Laporan Pertandingan

Laporan Pertandingan: Arsenal 0 Chelsea 2

Itu adalah awal yang sempurna sekembalinya sebagai pemain Chelsea lagi untuk Romelu Lukaku karena golnya sukses membawa kami menuju kemenangan yang nyaman di Arsenal.

Striker itu menginisiasi dan menyelesaikan serangan apik The Blues pada menit ke-15, mengubah umpan Reece James menjadi gol setelah menggertak pertahanan The Gunners untuk menciptakan ruang bagi dirinya sendiri di kotak penalti.

Chelsea terus mengancam, khususnya James yang terus mengancam di sisi kanan kami, dan dialah yang menggandakan keunggulan kami tak lama setelah setengah jam, mengontrol umpan Mason Mount dan dengan tegas melepaskan tembakan melewati Bernd Leno.

Menanggapi ketertinggalan itu, Arsenal sesekali mengancam usai turun minum. Edouard Mendy menyelamatkan gawang dari peluang Bukayo Saka dan Cesar Azpilicueta dengan brilian menggagalkan Emile Smith Rowe, sementara Rob Holding melewatkan peluang terbaik mereka dengan sundulan dari jarak enam yard.

Meski demikian, kemungkinan comeback dari Arsenal tidak pernah terlihat mungkin karena The Blues sukses menjaga jarak dengan tuan rumah. Lukaku hampir saja menambah golnya lagi saat sundulannya entah bagaimana mengarah ke mistar setelah ditepis Leno.

Namun, debut kedua pemain Belgia itu di Chelsea adalah salah satu yang harus diingat, dengan satu gol dan tiga poin melawan rival lokal London kami dengan para suporter setia Chelsea yang melantunkan chants namanya secara berkala di Emirates semalam.

London biru malam ini!

Seleksi pemilihan pemain

Lukaku adalah salah satu dari tiga perubahan yang dilakukan Thomas Tuchel pada starting line-upnya, dengan Kai Havertz dan James menjalani starter pertama mereka di liga musim ini. Timo Werner, Trevoh Chalobah, dan Christian Pulisic harus menyingkir kali ini.

N’Golo Kante dan Hakim Ziyech kembali ke bangku cadangan setelah cedera, dengan keduanya dimasukkan di babak kedua.

Untuk tuan rumah, Saka menjadi starter setelah sebelumnya menjadi cadangan di Brentford. Pablo Mari dan Cedric Soares menjadi starter di lini pertahanan dengan Ben White tidak tersedia untuk laga ini.

Awal yang tajam

Saka-lah yang menciptakan peluang pertama dengan waktu baru bergulir 60 detik, saat ia memberikan bola untuk bekerja sama dengan Smith Rowe di tepi kotak. Tembakannya tepat sasaran tapi bisa diamankan Mendy.

Tak lama, Chelsea membalas peluang tersebut. Marcos Alonso memberikan umpan pada James untuk melepaskan peluang dari jarak 20 yard, dan ada blok dari Granit Xhaka untuk menghentikan tembakan tersebut yang juga merepotkan sang kiper, Leno.

Tempo tinggi di bawah sinar matahari London utara terus bergulir, namun The Blues mulai mendominasi penguasaan bola, kami memimpin.

Kembali dengan sebuah gol!

Itu juga merupakan proses gol yang luar biasa, dengan Lukaku menampilkan semua yang dia tawarkan kepada tim ini dalam sekejap mata. Mateo Kovacic memberinya umpan di tepi kotak, membelakangi gawang, menempati posisi diantara bek tengah Arsenal. Lukaku mengembalikan bola ke Kovacic, yang kemudian mengumpan ke arah James yang tidak dijaga di sebelah kanannya.

Sementara itu Lukaku dengan nyaman mengelabui Mari dan masuk ke kotak enam yard, di mana dia tidak bisa melewatkan umpan tark dari James dan mengubahnya jadi gol. Suporter tandang langsung bergelora dan menyanyikan namanya.

Kekuatan Lukaku membuat Mount bekerja sama dengan Havertz saat kami mencari gol kedua. Namun sayangnya tembakan Mount diblokir setelah umpan Havertz sukses membebaskan pergerakan James sekali lagi sebelumnya.

Pertarungan antara Lukaku dan Mari berlanjut dengan sang bek berhasil melakukan blokir peluang dari pemain nomor 9 kami yang mengancam di sebelah kanannya. Tak lama setelah setengah jam, bek itu mendapat kartu kuning karena melanggar Lukaku. 

Masalah Ganda

Kemudian datang gol kedua! Kali ini pujian harus diberikan kepada Alonso dan Havertz di sisi sebelah kiri kami, yang sukses membuat ruang. Umpan Alonso mencapai Mount yang dengan cepat mengalihkannya ke James, yang sekali lagi bisa bergerak bebas di Emirates. Kali ini dia sendiri yang mencetak gol yang melakukan penyelesaian sepakan ke sudut atas Leno.

Kami tidak puas dengan keunggulan dua gol kami, dan Havertz hampir saja memanfaatkan umpan silang Mount saat sang gelandang asal Inggris kami tersebut memperlihatkan kecepatan dan keterampilan luar biasanya di laga ini.

Lukaku hampir lagi merepotkan pertahanan lawan sebelum akhirnya Mendy sibuk untuk pertama kalinya sejak menit pembukaan, saat kiper kami menepis tendangan jarak jauh Saka yang sukses ia belokkan saat itu.

Arsenal terus mencoba dan menyuntikkan beberapa dorongan ke dalam permainan menyerang mereka, dan mereka hampir mendapat gol saat itu. Kami pernah kebobolan gol dari tendangan sudut di sini saat laga pra-musim lalu, dan cara yang sama hampir terjadi lagi ketika Mari melakukan sundulan dan Holding  yang berusaha menyambutnya tersebut membuat sundulannya melebar.

Arsenal continued to try and inject some impetus into their attacking play, and they were nearly rewarded on the hour. We had conceded a goal from a corner here in pre-season, and lightening nearly struck twice when Mari nodded the first header across goal, only for Holding to contrive to plant his header wide.

Mikel Arteta then brought Pierre-Emerick Aubameyang on for Saka, and the Gabonese forward beat our offside trap only to be thwarted by the alert Mendy, who raced off his line and cleared. Nuno Tavares for the injured Kieran Tierney was the next sub, before Kante came on to huge cheers from a joyous away end. Kovacic made way.

Mikel Arteta kemudian memasukkan Pierre-Emerick Aubameyang untuk menggantikan Saka, dan penyerang Gabon itu berhasil lolos jebakan offside kami dan peluangnya digagalkan oleh Mendy. Nuno Tavares masuk untuk Kieran Tierney yang cedera adalah pemain pengganti berikutnya dari Arsenal, sebelum Kante mendapat sambutan dari suporter tandang. Kovacic keluar untuk Kante.

Sebelum itu, ada sebuah blok luar biasa dari Cesar Azpilicueta untuk menghentikan Smith Rowe dari jarak dekat. Selain itu, ada beberapa kekhawatiran bagi James yang merasa kesakitan memegangi lehernya. Syukurlah, dia baik-baik saja untuk melanjutkan laga ini.

Lukaku nyaris mencetak gol keduanya dengan seperempat jam tersisa, namun peluangnya digagalkan oleh penyelamatan Leno yang menakjubkan, yang mengarahkan sundulannya dari umpan silang Mount. Big Rom tidak bisa percaya sundulannya ditepis lawan!

Havertz memiliki beberapa peluang untuk menyelesaikan laga ini tapi rekan senegaranya Leno sukses meredamnya. Jadi kami harus puas dengan keunggulan dua gol dan tiga poin yang sangat memuaskan kali ini.

Apa berikutnya?

Chelsea (4-2-3-1): Mendy; Azpilicueta (c), Christensen, Rudiger; James, Jorginho, Kovacic (Kante 72), Alonso; Mount (Ziyech 82), Lukaku, Havertz (Werner 90)
Pengganti yang tidak dimainkan: Kepa, Chilwell, Chalobah, Thiago Silva, Zouma, Hudson-OdoiPencetak
Gol: Lukaku 15, James 35

Arsenal (4-2-3-1): Leno; Soares, Holding, Mari, Tierney (Tavares 66); Lokonga, Xhaka (c); Pepe, Smith Rowe, Saka (Aubameyang 61); Martinelli (Balogun 79)
Pengganti yang tidak digunakan Ramsdale, Chambers, Kolasinac, Tavares, Maitland-Niles, Elneny, Nelson.
Kartu kuning: Mari 34, Holding 45, Lokonga 67

Wasit: Paul Tierney
Penonton: 58.729 (tiket terjual)

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA