa yang dinamis dalam penguasaan bola dan intensitas tanpa bola, Chelsea bermain dengan sangat baik. Sebuah umpan Ziyech yang bagus melepaskan James di sisi kanan dan umpan silangnya mengenai Chilwell, yang menyambutnya dengan tendangan voli tapi kurang presisi dalam sentuhan akhirnya.

Sebelum pertandingan, Tuchel mendesak timnya untuk bermain dengan keberanian dan keyakinan. Para pemain kami pasti telah melakukannya di 45 menit babak pertama, meskipun lawan kami sempat membuat peluang apik di penghujung babak pertama lewat sundulan Fernandinho yang melebar.

Keuntungan Chelsea

Beberapa menit setelah restart, De Bruyne cedera dan digantikan oleh Phil Foden.

Kemudian datang terobosan dengan 10 menit babak kedua dimainkan. Werner yang terus bergerak diantara garis tinggi pertahanan City, sukses mendapat umpan tepat dari Mount.

Steffen berlari keluar dari areanya untuk menghadang Werner. Namun sebuah umpan mendatar dari Werner berhasil tersampaikan pada Ziyech, yang memasukkan bola ke gawang yang kosong. Gol tersebut memiliki banyak kemiripan dengan golnya baru-baru ini saat melawan Atletico Madrid.

Ziyech hampir secara instan menggandakan golnya untuk kami. Umpan panjang yang sempurna dari Chilwell dan Ziyech coba menyambutnya, tapi kali ini Steffen sukses memblokir tembakan tersebut. Pemain Maroko kami tersebut menyesali peluang gagalnya tersebut dengan frustasi.

Menggali lebih dalam

Dengan 20 menit tersisa kami hampir dihukum karena kesalahan, Ruben Dias membuka peluang dengan baik ketika kami lengah saat menghadapi tendangan sudut. Tuchel segera melakukan perubahan pertamanya, membawa masuk Pulisic untuk Mason Mount.

City mulai menekan kami lagi tetapi ancaman serangan balik membuat kami tetap menjadi ancaman besar bagi mereka. Pada satu kesempatan, Werner menggiring bola dari setengah lapangan kami sebelum memaksa Steffen untuk melakukan penyelamatan. Itu adalah keterlibatan terakhir Werner sebelum Havertz menggantikannya. Emerson masuk menggantikan Ziyech pada saat yang sama untuk membantu memperbaiki keadaan.

Thiago Silva telah merasakan nyeri di punggungnya sepanjang pertandingan dan perlu digantikan oleh Kurt Zouma dengan sisa waktu tiga menit.

Lima menit jadi tambahan waktu setelah 90 menit waktu normal dan pada saat itu Pulisic mencetak gol luar biasa, namun digagalkan oleh bendera offside. Dengan beberapa detik tersisa, Kepa beraksi dengan mendorong sundulan Rodrigo yang melebar tetapi akhirnya The Blues berusaha keras untuk mengamankan kemenangan yang mengesankan kali ini.

Kami akan melawan Leicester City atau Southampton di final Piala FA pada hari Sabtu 15 Mei mendatang!

Apa berikutnya?

Fokus sekarang kembali ke Premier League setelah saat kami menyambut Brighton di Stamford Bridge pada Selasa malam.

Chelsea (3-4-3): Kepa; Azpilicueta (c), Thiago Silva (Zouma 88), Rudiger; James, Jorginho, Kante, Chilwell; Ziyech (Emerson 79), Werner (Havertz 79), Mount (Pulisic 70).
Pengganti Caballero, Alonso, Gilmour, Hudson-Odoi, Giroud.
Pencetak Gol Ziyech 55
Kartu Kuning James 34, Azpilicueta 90

Man City (4-2-3-1): Steffen; Cancelo, Laporte, Dias, Mendy; Fernandinho (c), Rodri; Torres (Gundogan 64), De Bruyne (Foden 48), Sterling; Jesus.
Pengganti Ederson, Ake, Walker, Zinchenko, Stones, Silva, Mahrez.
Kartu Kuning Fernandinho 65, Laporte 90+2

Wasit Mike Dean

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA