Laporan Pertandingan

Laporan Pertandingan: Brentford 0 - Chelsea 1

Chelsea keluar sebagai pemenang dengan skor 1-0 pada kunjungan pertama kami ke Stadion Brentford Community berkat gol Ben Chilwell dan beberapa penyelamatan heroik dari Edouard Mendy.

The Blues mendominasi di sebagian besar babak pertama dan bahkan mencetak gol lainnya saat Romelu Lukaku mengonversi umpan silang rendah Timo Werner, hanya beberapa detik setelah pemain Brentford Bryan Mbeumo membuat peluang yang membentur tiang dari jarak dekat, tetapi hakim garis menaikkan benderanya untuk menganulir gol karena offside.

Kami akhirnya menerjemahkan dominasi kami dengan gol tepat sebelum jeda, dan pencetak golnya adalah Chilwell yang sukses menembakkan sepakan voli yang sangat baik ke sudut atas, ia menambah pundi-pundi golnya setelah juga membuat satu gol melawan Southampton dan juga yang dia dapatkan untuk Inggris selama jeda internasional.

Namun, setelah jeda Brentford merespon  ketika mereka mencari gol penyeimbang dan, meskipun Lukaku membuat peluang bagus tapi kubu The Bees lah yang memiliki peluang terbaik di babak kedua , terutama jelang laga berakhir.

Untungnya, trio bek Trevoh Chalobah, Andreas Christensen dan debutan Malang Sarr bermain solid menghadapi rentetan sepak pojok dan lemparan jauh ke dalam kotak, Chalobah sukses melakukan sapuan di garis gawang, dan kemudian peluang  Mbeumo membentur tiang lagi dan Mendy menghasilkan serangkaian penyelamatan apik yang menjadi sorotan di injury time saat ia menepis tendangan bycicle yang spektakuler dari lawan.

Pemilihan pemain

Thomas Tuchel dipaksa untuk membuat perubahan di lini belakang, dengan laga ini datang terlalu cepat untuk Thiago Silva setelah keterlambatan kembali dari tugas internasional dengan Brasil dan Antonio Rudiger yang absen karena cedera yang diderita saat bersama timnas Jerman saat jeda internasional.

Andreas Christensen kembali ke line up bersama Trevoh Chalobah, sementara Malang Sarr menjadi starter juga untuk memainkan pertandingan pertamanya di Premier League. Sebelumnya ia hanya saat bermain di Piala Liga Carabao musim ini melawan Aston Villa di Stamford Bridge. Di belakang trio bek itu, Edouard Mendy menjadi andalan di pos kiper.

Tuchel juga menggunakan skema gelandang tiga orang, N'golo Kante kembali bersama Mateo Kovacic dan Ruben Loftus-Cheek. Di sisi sayap, Kapten Cesar Azpilicueta dan Ben Chilwell juga mempertahankan tempat mereka dari kemenangan 3-1 atas Southampton. Sedangkan Timo Werner berduet dengan  Romelu Lukaku  di Stadion Brentford Community.

Brentford membuat satu perubahan pada awal XI yang menang 2-1 di West Ham United dalam pertandingan terakhir mereka dua minggu lalu, dengan Mathias Jensen menggantikan Shandon Baptiste di lini tengah.

Derby London Barat pertama antara Chelsea dan Brentford di liga sejak 1947, dan ini juga laga pertama kami di Stadion Brentford Community, dan  berlangsung dengan tempo yang cukup terukur, dengan kedua tim yang menurunkan skema dan sistem yang mirip untuk saling berhadapan mencari ruang. 

 

Mengambil alih kontrol

Kubu The Blues menikmati penguasaan bola sedari awal, dengan Loftus-Cheek sangat berpengaruh, seperti yang ia tunjukkan dengan satu pergerakan di tengah ketika dia melewati dua lawan sebelum memberikan umpan menyamping pada Werner, tetapi striker Jerman kehabisan ruang ketika dia mencoba membiarkan bola bergulir ke kaki kanannya untuk ditembak.

Kami mulai membangun momentum, dengan Lukaku dan Werner mulai menemukan ruang, dan sempat ada jeda yang panjang dalam laga ini karena pemain Brentford, Frank Onyeka memerlukan perawatan setelah bentrokan kepala dengan Loftus-Cheek , di mana Chelsea diberi tendangan bebas saat itu.

Tim tuan rumah mulai merespon permainan saat babak pertama memasuki pertengahan, terutama setelah Kovacic menerima kartu kuning saat menghentikan Mbeumo di sebelah kanan, dan mereka memperoleh banyak peluang dari serangkaian set-piece saat itu.

Permainan menjadi memanas karena kedua tim hampir sama-sama cetak gol. Pertama salah satu set-pieces Brentford memacu peluang lain di sekitar area penalti Chelsea, bola datang ke arah Mbeumo tetapi sepakan striker itu hanya bisa membentur tiang dari jarak dekat. 

Bola liar kemudian diambil oleh Kovacic, yang melancarkan serangan balik cepat dengan mengumpankannya ke Werner di sebelah kiri. Pemain Jerman itu berlari ke arah Rico Henry dan melewatinya, menciptakan ruang untuk mengarahkan umpan silang rendah menuju kotak penalti. Lukaku menunggu dan dengan tenang menjebol gawang kiper David Raya, tetapi bendera hakim garis dinaikkan dan tayangan ulang menegaskan bahwa Lukaku berada dalam posisi offside.

Namun, momen itu tampaknya mendorong The Blues untuk membuat gol pembuka, dan untuk sesaat sepertinya Kovacic yang akan mencetak gol, karena tendangan bebasnya dari posisi tengah melengkung melewati pagar betis dan jatuh ke atap jaring tepat di belakang mistar gawang.

 

Serangan satu arah

Kami mulai meningkatkan tempo pada 10 menit terakhir babak pertama, membuat Werner nyaris mencetak gol di akhir laga babak pertama. Ini dimulai dengan aksi umpan satu-dua yang cerdik antara Azpilicueta dan Chalobah di garis tengah. Dan Chalobah mengoper dengan bola tinggi ke arah Chilwell, dan ketika bek sayap mengopernya ke Lukaku, pemain Belgia kami melepaskan bola untuk Werner tapi peluang striker Jerman itu melebar dari sudut atas.

Brentford nyaris tidak keluar dari area mereka sendiri dalam 10 menit terakhir sebelum turun minum dan kami terus memberikan tekanan sebelum akhirnya menemukan gol pembuka tepat menjelang turun minum. Setelah penguasaan yang lama di sekitar kotak Brentford, Azpilicueta melepaskan umpan silang ke tengah. Tendangan voli Lukaku bisa diblok, namun saat bola melambung jauh dari gawang, Chilwell menunjukkan teknik apik  dengan melepaskan tendangan setengah voli. Itu adalah gol kedua berturut-turut yang dicetak bek sayap untuk Chelsea, dan gol ketiganya dalam pertandingan untuk klub dan negara.

Kami tidak terlihat puas dengan selisih tipis itu, dan keluar untuk babak kedua untuk melakukan penguasaan bola dan kontrol yang sama seperti di akhir babak pertama. Kovacic melakukan sepakan lain dari jarak jauh, tetapi ia tidak bisa mengontrolnya, dan Lukaku serta Werner nyaris mencetak gol juga dari kombinasi kerja sama mereka.

 

Pergeseran momentum

Namun, tak lama kemudian, Brentford mulai menekan untuk mencari gol penyeimbang. Sekarang giliran kami untuk menghabiskan waktu di area setengah lapangan kami sendiri dan berusaha meloloskan diri dengan serangan balik cepat.

Ivan Toney terlihat sebagai ancaman terbesar The Bees dan duel antara Ivan dan Chalobah membuat kedua pendukung tegang, dan dalam satu momen yang sangat berbahaya, para pemain bertahan The Blues bersyukur karena Toney mencoba melakukan hanya melakukan backheel ketimbang melakukan sepakan seperti biasa saat mendapat peluang emas.

Tuchel jelas membutuhkan beberapa pemain segar di tengah untuk mencoba mendapatkan kembali kendali. Ia mengirim Mason Mount untuk Kovacic dan pemain timnas Inggris membuat skema berganti menjadi 3-4-3 .

 

Pergantian itu hampir memiliki dampak instan ketika Mount bekerja sama dengan baik dengan Kante untuk mengumpan bola ke dalam kotak, tetapi tembakan Werner diblok dan Lukaku kemudian melepaskan rebound yang melayang di atas mistar. Di sisi lain, Mendy harus melakukan penyelamatan untuk menggagalkan upaya Toney, dan kami harus berterima kasih kepada mistar karena menahan peluang Brentford lagi karena untuk kedua kalinya dalam laga ini. Mbeumo menyia-nyiakan peluang saat serangan balik dengan melepaskan tembakan ke arah tiang dari jarak dekat setelah dan hanya memantul saat itu.

Ada beberapa momen yang membuat kami gugup saat kami berupaya mempertahankan keunggulan tipis kami di tahap akhir laga juga, khususnya ketika pemain pengganti Brentford Marcus Forss dan kapten Pontus Jansson membuat peluang emas, tetapi Mendy melakukannya dengan baik untuk meredam tembakan mereka sebelum Chalobah juga melakukan sapuan penting di garis gawang kami sendiri.

Bagian terakhir dari drama datang terlambat di waktu tambahan di akhir, ketika Christian Norgaard dari Brentford mencoba tendangan salto yang mengarah apik ke gawang kami tapi Mendy sukses menepis dengan ujung jarinya. Itu terbukti menjadi peluang terakhir Brentford dalam pertandingan saat kami mengamankan ketiga poin. Kami harus berterima kasih kepada Mendy dan tiang gawang karena menjaga keunggulan kami tetap utuh.

Apa berikutnya?

Kami kembali ke Stamford Bridge pada Rabu malam untuk menjamu klub Swedia Malmo di Liga Champions, dengan kick-off pukul 8 malam, sebelum Norwich City menjadi tamu di di Stamford Bridge pada ajang Premier League pukul 12:30 Sabtu depan.

Chelsea (3-5-2): Mendy; Chalobah, Christensen, Sarr; Azpilicueta (c) (James 89), Kante, Loftus-Cheek, Kovacic (Mount 65), Chilwell; Werner, Lukaku (Havertz 77)
Unused subs: Kepa, Alonso, Barkley, Jorginho, Saul, Hudson-Odoi
Scorer: Chilwell 45
Booked: Kovacic 18

Brentford (3-5-2): Raya; Zanka, Pinnock, Jansson (c); Canos (Ghoddos 72), Jensen, Norgaard, Onyeka (Forss 67), Henry; Mbeumo, Toney
Unused subs: Fernandez, Thompson, Goode, Ajer, Bidstrup, Roerslev, Maghoma
Booked: Canos 32

Referee: Anthony Taylor

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA