Sejarah

Pertemuan Chelsea dengan Leicester City di Piala FA

Setelah mencapai final setelah lima pertandingan terakhir Piala FA melawan Leicester City, Chelsea bertujuan untuk memperpanjang rekor luar biasa kami dalam kompetisi ini melawan The Foxes saat kami menghadapi mereka dalam pertandingan final musim ini di Wembley.

Rekor Chelsea melawan Leicester dalam kompetisi piala domestik tertua di dunia ini menjadi rekor yang cukup bagus karena kami telah memenangkan semua (tujuh) pertandingan sebelumnya, dimulai pada tahun 1920 dengan kemenangan 3-0 di Stamford Bridge pada putaran ketiga dan berlanjut pada tahun 1946 ketika kami menang 3- 1 secara agregat pada laga dua leg putaran ketiga.

Sementara kami tersingkir di semifinal dan putaran kelima dalam dua kampanye itu (tahun 1920 dan 1946), kami menikmati capaian yang lebih baik sejak saat itu setiap kali kami bermain melawan The Foxes.

1997 - Putaran Kelima

Pasukan Ruud Gullit berada dalam kondisi yang baik untuk lolos setelah gol pembuka yang menakjubkan dari Roberto Di Matteo dan penyelesaian klinis oleh Mark Hughes yang memberi kami keunggulan dua gol pada waktu jeda di Filbert Street. Tetapi setelah mengejar defisit dua gol untuk mengalahkan Liverpool di babak sebelumnya, kami berada dalam posisi kritis saat sundulan Steve Walsh dan gol bunuh diri di menit akhir oleh Eddie Newton mengirim kami ke laga replay saat itu.

The Blues mendominasi pertemuan kedua di Stamford Bridge tetapi dibuat frustasi oleh penjaga gawang Kasey Keller saat tim tamu memaksakan perpanjangan waktu. Namun, dengan adu penalti yang akan datang jika skor tetap imbang, kemudian wasit memberikan hadiah tendangan penalti setelah Erland Johnsen jatuh di kotak penalti Leicester dan Frank Leboeuf dengan tenang mengonversi untuk mengirim kami lolos ke babak berikutnya.

Jalan Chelsea ke Wembley menjadi jauh lebih mudah setelah kemenangan sulit itu saat kami mengalahkan Portsmouth 4-1 dan Wimbledon 3-0 sebelum mengakhiri puasa 27 tahun kami dalam kompetisi dengan kemenangan 2-0 atas Middlesbrough di final.

2000 - Putaran kelima

Tiga tahun kemudian, kami bertemu Leicester lagi di Stamford Bridge pada putaran kelima dan sukses unggul di menit awal ketika George Weah memberikan umpan silang pada Gustavo Poyet untuk melepaskan tendangan gunting akrobatik saat itu.

Weah akhirnya membuat gol juga untuk menjadikan skor 2-0 tepat setelah paruh waktu, saat ia menyambut umpan silang Chris Sutton dengan sepakan first-time yang bagus, dan kesengsaraan The Foxes bertambah ketika Steve Walsh dikeluarkan dari lapangan karena menyikut Sutton.

Tak lama, pemain kami Dennis Wise menerima kartu kuning keduanya, tetapi satu-satunya respon dari tim tamu adalah gol hiburan oleh Matt Elliott di menit-menit akhir.

Chelsea mengalahkan Gillingham 5-0 di perempat final dan mengalahkan Newcastle United 2-1 di empat besar sebelum mengangkat piala untuk kedua kalinya dalam tiga tahun setelah menang 1-0 atas Aston Villa di final.

2012 - Perempat final

The Blues bertemu Leicester di perempat final 2012 hanya beberapa hari setelah kemenangan comeback Liga Champions kami yang tak terlupakan melawan Napoli, tetapi tidak ada tanda-tanda kelelahan karena sundulan Gary Cahill dan sepakan Salomon Kalou lewat serangan balik membuat kami unggul dua gol setelah laga baru berjalan 17 menit.

Fernando Torres membuat skor menjadi 3-0 di pertengahan babak kedua dan meskipun tim tamu berusaha untuk bangkit di akhir pertandingan, pemain Spanyol itu kembali mencetak gol dan Meireles juga mencetak gol untuk memastikan kemenangan besar dengan skor 5-2.

The Blues kembali mencetak lima gol di semifinal saat mengalahkan Tottenham Hotspur 5-1 sebelum mengangkat Piala untuk ketujuh kalinya setelah menang 2-1 atas Liverpool di laga final.

2018 - Perempat final

Pertemuan babak delapan besar kami di King Power Stadium pada tahun ini berlanjut ke perpanjangan waktu setelah penyelesaian bagus Alvaro Morata lewat serangan balik dibatalkan oleh gol telat Jamie Vardy.

The Blues akhirnya mencetak gol lagi, ketika Pedro menaklukkan Kasper Schmeichel di kotak penalti Leicester saat ia menyundul umpan silang dari N'Golo Kante dan memastikan kemenangan 2-1 kami.

Setelahnya, anak asuh Antonio Conte mengalahkan Southampton 2-0 di Wembley dalam babak semifinal dan sebulan kemudian mengalahkan Manchester United 1-0 di final saat kami merebut mahkota Piala FA kesembilan kami sepanjang sejarah.

2020 - Perempat final

Setelah kemenangan gemilang 2-0 atas Liverpool di putaran kelima pada awal Maret tahun lalu, lockdown virus corona membuat Chelsea harus menunggu hampir empat bulan sebelum kami melakukan perjalanan ke Leicester untuk laga perempat final Piala FA melawan The Foxes.

Penampilan yang kaku dari para pemain setelah lama absen terlihat di babak pertama dan Frank Lampard bereaksi dengan membuat tiga perubahan di waktu jeda. Ini terbukti menentukan saat umpan silang dari Willian disambut oleh pemain pengganti Ross Barkley untuk mencetak satu-satunya gol dalam pertandingan tersebut pada menit ke-63.

Kami mencapai final lagi setelah menang 3-1 atas Manchester United di babak empat besar tetapi sayangnya kami gagal di final melawan Arsenal setelah cedera yang diderita Cesar Azpilicueta dan Christian Pulisic saat laga dan juga kartu merah yang kontroversial untuk Mateo Kovacic saat itu.

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA