Pratinjau Laga

Preview: Brentford vs Chelsea

Ini adalah perjalanan singkat menyusuri Great West Road untuk pertandingan kami akhir pekan. Sejarawan klub Rick Glanvill dan ahli statistik klub Paul Dutton memberikan pratinjaunya kali ini...

Kompetisi Premier League akhir ini kembali dengan menampilkan duel klasik tim London barat antara juara Eropa Chelsea dan tim promosi Brentford. Sebagai pertandingan di liga, laga  ini tak berlangsung selama 74 tahun, tetapi di semua kompetisi The Blues tidak terkalahkan dalam enam pertandingan melawan Bees (lima kemenangan, satu hasil imbang) sejak Februari 1939.

Dua laga terakhir, di Piala FA pada 2013 dan 2017, keduanya membuat The Blues unggul empat gol. The Bees, bagaimanapun, menahan pasukan Rafael Benitez untuk bermain imbang 2-2 di Griffin Park untuk memaksakan pertandingan replay pada pertandingan tahun 2013. Sabtu ini akan menjadi laga perdana Chelsea berlaga di stadion baru mereka.

Highlights of a big win over Brentford in 2017

Tim Thomas Tuchel menyelesaikan pekan sebelumnya sebagai pemimpin klasemen sementara. Ini adalah start terbaik ke-11 Chelsea untuk kampanye Premier League dan awal musim menjanjikan kami lainnya di bawah Maurizio Sarri pada 2018.

Tim tuan rumah sebelumnya menerima pujian karena start mereka pasca promosi, namun hingga saat ini satu-satunya kemenangan mereka di kandang datang pada laga pembuka melawan Arsenal yang sedang kurang stabil.

Pasukan Tuchel tidak terkalahkan di masing-masing dari sembilan pertandingan kandang dan tandang terakhir di semua kompetisi dalam slot siaran pukul 17.30 ini. The Blues dan The Bees masing-masing memiliki rekor 100% dalam tiga konfrontasi semua ibukota sejauh ini, jadi harus ada hasil menarik dalam derby London barat pertama antara kedua belah pihak di liga sejak 1947.

Chelsea mengincar kemenangan ketujuh berturut-turut di liga tandang derby London untuk pertama kalinya dalam sejarah kami.

photo of Statistik Kunci Statistik Kunci

Berita tim Chelsea

The Blues tidak terkalahkan dalam laga tandang di Premier League musim ini dan menang 11 kali dari 12 pertandingan terakhir. Chelsea adalah tim terbaik di liga dalam 45 menit pembuka, tetapi hanya urutan kelima setelah paruh waktu, dengan rekor mencetak delapan gol dan dua kebobolan. Chelsea adalah salah satu dari enam tim yang belum kebobolan di babak kedua saat main tandang, sementara The Bees telah kebobolan tiga kali pasca jeda babak pertama di kandang mereka sendiri.

Tim Thomas Tuchel punya tingkat konversi tembakan terbaik di papan atas musim ini sebesar 15,3%, serta perbedaan terbesar (+3,2) antara gol yang dicetak (15), dan goal expected (11,8). Di sisi lain, sementara itu, Edou Mendy mencatat perbedaan terbaik antara gol expected against (8,6) dan jumlah yang benar-benar kebobolan (3 gol), terbaik di kompetisi atas.

Edouard Mendy's best saves of the season so far! | Speed, agility and quick-thinking

Edouard Mendy has been incredible in between the sticks again this season, catch up on all his best saves so far here...

Dalam pertandingan terakhir, keberanian untuk menerobos garis pertahanan lawan melalui tengah telah membuat perbedaan. Pemain seperti Ruben Loftus-Cheek dan Ross Barkley dapat bermain lagi setelah penampilan apik mereka dua pekan lalu, mereka tahu pelatih punya rencana untuk mereka. Demikian pula, upaya Ben Chilwell setelah gol pertamanya yang penting musim ini menunjukkan persatuan dan dukungan dalam grup ini.

Pada hari Sabtu, the Blues tidak akan diperkuat Thiago Silva karena ia berlaga untuk timnas Brasil di Uruguay baru selesai pada pukul 03.30 Jumat waktu Inggris. Namun masih ada Toni Rudiger di bek tengah yang ada untuk mengatasinya. N'Golo Kante dan Reece James kemungkinan akan dipersiapkan untuk laga tengah pekan.

Romelu Lukaku kembali ke Cobham saat rekan setimnya berlaga di perebutan tempat ketiga UEFA Nations League pada hari Minggu karena 'kelelahan otot' tetapi tampaknya akan bermain pada hari Sabtu karena ia telah berlatih sejak itu. Terakhir kali Lukaku tak bermain adalah pada laga pembuka melawan Palace, dan Timo Werner bermain sebagai striker utama diapit oleh Christian Pulisic dan Mason Mount dan kami menang 3-0.

Romelu Lukaku ketika sesi latihan hari Kamis kemarin

Kepercayaan diri penyerang Jerman itu sedang tinggi setelah mencetak empat gol dalam lima pertandingan untuk klub dan negaranya. Kai Havertz, yang juga mencetak gol untuk Die Mannschaft selama pertandingan internasional, bermain bersama Lukaku dan mungkin kan menempati satu slot posisi lini depan, sementara Callum Hudson-Odoi yang membuat beberapa peluang bagus dari kiri melawan Southampton sebelum jeda dan salah satu nominasi Ballon d'Or Mason Mount sedang kembali ke performa terbaiknya.

Umpan silang Cesar Azpilicueta untuk gol penyeimbang dari Werner ke gawang Soton adalah sentuhan ke-13 tanpa gangguan Chelsea dalam sebuah langkah yang dimulai dengan lemparan dalam. Upaya Werner sebelumnya dari umpan silang cerdik Hudson-Odoi adalah golnya yang ke-16 yang dianulir, dan ketiga setelah intervensi VAR dari Stockley Park.

Timo Werner mencetak gol bagi negaranya hari Senin

Sejauh musim ini 12 pemain The Blues yang berbeda telah mencetak gol (13 di semua kompetisi), terbanyak kedua untuk klub Premier League setelah tujuh pertandingan pertama dalam satu musim. Pemain bertahan kami sudah memberikan asis atau mencetak gol total 14 dari 18 gol kami.

Goal involvement 2020/21 (all competitions)
 GolAsisTotal
Romelu Lukaku404
Reece James134
Mateo Kovacic134
Timo Werner213
César Azpilicueta033
Marcos Alonso112
Kai Havertz112
Trevoh Chalobah202
Ben Chilwell101
N’Golo Kante101
Christian Pulisic101
Toni Rudiger101
Thiago Silva101
Hakim Ziyech101
Ruben Loftus-Cheek011
Mason Mount011

Sengatan Si Lebah

Dengan 12 poin yang dikumpulkan dari kemungkinan 21, peringkat ketujuh Brentford telah mencatat start terbaik keempat oleh tim promosi dalam sejarah Premier League. Mereka sukses mengalahkan Arsenal dan West Ham. Namun raja derby Chelsea, sejauh ini tidak terkalahkan dalam bentrokan antar tim ibukota.

Premier League London table
  PWDLGDPoints per game
1Chelsea330083
2Brentford321032.33
3Crystal Palace412101.25
4Arsenal3102-21
5West Ham2011-10.5
6Tottenham3003-80

Rekor pertahanan Chelsea yang luar biasa akan menghadapi salah satu ujian terberatnya keunggulan fisik tim asuhan Thomas Frank ini kerap menempatkan para pemain di dalam kotak dan bermain dengan intensitas tinggi, dan sukses mencetak dua gol atau lebih di masing-masing dari tiga pertandingan liga terakhir mereka.

Thomas Frank jarang mengubah formasi personelnya, meskipun mereka dapat bermain secara berbeda sesuai dengan konteksnya, mampu menekan tinggi tim lawan, atau juga mampu menggunakan blok rendah.

Mereka termasuk tim yang paling banyak memainkan umpan pendek tetapi cukup beradaptasi melawan Arsenal dan Liverpool dengan memainkan bola panjang. Skuad The Bees memiliki tingkat penyelesaian umpan jauh terendah (46%) di kompetisi papan atas dan telah melakukan tembakan paling sedikit ketiga dari skema open play.

Salah satu direktur sepak bola mereka, Phil Giles, telah mengatakan Brentford akhir pekan ini 'perlu menyerang lebih cepat ... Anda harus langsung ke depan, bang dan memanfaatkan peluang.’

Penyerang Brentfor, Ivan Toney ketika melawan Liverpool awal musim ini

Setelah mereka mengejutkan The Gunners di pertandingan pembuka, Frank berkelakar tentang 'Brentford tim kecil, seperti lebah yang tidak dirancang untuk terbang,' tetapi timnya kuat di udara. Mereka telah mencetak 50% dari total 10 gol mereka dari set-play (termasuk penalti). Idenya adalah untuk mendaur ulang setiap bola yang disapu oleh lawan – lebih banyak gol datang dari aksi fase kedua daripada langsung dari aksi set-play.

Kedalaman skuad The Bees mungkin akan diuji pada Sabtu malam karena bek tengah Kristofer Ajer dan gelandang tengah Vitaly Janelt dan Shandon Baptiste akan diragukan untuk tampil kali ini.

Mencoba lapangan baru

Laga perdana Chelsea ke sarang baru The Bees menjadikan Brentford Community Stadium berkapasitas 17.250 orang sebagai stadion lawan ke-220 yang pernah kami kunjungi dalam sejarah kami. The Blues memiliki rekor bagus dalam kunjungan perdana ke stadion klub papan atas saat ini, menang enam kali dari tujuh laga sebelumnya dan hanya kebobolan dua kali.

First visits to current Premier League stadiums
2001Southampton, St Mary’s StadiumW 2-0
2004Leicester, Walkers StadiumW 4-0
2004Manchester City, City of Manchester StadiumW 1-0
2007Arsenal, Emirates StadiumD 1-1
2017West Ham, London StadiumW 2-1
2018Brighton, American Express Community StadiumW 4-0
2019Tottenham, Tottenham Hotspur StadiumW 2-0

Waspada

Chelsea akan menghadapi pendatang baru dari Championship selama dua pekan ke depan. Terakhir kali ketiga tim yang promosikan menghindari degradasi langsung adalah pada 2017/18, satu dari tiga kesempatan yang terjadi.

Sejak 1992/93, 44% klub yang promosi kembali lagi ke Championship setahun setelah mereka naik kasta. Meskipun kesuksesan The Bees ini tidak sesuai dengan statistik yang ada, karena 17 dari 28 tim yang sebelumnya dipromosikan melalui sistem play-off, hanya menjalani semusim saja kemudian kembali lagi terdegradasi.

Brentford mengalahkan Swansea di babak play-off untuk lolos promosi ke Premier League

Jalan ke barat

Brentford belum pernah memainkan derby London barat di ajang Premier League, dan ini adalah pertama mereka di papan atas sejak Chelsea pada 15 Maret 1947 – beberapa bulan sebelum mereka degradasi. Mereka kembali naik kasta setelah 74 tahun. Kekalahan terakhir The Blues dari salah satu tetangga terdekat terjadi saat menjamu QPR pada Januari 2013.

Premier League west London derbies
  GWDLGDPoints per game
1Chelsea6034206502.03
2QPR267514-171
3Wimbledon236611-101.04
4Fulham3441020-230.65

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA