Pratinjau Laga

Preview: Manchester City vs Chelsea

The Blues menghadapi Manchester City dalam pertandingan-pertandingan penting mulai terdengar mulai akrab, dan menjelang kesempatan terbaru seperti itu, sejarawan klub Rick Glanvill dan ahli statistik klub Paul Dutton melihat pratinjau jelang laga hari Sabtu ini...

 

Dua klub, dua final. Manchester City baru saja sukses di Piala Carabao mereka. Peluang Chelsea akan datang akhir pekan depan di Wembley melawan Leicester di ajang Piala FA.

Namun, akan salah untuk menganggap lag akhir pekan ini hanya sebagai gladi bersih untuk final Istanbul karena terlalu banyak yang dipertaruhkan untuk kedua belah pihak. Para rival yang mengincar finis di posisi empat besar akan berharap Chelsea kehilangan poin di Etihad, sementara The Citizens membutuhkan kemenangan untuk mempercepat mereka menuju trofi Premier League musim ini.

Namun demikian, hasil hari Sabtu secara alami akan berimplikasi pada pertemuan kami dalam waktu tiga pekan mendatang. Thomas Tuchel sempat lebih unggul ketika kedua tim bertemu di semifinal Piala FA di Wembley, tetapi itu adalah kesuksesan pertamanya melawan Pep Guardiola. Kemenangan kami di timur Manchester akhir pekan ini mungkin akan meneruskan tren tersebut.

Chelsea 1-0 Manchester City | Cuplikan Piala FA

Di bawah kepemimpinan Tuchel The Blues telah melakukan 11 kali clean sheet dalam 15 pertandingan Premier League - jumlah terbanyak yang pernah diakumulasikan oleh pelatih mana pun dalam 15 pertandingan pertama mereka di kompetisi tersebut. Dan sejak ia mengambil kendali pada Januari, Chelsea kalah dalam pertandingan lebih sedikit daripada Man City, yang juga kebobolan 38% lebih banyak, dan telah dikalahkan dua kali di kandang sendiri.

Etihad adalah stadion di mana kami belum merasakan kesuksesan sejak kemenangan 3-1 yang luar biasa di bawah Antonio Conte pada Desember 2016, tetapi laga di slot waktu Sabtu malam biasanya sangat menyenangkan sepanjang tahun ini. The Blues berhasil meraih lima kemenangan beruntun di slot pukul 17.30 ini, termasuk atas Man City di semifinal Piala FA.

The Blues menargetkan kemenangan di ajang Premier League ketiga berturut-turut tanpa kebobolan.

photo of STATISTIK KUNCI STATISTIK KUNCI


Berita tim Chelsea

Ada aspek-aspek dalam kemenangan impresif kami di semifinal melawan Real Madrid pada tengah pekan lalu yang terlihat sama dengan kemenangan kami atas Manchester City di semifinal Piala FA.

Saat di Wembley, terobosan awal yang menyebabkan gol offside terjadi ketika Ruben Dias melepaskan bola dan keluar dari posisinya oleh pergerakan dan umpan silang Timo Werner. Gol kemenangan dari Hakim Ziyech hampir seperti jiplakan, dengan Chelsea yang lebih mengandalkan kecepatan.

Setelah penampilan luar biasa yang sama pada hari Rabu lalu, mantan pemain dan pelatih Real Madrid, Bernd Schuster mengatakan 'setiap kali Chelsea mencuri bola mereka menciptakan peluang'. Inti dari semua itu adalah N'Golo Kante yang luar biasa, yang memulai kedua gerakan mencetak gol dengan antisipasi yang cerdik. Dia dan Jorginho sendiri membuat lebih banyak intersep daripada seluruh pemain di tim Real Madrid.

Namun, di kedua pertandingan itu (vs City dan Madrid), kami kurang menikmati penguasaan bola, tetapi bisa dibilang memanfaatkannya dengan lebih cepat dan efisien ketika kami menguasainya, meski kehilangan peluang. Dan meskipun pertahanan kami sama solidnya seperti sebelumnya, Kepa Arrizabalaga dan Edou Mendy harus melakukan penyelamatan hebat dalam pertandingan tersebut dan tidak ada yang kebobolan setelahnya.

Kami mungkin melihat pendekatan serupa dalam pertandingan hari Sabtu besok antara pertemuan dua finalis Eropa 2021 ini, tetapi dengan perubahan personil di lapangan. Beberapa pemain mungkin telah bermain terlalu banyak baru-baru ini untuk terlibat sejak awal. Pemain seperti Reece James, Christian Pulisic, Hakim Ziyech dan Kurt Zouma dapat diberikan kesempatan untuk bermain melawan City kali ini.

Tim asuhan Thomas Tuchel telah menang delapan kali dan seri tiga kali dari 11 pertandingan tandang terakhir di semua kompetisi, sejak kedatangannya di bulan Januari. The Blues juga mencatatkan empat clean sheet berturut-turut di pertandingan domestik, termasuk melawan City di semifinal Piala FA. Clean sheet ke-18 hari Rabu lalu dalam 24 pertandingan di semua kompetisi di bawah Tuchel berjumlah lima lebih banyak dari klub lain manapun di lima liga top Eropa selama periode itu.

Pantauan dari City

Ini adalah pertandingan ketiga kami dari empat pertandingan melawan Manchester City musim ini, dan tim asuhan Pep Guardiola memenangkan pertandingan sebelumnya di Bridge dengan skor 1-3.

Seperti biasa Guardiola pasti akan merotasi starting 11 nya. Satu-satunya perubahan dari kemenangan mereka melawan PSG karena John Stones harus menyelesaikan skorsing tiga pertandingannya. Aymeric Laporte bisa menjadi sosok penting jantung pertahanan City bersama Ruben Dias, yang menjadi target reguler untuk bola mati mereka.

John Stones akan absen membela City pada pertandingan nanti

City menyiapkan formasi 4-2-3-1 melawan tiga bek The Blues saat itu, tetapi mereka juga kini bermain dalam skema formasi 3-1-4-2, jika Guardiola ingin bereksperimen jelang final Liga Champions mendatang. 

Salah satu pilihan yang sepertinya tidak perlu diragukan lagi adalah Kevin De Bruyne. Tiga dari empat gol di kompetisi tertinggi melawan Chelsea terjadi dalam tiga pertandingan terakhir dan tidak ada mantan pemain kami yang sering menyulitkan kami lebih sering di ajang Premier League.

Selain itu, tampaknya hanya masalah waktu saja sebelum The Citizens mengklaim mahkota Premier League kelima mereka, tetapi mungkin ada celah di pertahanan mereka, seperti yang ditunjukkan The Blues bulan lalu. Tekad untuk membuat pemain kami terus maju untuk dapat membuka celah bagi untuk memenangkan bola di lini depan, dan hanya empat tim yang kebobolan lebih banyak penalti daripada catatan tujuh kali milik Man City saat ini.

Bisa membuat gol terlebih dahulu bisa terbukti signifikan pada hari Sabtu besok: tuan rumah selalu gagal jika tertinggal lebih dahulu untuk menang di Etihad dalam empat upaya musim ini. Selain itu, tercatat mereka hanya buat dua dari 10 gol yang terjadi sebelum paruh waktu di jang liga musim ini.

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA