Laporan Pertandingan

Laporan Pertandingan: Aston Villa 2 Chelsea 1

The Blues sempat berada di ujung tanduk sebelum memastikan tempat di empat besar Premier League meski menelan kekalahan pada laga domestik pamungkas.

Partisipasi di Liga Champions musim depan telah dipastikan sebelum bertanding di final pekan depan meski untuk beberapa waktu pasukan Thomas Tuchel menghuni peringkat kelima pada pertandingan Minggu malam WIB.

Gol yang dicetak mantan pemain Chelsea Bertrand Traore sebelum turun minum memudarkan harapan finis empat besar kita. Kita masih berpeluang lolos ke Liga Champions, tapi peluang itu kian tipis ketika Anwar El Ghazi mencetak gol dari titik penalti untuk mengubah kedudukan 2-0. Hasil sementara pertandingan Liverpool dan Leicester tidak berpihak. Apalagi Edouard Mendy mengalami cedera rusuk.

The Blues memegang inisiatif serangan pada babak pertama tanpa mencetak peluang bersih, tapi saat 20 menit menjelang bubaran satu peluang berhasil dimanfaatkan Ben Chilwell untuk mengubah skor, 2-1.

Menjelang selesai Cesar Azpilicueta menerima kartu merah langsung. Itu tidak akan mencegahnya absen pada pertandingan di Porto nanti. Meski mengalami kekalahan, sekarang kita sudah siap merebut trofi Liga Champions sebagai satu-satunya fokus karena tidak perlu terbebani memenanginya supaya lolos musim depan.

 

Susunan tim

Hanya ada satu perubahan pada tim yang mengalahkan Leciester tengah pekan lalu. N'Golo Kante diganti pada pertandingan itu karena merasa akan mengalami cedera hamstring jika memaksakan tampil. Dia tidak siap tampil hari ini sehingga posisinya ditempati Mateo Kovacic.

Tuchel juga menambahkan, Kante diharapkan sudah bisa berlatih penuh Rabu untuk siap tanding Sabtu mendatang.

Reece James masih menempati posisi sebagai trio bek tengah, sehingga Cesar Azpilicueta tetap berposisi menjadi bek sayap kanan.

 

Blues Lebih Bersinar

Kemenangan akan memastikan tempat di tiga besar buat Chelsea, tetapi hasil imbang mengancam tiket Liga Champions jika Liverpool dan Leicester sama-sama menang.

Seperti yang telah disebutkan, kita tertinggal pada babak pertama meski skor seperti tidak adil karena tim asuhan Tuchel tampil lebih baik.

Ada kejadian yang melibatkan Jorginho setelah sang gelandang melakukan tekel penting untuk mencegah Villa membangun serangan. Kemudian dia dilanggar oleh Jack Grealish sehingga kapten tim tuan rumah itu diceramahi wasit. Babak pertama diwarnai sejumlah pelanggaran.

Tembakan Mason Mount melebar saat mendapat peluang pertamanya. Upaya berikutnya sang Pemain Pria Terbaik Tahun Ini dicegah pemain lawan. Chelsea melancarkan tekanan dengan mencari ruang di area sayap secara rutin.

Chilwell juga memperoleh peluang, tapi dapat diselamatkan Emiliano Martinez. Begitu juga dengan Edou Mendy yang menggagalkan upaya Traore.

Tendangan Werner masih diselamatkan dan Pulisic terlalu lemah melepaskan tembakan sepeda. Akibatnya, skor 0-0 terus bertahan hingga pertengahan babak.

Villa muncul

Villa mampu bertahan, termasuk peluang susulan yang didapat Mount. Setelah dua kali tembakannya melebar, melalui Traore dan John McGinn, fans tuan rumah kian bersemangat memberikan dukungan. Dua menit sebelum turun minum, mereka pun bersorak gembira.

Sebuah tendangan penjuru Villa tidak mampu diantisipasi para pemain kita. Traore terlepas dan meski tidak sempurna melepas tembakan, bola gagal dicegah Mendy setelah lebih dahulu menghantam mistar.

Tertinggal 1-0 saat jeda, sementara Liverpool unggul di Anfield dan Leicster ditahan Spurs di kandangnya, hanya keunggulan selisih gol yang menempatkan kita di empat besar. Tekanan pun menghebat.

 

Babak kedua masih menderita

Mendy tidak dapat melanjutkan pertandingan karena menghantam tiang saat berupaya mencegah gol Villa.

Kepa menggantikannya dan tidak lama harus menghadapi penalti. Sebelumnya, Pulisic mencoba memanfaatkan operan Werner, tapi masih gagal.

Hukuman penalti diberikan wasit menyusul pelanggaran Jorginho terhadap Traore. Dengan percaya diri El Ghazi mengonversinya menjadi skor 2-0. Pertandingan baru berjalan 52 menit. Berita yang didapat dari Leicetser tidak berpihak. Sebuah penalti mengembalikan keunggulan mereka sehingga kita sekarang berada di peringkat kelima.

Chelsea kemudian berhasil menyarangkan gol, tapi Azpilicueta terperangkap off-side. Hakim Ziyech kemudian dimasukkan dan begitu pula dengan Kai Havertz.


Memperkecil jarak

Sisa 20 menit pertandingan, Chilwell membalas satu gol. Pulisic bertukar operan dengan Ziyech sebelum mengirimkan umpan silang yang dalam. Martinez mencoba menepis bola, tapi teknologi garis gawang menyatakan itu gol yang sah. Hampir bersamaan, Tottenham sukses menyamakan kedudukan sehingga kita kembali ke empat besar.

Sejak saat itu, segala kendali serangan dikuasai Chelsea. Chilwell kembali nyaris mencetak gol, tapi kali ini pemain belakang Villa mampu melakukan blok penting di garis gawang.

Dua menit tersisa, Azpi menerima kartu merah setelah menampar muka Grealish. Chelsea gagal mendapatkan tambahan gol, tapi itu tidak diperlukan lagi. Liverpool menang 2-0, sementara Leicester kalah 4-2 dari Tottenham sehingga mereka lah yang menghuni peringkat kelima. Para pemain kita dapat bernapas lega di Villa Park.

Apa berikutnya?

Hanya satu pertandingan tersisa di musim 2020/21 sekaligus yang terbesar. Sabtu mendatang, Chelsea akan menghadapi Manchester City pada final Liga Champions di Porto.

 

Chelsea (3-4-2-1): Mendy (Kepa h-t); James, Thiago Silva, Rudiger; Azpilicueta (c), Jorginho (Ziyech 59), Kovacic (Havertz 66), Chilwell; Mount, Pulisic, Werner.
Cadangan Alonso, Christensen, Zouma, Gilmour, Hudson-Odoi, Giroud.
Pencetak gol Chilwell 70
Kartu merah Azpilicueta 89
Kartu kuning Jorginho 45, Werner 45+2, Kovacic 49, Kepa 90+5

 

Aston Villa (4-2-3-1): Martinez; Konsa, Hause, Mings, Targett; McGinn, Nakamba; Traore (Chukwuemeka 73), Grealish (c), El Ghazi (Ramsey 79); Watkins.
Cadangan Heaton, Taylor, Elmohamady, Douglas, Davis, Philogene-Bidace, Wesley.
Pencetak gol Traore 43, El Ghazi 52 pen
Kartu kuning McGinn 64, Nakamba 75, Martinez 81

Wasit Stuart Attwell.
 

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA