Pratinjau Laga

Preview: CHELSEA VS MANCHESTER CITY

Sebuah pertandingan yang menarik perhatian akan memulai akhir pekan kompetisi Premier League kali ini. Sejarawan klub Rick Glanvill dan ahli statistik klub Paul Dutton bersiap untuk hari yang cerah di Stamford Bridge…

Chelsea yang sedang tancap gas di awal musim melawan juara bertahan liga domestik Manchester City menjadi pertemuan yang cepat di ajang Premier League di Sabtu waktu makan siang kali ini.

Pekan lalu The Blues sukses meraih kemenangan derby 3-0 yang mengesankan di markas Tottenham, sementara Southampton sukses menahan The Citizens di Etihad.

Pasukan Pep Guardiola sejauh ini sukses mengklaim tiga gelar dari empat musim terakhir Premier League  tetapi jika Chelsea memang maka  ini akan membuat selisih enam poin setelah enam laga bergulir. Signifikansinya akan bisa diperdebatkan: musim lalu pada saat yang sama tidak ada klub (baik Chelsea maupun City) yang mendekati posisi empat besar – keduanya baru menang dua kali, seri dua kali dan kalah sekali.
 
Secara psikologis, kemenangan bagi Thomas Tuchel akan sangat besar: dia tidak terkalahkan dalam lima pertemuan terakhirnya dengan Guardiola, mendalangi tiga kemenangan berturut-turut termasuk final Liga Champions bulan Mei di Porto. Pelatih kepala Man City sendiri tidak pernah kalah dalam empat pertandingan berturut-turut dari lawan yang sama sebelumnya.

Highlights of our Champions League win over Man City back in May

Skuad Tuchel memiliki waktu 24 jam lebih sedikit untuk beristirahat dan bersiap menghadapi pertemuan penting ini, tetapi kedua pelatih secara substansial merotasi skuat mereka di laga Piala Liga Carabao tengah pekan lalu. 

Chelsea kini mencatatkan lebih banyak nirbobol (15) daripada kebobolan (14) dalam 24 pertandingan Premier League di bawah Thomas Tuchel.

photo of STATISTIK KUNCI STATISTIK KUNCI


Berita tim Chelsea

Tuchel unggul dari ketiga laga melawan Pep Guardiola musim lalu. Kita sekarang akan melihat apa yang telah dipelajari masing-masing pelatih sejak saat itu dan kita akan mendapatkan gambaran tentang kelayakan kedua tim sebagai penantang gelar musim ini.

The Blues belum pernah kebobolan dari skema open-play musim ini, dan inti dari kesuksesan itu adalah fleksibilitas, kerja tim, dan keuletan. The Londoners dan Manchester City (bersama dengan Liverpool) punya rekor pertahanan terbaik bersama di Premier League, dengan hanya kebobolan satu gol.

Penampilan N'Golo Kante menjadi perhatian saat menghadapi Tottenham. Terlepas dari hasil yang bagus, Tuchel mengaku tidak senang dengan performa tim di babak pertama dengan tingkat intensitas dan kurangnya permainan proaktif, yang menyebabkan The Blues terkepung di sepertiga daerah sendiri.

Dia memperbaikinya dengan memasukkan Kante saat jeda dan setelahnya kami dapat menemukan ruang untuk melewati tekanan Spurs. Skema kami tampak lebih seperti formasi 3-5-2 dengan dan sukses membuat tuan rumah kesulitan.

N'Golo Kante taking the game to Tottenham

Sebagai imbalan atas kontribusi vitalnya, Kante absen pada paruh kedua kemenangan Piala Carabao melawan Villa pada pertengahan pekan untuk diistirahatkan sepenuhnya untuk laga hari Sabtu ini, penggantinya Mason Mount menampilkan performa terbaiknya musim ini.

Ada banyak performa bagus dari pemain lainnya pada hari Rabu, terutama Ruben Loftus-Cheek, yang memukau penonton dengan pergerakannya seperti  yang pernah dia tunjukkan sebelum cedera. Meski demikian, tim The Blues untuk menghadapi City tampaknya akan mirip dengan tim yang menjadi starter di London utara pekan lalu.

Keberhasilan Chelsea baru-baru ini melawan The Citizens dicapai dengan menahan gelombang serangan mereka dan memaksa mereka melakukan kesalahan sendiri atau pemosisian di pertahanan tengah mereka dengan umpan-umpan panjang yang tajam atau tekanan tinggi. Namun yang terpenting, ini semua tentang laga dengan intensitas dan tempo yang tinggi.

Kini, Tuchel telah menambahkan Romelu Lukaku ke juru gedornya, dan striker Belgia itu sudah mencetak empat gol dalam delapan pertandingan liga untuk Everton melawan City. Hakim Ziyech, sementara itu, telah mencetak gol dalam dua penampilan terakhirnya melawan City di semua kompetisi. Kemungkinan Edou Mendy akan bermain, meskipun Kepa tampil luar biasa dalam dua pertandingan terakhir kami.

Reece James and Kepa's penalty heroics see Blues progress in the cup! | Unseen Extra

Kepa Arrizabalaga showed off his prowess between the sticks in a shoot-out with an impressive save which set Reece James up to hammer home the winner and send Stamford Bridge wild. Get closer to the cup drama, exclusively here...

Supporters attending the game are required to provide evidence they are at low risk of transmitting Covid-19 or risk not being admitted to Stamford Bridge. Click for details


The Citizen yang terperangkap

Manchester City yang menampilkan sejumlah pemain reguler saat mereka mengalahkan Wycombe pada hari Selasa, tetapi yang lebih penting adalah saat Southampton menahan mereka 0-0 di Etihad tiga hari sebelumnya. Skema 4-2-2-2 yang terorganisir dengan baik oleh Soton arahan Ralph Hassenhuttl sukses membatasi pergerakan tim tuan rumah.

Saat pertandingan berlangsung, tim tamu melakukan tekanan tanpa henti untuk memaksa City berbuat kesalahan sendiri yang tak diperkuat oleh Aymeric Laporte dan Rodri. Pada akhirnya, kubu The Saints berhasil melakukan dua tembakan tepat sasaran – satu lebih banyak dari City, yang merupakan catatan terburuk mereka di Premier League sejauh ini.

A disallowed goal for Man City against Southampton last weekend

Pep Guardiola mengganti semua lima pemain bertahannya untuk laga vs Wycombe di Piala Liga Carabao untuk mengistirahatkan mereka untuk pertandingan ini. Tiga hari setelah pertarungan di Bridge, City akan bermain di Liga Champions vs Paris Saint-Germain, diikuti dengan perjalanan tandang ke markas Liverpool.

Hingga laga Kamis lalu, Guardiola tidak yakin berapa banyak pemainnya yang sebelumnya absen – termasuk bek tengah Aymeric Laporte, John Stones dan lulusan Akademi Chelsea Nathan Ake, ditambah Gundogan, Rodri, dan Aleks Zinchenko – akan tersedia untuk serangkaian laga sulit tersebut. Namun, sebagian besar pemain tampaknya telah mengikuti sesi latihan kemarin.
 
Untuk masing-masing dari tiga kekalahan terakhirnya dari Tuchel, Pep selalu melakukan pertaruhan taktis, dan itu bisa saja terjadi lagi sabtu ini. Dalam pertemuan semifinal Piala FA kami, formasinya adalah 4-2-3-1 dengan Gabriel Jesus memimpin lini depan; pada ajang liga di Etihad itu adalah 3-1-4-2 dengan Sergio Aguero dan Gabriel Jesus; dan saat di final Liga Champions Kevin De Bruyne berpasangan dengan Phil Foden dalam formasi 4-2-2-2.
 
Meskipun Aguero telah hengkang dan bukan Kane sebagai penggantinya, Man City musim ini merekrut Jack Grealish ke dalam tim, selain itu Ferran Torres dan Riyad Mahrez memulai musim dengan baik.


Kick-off cepat di hari Sabtu

Ini adalah yang pertama dari tiga pertandingan Sabtu pukul 12:30 (waktu setempat) yang dijadwalkan untuk Chelsea dalam waktu dekat ini.
 
Meskipun hasil The Blues di slot waktu ini sangat beragam, hanya satu laga kami bermain di slot jam ini dari lima laga di musim lalu setelah sebelumnya berlaga di pertengahan pekan – saat kami menang  4-0 dari Crystal Palace Oktober lalu.

Namun, pada Sabtu 7 Desember 2019, kekalahan mengejutkan 1-3 pada kick off siang di Everton  benar-benar terjadi setelah pertandingan Rabu, di ajang Premier League melawan Aston Villa. 

12.30pm Matches 2020/21
Crystal Palace homeW 4-0Sat 3 Oct 2020
Newcastle awayW 2-0Sat 21 Nov 2020
Southampton awayD 1-1Sat 20 Feb 2021
Leeds awayD 0-0Sat 13 Mar 2021
West BromL 2-5Sat 3 Apr 2021


Laga indikator calon juara?

Seberapa besar korelasi antara pemenang Chelsea-Manchester City di Bridge dan pemenang gelar di akhir musim nanti?

Sejak 2004/05 silam, kedua klub telah dinobatkan sebagai juara masing-masing lima kali, meskipun hanya dua kali masing-masing tim menang di Stamford Bridge sebelum meraih gelar: The Blues pada 2005/06 dan 2016/17, dan City pada 2017/18 dan musim lalu.

Dua pertandingan berakhir imbang selama periode itu masing-masing berkontribusi terhadap Chelsea memenangkan liga. Tidak lupa, tentu saja, bahwa kemenangan 2-1 tim London dalam pertandingan melawan City pada tahun 2020 silam, memberi jalan untuk Liverpool meraih mahkota juara setelah berpuasa cukup lama.

Eden Hazard was a scorer when Chelsea beat Man City in 2017


Dua pertandingan yang berakhir seri selama periode itu masing-masing berkontribusi terhadap kesuksesan Chelsea di Liga. Tidak lupa, tentu saja, bahwa kemenangan 2-1 tim London dalam pertandingan ini pada tahun 2020 memberi Liverpool mahkota juara.

 

Para pencetak gol 

Setelah lima pertandingan Liga Premier, Chelsea telah mencatat 10 pencetak gol berbeda, dan 12 di semua kompetisi. Jumlah tiga asis Mateo Kovacic sudah lebih baik daripada kontribusinya sepanjang musim lalu, dan Reece James mendekati lima asis yang dia buat pada 2020/21.

Goal involvement 2020/21
GoalsAssistsTotal
Reece James134
Mateo Kovacic134
Marcos Alonso112
Kai Havertz112
Timo Werner112
Cesar Azpilicueta022
Trevor Chalobah101
N’Golo Kante101
Christian Pulisic101
Toni Rudiger101
Thiago Silva101
Hakim Ziyech101
Mason Mount011


Urutan alfabet

Hingga saat ini Chelsea dan Liverpool memiliki poin sama satu sama lain di Premier League, dari minggu ke minggu. Akibatnya, persaingan biru dan merah saat ini tidak dapat dipisahkan pada setiap metrik, kecuali pada urutan abjad. Jelas ini masih awal musim tetapi dalam peristiwa yang sangat tidak mungkin bahwa dua tim menyelesaikan musim dengan poin yang sama, selisih gol dan gol yang dicetak, gelar tidak akan ditentukan oleh urutan abjad.

Sebaliknya, tim dengan rekor lebih baik dalam pertemuan head-to-head akan menang – meskipun hasil imbang 1-1 kami di Anfield memberikan sedikit dorongan bahwa ukuran akan terbukti menentukan. Pada akhirnya, pertandingan satu kali di tempat netral akan diatur untuk menentukan juara.

Old Lady edges past Little Eagles

Chelsea are in Turin to face Juventus for Wednesday's Champions League group stage outing. Max Allegri’s men, previously winless in Series A, came from behind to win 3-2 at Spezia in midweek.

Key men Federico Chiesa and Matthijs de Ligt were back from injury and straight on the scoresheet, though veteran defender Giorgio Chiellini has developed a fever. They host Sampdoria on Sunday morning.

Foodbank collection

On Saturday, Chelsea Supporters’ Trust will be glad of donations of non-perishable food and drink to donate to the Hammersmith and Fulham foodbank, whose work, sadly, is more vital than ever. Fans can leave their items at the collection point at the gates of Oswald Stoll Mansions, adjacent to Stamford Bridge, before the match.

Matchday memento

The matchday programme, packed with new features and information, can be bought online again this season
 


Matchweek 6 Premier League fixtures

Saturday
Chelsea v Man City 12.30pm (BT Sport)
Man Utd v Aston Villa 12.30pm
Everton v Norwich 3pm
Leeds v West Ham 3pm
Leicester v Burnley 3pm
Watford v Newcastle 3pm
Brentford v Liverpool 5.30pm (Sky Sports)

Sunday
Southampton v Wolves 2pm (Sky Sports)
Arsenal v Tottenham 4.30pm (Sky Sports)

Monday
Crystal Palace v Brighton 8pm (Sky Sports)

Premier League 2021/2022
1Manchester United4310113810
2Chelsea431091810
3Liverpool431091810
4Everton4310104610
5Manchester City4301111109
6Brighton43015329
7Tottenham Hotspur43013309
8West Ham United422010558
9Leicester City420246-26
10Brentford41213215

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA