Internasional

Euro 2020: Azpilicueta tampil ketika Spanyol menang besar

Cesar Azpilicueta mengukir penampilan perdana di Euro 2020 ketika Spanyol memastikan tempat di babak gugur berkat kemenangan telak atas Slowakia.

Sang kapten Chelsea tampil menggantikan pemain Atletico Madrid, Marcos Llorente, sebagai bek kanan saat La Roja menghadapi ujian sulit di Seville. Mereka membutuhkan kemenangan pertama pada turnamen guna memastikan langkah ke 16 besar.

Awal yang sulit bagi Spanyol setelah dua hasil imbang beruntun yang mengakibatkan sejumlah kritik karena kurangnya penetrasi di area final third.

Masuknya Azpilicueta tentu tidak dimaksudkan memecahkan masalah itu, tapi sang pemain melakukan sejumlah penyelamatan pada awal pertandingan, maju ke depan melepaskan tembakan rendah yang ditepis kiper Newcastle, Martin Dubravka. Rupanya itu menjadi awal babak pertama yang penuh warna bagi pemain Magpies itu.

Fans The Blues akan mengenang hubungan produktif antara Azpilicueta dan Alvaro Morata saat 18 bulan bermain bersama sebagai rekan setim di Stamford Bridge. Hubungan lama itu hampir membuahkan hasil setelah 20 menit. Azpilicueta berlari memotong melalui kaki kirinya sebelum melepaskan umpan silang yang disambut sundulan sang striker. Sayangnya, bola melebar.

Rasa frustrasi Morata berlanjut setelah eksekusi penaltinya ditepis Dubravka. Sang kiper berubah dari pahlawan menjadi kesialan ketika menangkis bola ke dalam gawang sendiri setelah berupaya menghalau bola pantulan tendangan Pablo Sarabia yang menghantam mistar.

Pemain yang sama lagi-lagi melakukan kesalahan sebelum jeda dan sukses dimanfaatkan pemain Manchester City Aymeric Laporte guna mengubah kedudukan menjadi 2-0.

Ini merupakan penampilan internasional perdana Azpilicueta sejak November 2018, tapi hanya sedikit dari 25 caps yang dimilikinya membutuhkan penampilan disiplin bertahan yang minimal seperti dalam pertandingan ini.

Slowakia jarang memberikan ancaman. Dominasi Spanyol kian ditunjukkan melalui gol-gol Sarabia, Ferran Torres, dan sebuah gol bunuh diri lagi yang membuat hangat semangat penonton Andalusia. Azpilicueta akhirnya digantikan 13 menit jelang usai ketika kemenangan sudah nyata.

Ini untuk kali pertama La Roja melesakkan lima gol dalam sebuah pertandingan Euro. Mereka harus puas menempati runner-up setelah Swedia mampu mengalahkan Polandia 3-2 pada laga Grup E lainnya. Pasukan Luis Enrique akan menghadapi Kroasia pada laga berikutnya di Kopenhagen.

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA