Laporan Pertandingan

Laporan Pertandingan: Chelsea 1 Aston Villa 1 (4-3 penalti)

Tendangan penalti Reece James memberi Chelsea kemenangan adu penalti atas Aston Villa di Stamford Bridge dan memastikan tempat kami di putaran keempat Piala Liga Carabao.

Pertandingan putaran ketiga kami di Stamford Bridge berjalan lancar. Babak pertama berjalan cukup tenang dengan sedikit aksi di kedua kotak penalti, tetapi permainan menjadi hidup setelah istirahat paruh waktu.

Gol pembuka Timo Werner yang memantik banyak aksi, saat ia sukses menyundul umpan dari Reece James dari kanan dan melewati kiper Jed Steer.

Villa membalas dengan gol indah juga, saat sundulan Cameron Archer mengarah ke gawang kami menyusul umpan silang dari bek kanan mereka sendiri, Matt Cash.

Kepa kali ini cukup sibuk, tetapi Steer yang paling banyak melakukan penyelamatan di babak kedua, terutama saat menggagalkan upaya bagus Callum Hudson-Odoi dan Mason Mount, yang membuat waktu normal 90 menit berakhir 1-1 dan pertandingan langsung dilanjutkan ke adu penalti.

Kepa menunjukkan kehebatannya dalam adu penalti sekali lagi untuk menggagalkan upaya Marvelous Nakamba, setelah tendangan Ashley Young yang membentur mistar gawang untuk memberi kami keuntungan. Tekanan sempat meningkat untuk kami ketika tembakan Ben Chilwell juga membentur mistar gawang, tetapi Reece James dengan tenang melepaskan upayanya yang menentukan ke pojok kiri atas gawang Villa.

Seleksi pemilihan pemain

Pelatih kepala kami telah mengisyaratkan dia bisa merotasi timnya untuk pertandingan Piala Liga Carabao malam ini dan ia menepati janjinya, dengan hanya kiper Kepa Arrizabalaga yang tersisa di starting XI dari kemenangan 3-0 kami atas Tottenham Hotspur lalu. Edouard Mendy dan Christian Pulisic sama-sama masih belum pulih dari cedera sehingga tidak terlibat kali ini.

Di depan Kepa, Reece James bermain di sisi kanan dari tiga bek, bersama Trevoh Chalobah dan debutan Malang Sarr, yang merupakan pemain pengganti yang tidak dimainkan melawan Zenit St Petersburg.

N'Golo Kante menjadi kapten tim dari lini tengah, setelah membuat dampak besar dari bangku cadangan di Tottenham, dengan Saul dan Ruben Loftus-Cheek di sampingnya saat kami memulai dengan lini tengah tiga pemain. Callum Hudson-Odoi dan Ben Chilwell mendapat peran sebagai bek sayap. Chilwell dan Loftus-Cheek melakukan debut pertama mereka musim ini.

Hakim Ziyech dan Timo Werner berduet sebagai duo penyerang di depan. Di antara pemain pengganti, bek berusia 19 tahun Xavier Mbuyamba terlibat untuk tim senior untuk pertama kalinya.

Sebelum pertandingan dimulai, Stamford Bridge memberikan penghormatan kepada mantan striker legendaris Chelsea Jimmy Greaves, yang meninggal pada hari Minggu, dengan seluruh stadion berdiri untuk memberikan tepuk tangan.

Awal yang tenang

Begitu pertandingan dimulai, peluang pertama jatuh ke tangan Aston Villa, saat Morgan Sanson menerobos dengan serangan balik dan kami kalah jumlah tiga lawan dua di belakang. Dia mengumpan bola ke Cameron Archer, tetapi Kepa keluar dengan cepat untuk menutup ruang tembak lawan dan percobaan striker muda itu melambung di atas mistar.

Kecepatan Werner menyebabkan masalah awal bagi pertahanan Villa, seperti halnya kemampuan Loftus-Cheek untuk menerobos dari lini tengah. Chilwell juga menemukan ruang di sebelah kiri, dengan satu percobaan umpan silang yang hampir merepotkan kiper Jed Steer saat itu. 

20 menit pertama dari laga ini nyaris minim peluang emas, tetapi ada tanda bahwa segalanya mungkin mulai terbuka ketika James mulai maju ke area kanan dan melepaskan bola untuk Kante. Umpan silang Kante kemudian mengarah menuju Saul, tetapi gelandang Spanyol itu berada di bawah tekanan dan gagal mengarahkan sundulannya tepat sasaran.

Chilwell harus waspada ketika tendangan bebas pendek dari Villa memberi Anwar El Ghazi ruang di sisi kiri, tetapi bek sayap kami mampu menghadang pergerakan tersebut untuk menghasilkan sepak pojok. Tendangan sudut berbahaya dilakukan kubu Villa, tetapi Archer gagal mengeksekusi tendangan voli dan malah mengirim bola kembali ke pemain bertahannya sendiri di garis tengah.

Loftus-Cheek mulai lebih banyak terlibat ke dalam permainan dan menghasilkan pergerakan brilian ketika dia melewati tiga pemain Villa dan melayangkan bola melebar ke Hudson-Odoi, tetapi umpan menuju bek sayap ke dalam kotak diblokir dengan baik oleh Ashley Young. Tak lama setelah itu, Ziyech memaksa penyelamatan pertama dari Steer dengan upaya melengkung yang khas setelah melakukan gerakan memotong dari kanan, tetapi sepakannya tidak memiliki kekuatan dan sukses diamankan oleh kiper lawan.

Ancaman lewat serangan balik

Kami mengakhiri babak pertama dengan cukup bagus, menempatkan tim tamu dalam tekanan, tetapi upaya Werner yang diblok lawan menjadi peluang paling bagus yang kami lakukan sebelum jeda. Namun, kami hampir terjebak dalam serangan balik, ketika mantan pemain muda The Blues Bertrand Traore mengumpan pada Archer di belakang pertahanan kami, tetapi Kepa maju untuk melakukan duel one-on-one dan James sukses melakukan penyelamatan di garis gawang ketika El Ghazi memanfaatkan rebound dari peluang rekannya.

Terjadi pergantian pemain dan sistem untuk Chelsea di babak pertama, ketika Kante menggantikan Mason Mount, pemain pengganti juga mengambil ban kapten dari pemain Prancis itu. Ini membuat Mount bergabung di lini depan bersama Werner dan Ziyech untuk babak kedua.

Namun, ancaman awal kami di babak kedua datang dari salah satu bek sayap kami, ketika Hudson-Odoi dua kali bergerak masuk ke dalam kotak, tetapi dia kemudian tidak bisa menemukan celah untuk menaklukkan Jed Steer.

Laga yang mulai hidup

Werner sempat berteriak protes untuk mendapatkan penalti ketika tembakannya dari tepi kotak mengenai lengan bek Villa. Meski demikian, striker Jerman kami tidak perlu menunggu lebih lama untuk mencatatkan namanya di papan skor.

Ketika gol tiba, asis itu datang dari James, melepaskan umpan silang dari kanan tepat di luar kotak penalti, di mana Werner melompat melewati penjagaan lawan dan mampu menyundul bola yang melewati Steer dan masuk ke gawang.

Gol itu tampaknya membuat permainan menjadi hidup, saat kami memaksa Villa untuk bertahan di kotak penalti mereka sendiri dan peluang Ziyech lagi-lagi membuat penyelamatan bagus lainnya dari Steer.

Dominasi kami tidak bertahan lama, karena Villa segera berusaha untuk membalas dan Kepa harus melakukan serangkaian penyelamatan, tetapi tidak ada yang bisa dia lakukan ketika dia harus memungut bola dari gawangnya sendiri setelahnya. Cash melepaskan umpan silang ke area tiang belakang yang melewati penjagaan bek Chelsea dan sundulan Archer sukses menembus pojok gawang membuat Kepa tidak punya peluang untuk menghentikannya.

Momentum pertandingan sekarang saling berganti setiap menitnya untuk kedua tim. Buendia melepaskan tembakan di atas mistar, tak lama kemudian Loftus-Cheek melakukan pergerakan dan melepaskan umpan untuk Mount dengan back-heel apik. Mount melakukannya dengan baik untuk menghindari lawannya tetapi tendangannya melebar.

Akhir yang menegangkan

Tuchel memutuskan untuk membuat dua pergantian pemain menyerang lagi saat kami secara bertahap mengambil alih penguasaan bola dan terus menekan untuk mencari satu gol kemenangan, dengan Romelu Lukaku dan Ross Barkley masuk, saat Hakim Ziyech dan Saul digantikan.

Dengan 10 menit tersisa, kami menguasai bola dan mulai mengancam lawan lebih sering. Steer harus menghasilkan penyelamatan yang bagus untuk meredam tembakan keras dari Mount dan Barkley melepaskan  tendangan rendah dari posisi yang sama namun harus membentur lawan dan berakhir melebar dari gawang.

Ketegangan yang meningkat di menit-menit akhir, tanpa perpanjangan waktu di Piala Liga Carabao memungkinkan perpanjangan adu penalti semakin besar. Hanya ada sedikit peluang selama waktu tambahan itu, dengan sundulan Loftus-Cheek dari tendangan sudut yang mengenai bek Villa dan tendangannya melebar dari target dan kedua tim gagal menghasilkan gol penentu kemenangan dramatis di menit akhir.

Adu penalti menjadi penentu

El Ghazi dan Lukaku masing-masing sukse mengeksekusi untuk menjadi gol, sepakan Young membentur mistar gawang sebelum Kepa menunjukkan refleksnya untuk menggagalkan Marvelous Nakamba dan memberi kami keunggulan. Mount dan Barkley mencetak gol dengan upaya yang sempurna, tetapi tekanan meningkat ketika sepakan Chilwell juga membentur mistar gawang. Namun, hal itu tampaknya tidak mempengaruhi James, karena ia dengan tenang menempatkan tendangan penaltinya yang menentukan ke pojok atas untuk memastikan satu tempat untuk kami di putaran keempat Piala Liga Carabao.

Apa berikutnya?

Kami kembali ke Stamford Bridge pada hari Sabtu untuk pertandingan besar di ajang premier League, saat kami menjamu Manchester City pada pukul 12.30 (waktu setempat). Kami kemudian melanjutkan kampanye Liga Champions kami dengan perjalanan ke Italia untuk menghadapi Juventus pada Rabu malam mendatang.

Chelsea (3-5-2): Kepa; James, Chalobah, Sarr; Hudson-Odoi, Kante (c) (Mount h-t), Loftus-Cheek, Saul (Barkley 76), Chilwell; Ziyech (Lukaku 76), Werner

Unused subs: Bettinelli, Mbuyamba, Thiago Silva, Havertz

Scorer: Werner 54

Booked: Sarr 31, James 90+1

Aston Villa: Steer, Cash (Konsa 76), Tuanzebe, Hause, Young (c), Sanson (Carney Chukwuemeka 41), Nakamba, Traore (Philogene-Bidace 64), Buendia, El Ghazi, Archer

Unused subs: Sinisalo, Bogarde, A. Ramsey, Caleb Chukwuemeka

Booked: Young 86

Scorer: Archer 64

Referee: Graham Scott

Attendance: 35,892

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA