Chelsea Transfer News

Tomori gabung ke AC Milan secara permanen

Status transfer Fikayo Tomori dari Chelsea ke AC Milan akan permanen pada 1 Juli.

Bek tersebut menghabiskan paruh kedua musim lalu dengan status pinjaman dengan Milan, tetapi akan membuat langkah itu permanen bulan depan setelah kesepakatan disepakati antara kedua klub.

Tomori memainkan 22 pertandingan untuk AC Milan musim lalu setelah peminjamannya pada Januari, membantu mereka mengamankan kualifikasi Liga Champions dengan finis ketiga di Serie A, serta mencapai babak 16 besar Liga Europa dan perempat final Coppa Italia. Satu-satunya golnya tercipta dalam kemenangan penting 3-0 di liga atas Juventus pada Mei.

Lulusan Akademi Chelsea telah bersama The Blues sejak level U-8 dan membuat total 27 penampilan tim utama untuk klub, mencetak dua gol senior.

Tomori menikmati kesuksesan besar bersama Chelsea di level junior, memenangkan FA Youth Cup dan UEFA Youth League, mencetak gol di kedua final, selain dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Akademi kami pada tahun 2016.

Dia diberikan debut seniornya oleh Guus Hiddink pada tahun yang sama, masuk dari bangku cadangan untuk menggantikan Branislav Ivanovic selama 30 menit terakhir dari pertandingan terakhir kami musim ini, bermain imbang 1-1 dengan juara Liga Premier Leicester City.

Sang bek kemudian menghabiskan waktu dengan status pinjaman di Championship bersama Brighton and Hove Albion, Hull City dan Derby County, sebelum masuk ke skuat tim utama pria Chelsea di bawah pelatih kepala Frank Lampard pada musim 2019/20.

Sang bek tampil gemilang di sejumlah kompetisi musim itu. Dia mencetak gol pertama Chelsea yang menakjubkan dengan melepaskan tembakan ke sudut atas dari jarak jauh dalam kemenangan tandang 5-2 di Wolverhampton Wanderers, sebuah gol yang dipilih oleh para pendukung sebagai Gol Terbaik Musim 2019/20 kami, dan di antara empat pertandingan Liga Champions dimulai dia memberikan assist untuk Tammy Abraham untuk membuka skor dalam kemenangan tandang 2-1 di Lille. Di Piala FA, gol sundulannya ke gawang Hull memastikan kemenangan bagi Chelsea dan membantu kami menuju final.

Penampilan Tomori membuatnya mendapatkan panggilan senior pertamanya ke Inggris pada Oktober 2019, diikuti oleh debutnya di Three Lions di kualifikasi Euro 2020 melawan Kosovo sebulan kemudian. Namun, itu tetap satu-satunya topi internasionalnya sejauh ini.

Dengan persaingan tambahan untuk mendapatkan tempat di bek tengah pada 2020/21, Tomori membuat empat penampilan di paruh pertama musim. Dua di antaranya menjadi starter, keduanya di Carabao Cup. Satu-satunya pertandingan Liga Premiernya datang sebagai pemain pengganti babak pertama dalam kekalahan 2-0 dari Liverpool pada September, sebelum pindah ke AC Milan dengan status pinjaman pada Januari.

Chelsea berterima kasih kepada Fikayo atas kontribusinya di klub, dari level junior hingga tim utama pria, dan mendoakan yang terbaik untuk kariernya di masa depan.

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA