Internasional

Euro 2020: Havertz cetak gol lagi untuk bawa Jerman bertemu Inggris, Kante tampil saat Prancis puncaki grup

Kai Havertz membukukan gol keduanya di Euro 2020 saat Jerman memesan tempat di 16 besar serta tandang ke Wembley menghadapi Inggris.

Begitu banyak drama yang tersaji pada pertandingan terakhir grup persis sebelum babak gugur dimulai. N'Golo Kante tampil beraksi buat Prancis menghadapi Portugal pada pertandingan Grup F yang menarik. Di Munich, tiga pemain Chelsea turun membela Jerman yang membutuhkan poin untuk melaju. Toni Rudiger salah satu dari tiga bek dan Havertz mempertahankan status pemain inti.

Tuan rumah Jerman secara mengejutkan kebobolan hanya setelah 11 menit. Adam Szalai menyelinap untuk melepaskan sundulan yang tak bisa dicegah Manuel Neuer. Pasukan Joachim Low tampil frustrasi pada babak pertama dan harus tertinggal.

Setelah terus-menerus menggedor pertahanan Hongaria, akhirnya Havertz menyelamatkan negaranya. Kiper Peter Gulacsi gagal mencegah bola yang datang dan pemenang Liga Champions itu menyundul bola di muka gawang untuk menyarangkan gol ke-13 sepanjang musim ini bersama klub dan timnas.

Timo Werner menggantikan Havertz setelahnya, tapi dengan cepat mereka tertinggal lagi setelah Andras Schafer lolos dari kawalan pertahanan Jerman.

Pertandingan tersisa 22 menit bagi Jerman untuk menghindari tersisih di fase grup untuk kali kedua beruntun. Die Mannschaft mengerahkan segala serangan untuk mencari gol penyeimbang. Tidak dengan mudah mereka melakukannya sampai ketika tendangan Werner diblok dan bola muntah disambar Leon Goretzka ke pojok gawang.

Hasil imbang ini membawa Jerman mengantungi empat poin dan cukup untuk memastikan spot runner-up. Artinya, mereka harus tandang ke London untuk menghadapi laga penuh gengsi dengan Inggris, Selasa mendatang.

Sementara itu, di Budapest, Kante kembali mendampingi Paul Pogba di lini tengah Prancis. Didier Deschamps mengincar tiga poin melawan juara bertahan Eropa, Portugal.

Pertandingan kelas tinggi ini menciptakan tiga penalti dengan skor akhir 2-2. Les Bleus pun memimpin klasemen dan menghadapi Swiss di 16 besar.

Cristiano Ronaldo menjalankan tugas dengan baik mengeksekusi dua penalti, sekaligus menyamai rekor gol internasional 109, serta Karim Benzema juga melesakkan sepasang gol. Gol pertama pemain Real Madrid itu juga berasal dari penalti, setelah secara kontroversial bek Wolves Nelson Semedo dinilai melanggar Kylian Mbappe.

Kante sibuk di lini tengah dengan mencatatkan jumlah intersep, tekel, dan sapu bersih terbanyak di antara pemain lain. Rekan setimnya, Kurt Zouma dan Olivier Giroud, menjadi cadangan yang tak dimainkan.

Euro 2020 kini memasuki periode rehat dua hari sebelum babak 16 besar dimulai Sabtu. Perhatian Chelsea bakal terpusat pada dua dari delapan pertandingan yang ada.

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA