Wawancara

Eksklusif Tuchel: Tentang Euro 2020, Penggawa Chelsea yang bersinar di panggung internasional, dan menonton turnamen akbar di masa lalu

Dalam wawancara eksklusif dua bagian pertama dengan Thomas Tuchel, bos The Blues merefleksikan sepak bola musim panas dan beberapa pemainnya sendiri yang menarik perhatian selama itu, dengan cara yang, seperti yang dia jelaskan, membuatnya meniru mereka. bertahun-tahun yang lalu…

Kami mulai dengan menanyakan apakah dia menonton Euro 2020 dengan cermat…

Saya tidak akan mengatakan secara dekat tetapi dari perempat final, semi final, final, saya menyaksikannya lebih dekat dan lebih dekat.

Dan apakah itu kesenangan dan waktu luang murni untuk Anda? Atau masih bekerja?

Sangat menyenangkan untuk menonton karena ini bukan kompetisi klub sehingga saya tidak merasa harus benar-benar menonton apa yang terjadi karena itu bisa menjadi saingan kita atau apa pun. Sejak lama saya merasa bahwa kompetisi tim nasional berbeda dengan kompetisi klub sehingga cukup menyenangkan untuk ditonton bersama teman-teman, dan setiap saat selama liburan jadi di samping barbekyu atau setelah makan malam, Anda dapat menikmati pertandingan sepak bola. dan memiliki beberapa orang di sekitar, dan orang ini untuk Italia dan orang ini untuk Swiss atau siapa pun. Anda dapat melakukan pembicaraan dan ketidaksepakatan ini dan ini tentu saja menyenangkan. Ini seperti menjadi penggemar sejati.


Apakah Anda tidak mendapatkan tawaran untuk tampil di TV sebagai cendekiawan untuk berbicara tentang permainan?


Saya sangat senang tidak berada di TV, saya dapat memberitahu Anda!

Pemain Anda sendiri membuat semua orang yang mengikuti Chelsea tertarik sampai akhir.

Tentu saja, dan bahkan di final saya tidak dapat sepenuhnya mendukung satu tim karena kami memiliki tiga pemain dengan Inggris dan dua dengan Italia. Tapi menyenangkan untuk menonton di semi final dengan Spanyol yang dimainkan kapten kami Azpi, dan di lain waktu dengan Denmark, Andreas memainkan Euro yang fantastis.

Ini sangat menyenangkan bagi saya, melihat pemain saya tampil seperti ini. Pada saat yang sama, jika mereka tidak memiliki Euro yang bagus, saya senang mereka bisa pergi berlibur sedikit lebih awal, dan jika mereka bermain bagus, Anda senang karena mereka bermain bagus, karena mereka menunjukkan betapa bagusnya mereka.

Christensen, Kai dan kapten

Berbicara tentang Andreas Christensen secara khusus, dia jelas harus melalui pengalaman traumatis di awal turnamen. Apakah Anda khawatir dalam beberapa hal tentang dia harus mengatasinya?

Ya, tapi saya sedikit mengenal pelatihnya karena dia juga pelatih di Mainz, Kasper Hjulmand, dan tentu saja saya mengenal Andreas dengan sangat baik. Jadi saya dapat menyarankan bahwa mereka akan menghadapinya – tentu saja tidak ada yang mau menghadapinya – tetapi jika Anda harus menghadapinya, dia ada di tangan yang tepat. Dan jika Anda tahu mentalitas Denmark untuk menempatkan segala sesuatu ke dalam konteks, dengan pendekatan yang sangat cerdas terhadap kehidupan juga, dan pendekatan yang sangat manusiawi terhadap kehidupan, saya yakin mereka akan melakukannya dengan cara terbaik.

Saya senang mereka bisa membalikkan keadaan dan saya senang, tentu saja, Christian Eriksen segera keluar dari rumah sakit. Tentu saja itu membuatnya sangat istimewa bagi mereka.

Penampilan Andreas setelah itu luar biasa, seperti bagi kami, dan dia adalah bagian besar dari tim yang sukses.

Dalam latihan, pernahkah Anda melihatnya mencetak gol seperti golnya melawan Rusia?

Ya, dia mencetak gol dalam latihan dan kami sadar dia memiliki tembakan yang kuat. Tapi itu adalah momen yang sempurna untuk gol seperti ini, itu mengesankan.

Anda telah menyebutkan kapten Anda – untuk Cesar Azpilicueta untuk pergi dari tidak bermain untuk Spanyol selama lebih dari dua tahun dan kemudian tiba-tiba masuk ke pertandingan penting, dan kemudian menjadi ancaman gol juga, itu sangat mengesankan.

Ya, dia punya itu, dia pria yang bisa diandalkan. Semua orang bisa sangat bangga bahwa kami memiliki dia sebagai kapten kami. Dia memiliki semua yang Anda inginkan dari seorang kapten. Dan saya yakin jika mereka memilihnya, apa pun situasinya, Anda dapat mengandalkannya dan dia akan memberikan 100 persen.

Ketika saya tahu dia akan bermain di pertandingan grup terakhir dan saya melihat bahwa itu adalah pertandingan yang menentukan, saya pikir ya, dia adalah orang yang Anda inginkan di lapangan karena dia dapat memberikan tekanan. Ini yang dia lakukan dan ini yang biasa dia lakukan. Dia pemain tim yang fantastis.

Pemain lain yang tampaknya membawa beberapa momentum yang dia miliki di akhir musim ke turnamen adalah Kai Havertz.

Baginya secara pribadi dia memainkan Euro yang bagus. Dia adalah ancaman terus-menerus di tim Jerman bagi yang lain untuk mencetak gol. Tentu saja dia memiliki akhir yang sangat baik untuk musim kami dan meskipun tim Jerman tidak melakukannya dengan baik di Euro, saya pikir dia secara pribadi dapat puas dengan langkah pertama yang dia buat di sini di Inggris dan dengan hasil untuknya. Ada hal-hal yang perlu ditingkatkan, hal-hal untuk menjaga level tetap tinggi, di mana dia bisa bermain dan dia membuktikan bahwa dia bisa bermain. Ini adalah langkah selanjutnya.

Para gelandang mengirim pesan

Terakhir tentang pemain di Euro, yang sekarang dibicarakan semua orang adalah Jorginho, bahkan dengan saran Ballon d'Or.

Tentu saja, dan ada baiknya mereka berbicara tentang pemain kami terlebih dahulu, dan itu sedikit bergeser dan orang-orang seperti Jorgi dan seperti N'Golo Kante menjadi sorotan, karena mereka sangat, sangat berguna dan sangat, sangat membantu untuk tim mana pun di dunia. Dan kami sangat beruntung memiliki mereka.

Mateo Kovacic adalah salah satu dari jenis itu, dia memiliki mentalitas yang sama, kemampuan yang sama, jadi kami sangat senang memiliki tiga gelandang ini. Mereka sangat membantu tim mana pun di dunia. Pendekatan mereka terhadap sepak bola adalah mereka adalah pemain tim sejati. Mereka adalah penolong sejati. Mereka membuat segalanya mudah bagi orang lain, mereka tidak bersembunyi dari banyak pekerjaan, memberikan banyak usaha untuk orang lain.

Ini adalah pesan fantastis untuk sepak bola secara umum, bahwa orang-orang ini menjadi sorotan. Mereka terkenal karena kerja tim. Ini bagus, ini mengirimkan pesan yang tepat.

Tampaknya posisi di lapangan lebih dihargai sekarang.

Ya, entah kenapa, saya tidak tahu kenapa baru sekarang karena ada gelandang fantastis di dunia ini. Mereka melakukan banyak hal untuk tim sukses sehingga bagus jika mereka menjadi sorotan.


Jauh dari Euro, Thiago Silva berhasil pulih dari cedera untuk bermain di Copa America meskipun Anda mungkin tidak menganggap itu berita terbaik untuk Chelsea.

Saya selalu senang jika Thiago pergi berlibur dan kembali bersama kami untuk pramusim karena pada usianya dia membutuhkan sejumlah latihan untuk bermain di liga yang intens seperti Liga Premier. Jadi sekarang kita akan memiliki sedikit penundaan di musim pribadinya ketika dia kembali terlambat dari Copa. Saya agak sedih ketika mereka tidak bisa menang di kandang melawan Argentina, tetapi saya harap itu bukan kemunduran yang terlalu besar. Dia memenangkannya terakhir kali dan dia menjadi bagian besar lagi, dan tentu saja dia memainkan peran yang fantastis dalam setengah tahun kami dan semoga dia bisa menjaga semangat dan kualitas serta tingkat kebugarannya.


Mencanangkan standar

Dulu ada saat ketika manajer akan melihat turnamen seperti Euro dan Piala Dunia untuk ide, tren, dan pola baru untuk dibawa ke permainan domestik. Anda sudah mengatakan bahwa Anda melihat perbedaan antara sepak bola klub dan sepak bola internasional, jadi apakah masih demikian?

Saya pikir sebaliknya, dan sepak bola klub menjadi tren saat ini. Anda memiliki lebih banyak waktu bersama dan Anda memiliki spesialis di posisi tertentu. Jika Anda tidak memiliki pemain domestik, Anda dapat membeli pemain, jadi saya pikir sepak bola klub adalah tolok ukurnya.

Ada juga tim nasional yang fantastis di luar sana. Saya pikir Italia adalah pemenang Eropa yang layak dengan pelatih yang berasal dari sepak bola domestik, yang tahu bagaimana membangun tim, yang tahu bagaimana memimpin tim sepanjang musim sulit di Italia dan Inggris. Dia membuktikan itu dan Italia tampaknya menjadi tim yang sangat kuat sejak awal hingga akhir. Mereka bermain dengan banyak kualitas, dengan disiplin taktis yang tinggi. Hampir tampak seperti skuad klub.

Tapi menurut saya, dan itu hanya pendapat saya, itu telah sedikit bergeser dan sepak bola klub menetapkan standar.

Tampaknya tim yang berhasil mencapai tahap akhir adalah tim yang kuat sebagai lawan dari tim yang mengandalkan individu yang kuat.

Itu adalah pesan bagus lainnya. Sepak bola adalah olahraga tim dan harus dilihat sebagai olahraga tim, dan Anda tidak bisa menang sendirian. Anda bahkan tidak bisa menang dengan 10 pemain, jika Anda memiliki kartu merah, atau jika Anda bermain sepanjang musim dengan 10 pemain, Anda tidak akan memenangkan kejuaraan. Anda jelas tidak akan memenangkannya sendirian. Anda hanya bisa melakukannya dengan 11 dan 11, maksud saya 24 di ruang ganti.

Jika pesan yang mudah dan terkenal ini menjadi berita utama baru, saya senang.

Ketika Anda tumbuh dewasa, apakah turnamen besar musim panas itu benar-benar Anda nikmati, terutama dengan Jerman yang baik-baik saja?

Ya, saya melihat mereka seperti orang gila. Hari-hari ketika saya masih muda itu tidak begitu umum atau bahkan mungkin untuk menonton liga lain selain Bundesliga Jerman bagi saya. Kami tidak memiliki kesempatan untuk melihat sepak bola Inggris, sepak bola Spanyol atau apa pun, jadi untuk melihat semua pemain ini bermain, itu adalah petualangan besar di depan televisi.

Tidak ada musim panas yang lebih baik daripada musim panas dengan turnamen, pergi ke taman dan bermain game setelah mereka bermain di TV, dan memiliki beberapa nama baru yang tidak pernah Anda pikirkan sebelumnya dan bahkan tidak Anda ketahui sebelumnya. Setelah pertandingan, kami langsung pergi ke pelatihan sepak bola dan mencoba menjadi sebaik orang-orang di TV.

Di bagian kedua dari wawancara, Thomas Tuchel menjelaskan filosofi di balik pelatihan pra-musimnya, membahas persiapan untuk memulai kampanye Liga Premier untuk pertama kalinya, dan apa yang berbeda tentang tahap ini dengan Chelsea dari klub sebelumnya.

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA