Pratinjau Laga

Preview Pra-Pertandingan: Chelsea vs Malmo

Ini adalah matchday ketiga untuk sang juara bertahan dan itu berarti ini menjadi awal dari laga back-to-back bagi kami melawan Malmo di fase grup. Sejarawan klub Rick Glanvill dan ahli statistik klub Paul Dutton bersiap untuk melawan wakil dari Skandinavia…

Tim asal Inggris dan Swedia bertemu di Liga Champions untuk pertama kalinya sejak Arsenal menghadapi AIK pada 1999. Namun, Chelsea dan Malmo sempat bersua di babak 32 besar Liga Europa 2018/19. The Blues menang kandang dan tandang (3-0 dan 2-1) melawan tim Uwe Rosler dan kemudian menghancurkan The Gunners 4-1 di final.

Malmo terhubung ke Kopenhagen melalui jalan raya dan koneksi kereta api melintasi selat Oresund jadi, ini adalah seperti 'The Bridge' di Stamford Bridge malam ini.

Highlights from our Europa League home match against Malmo back in 2019

The Blues tidak terkalahkan di Eropa melawan tim Swedia, menang tiga kali dan imbang tiga kali, meskipun Atvidaberg lolos dengan gol tandang menyusul hasil imbang 1-1 pad ajang Piala Winners di Stamford Bridge pada 1971/72.

Malmo masuk ke laga ini setelah kalah 11 kali dari 12 laga terakhir mereka di kompetisi ini, dan  lima pertandingan terakhir mereka berakhir tanpa gol, 24 kebobolan.

Sang juara Eropa akan bertekad untuk bangkit kembali setelah penampilan yang lesu di Juventus sebelumnya. Di tempat lain di Grup H malam ini, Nyonya Tua akan dijamu oleh Zenit.

 

Sejak Oktober 2003, Chelsea hanya kalah dua kali dari 48 pertandingan kandang penyisihan grup Liga Champions, menang 33 kali.

photo of Statistik Kunci Statistik Kunci


Berita tim Chelsea

Thiago Silva, Toni Rudiger dan Hakim Ziyech semuanya dinyatakan fit untuk pertandingan penting malam nanti. Pertandingan kedua dalam rangkaian tujuh pertandingan di mana Chelsea berpeluang menang, Thomas Tuchel mengatakan ini adalah tantangan bagi timnya untuk membuktikan status favorit di setiap kesempatan.

Kemenangan dalam dua pertandingan berturut-turut melawan Malmo akan membuat the Blues secara realistis membutuhkan satu kemenangan lagi untuk tetap bertahan di kompetisi ini setelah Natal nanti.

Laga ini juga akan berguna jika gol bisa tercipta lebih banyak: mengalahkan The Bees hanya dengan skor 1-0  adalah hasil ketujuh kami saat hanya cetak satu gol atau lebih sedikit musim ini. Romelu Lukaku telah mencetak gol dengan empat dari tujuh tembakan tepat sasarannya sejak kembali ke Stamford Bridge tetapi golnya belum muncul secara teratur seperti yang dia inginkan.

Seperti pada pertandingan pasca jeda internasional sebelumnya, Tuchel mengambil risiko untuk menurunkan seleksi pemain yang berbeda di Brentford, dengan memilih Malang Sarr sebagai bek tengah kiri untuk debut derby di liga. Meskipun Toni Rudiger sudah fit lagi untuk malam ini, Sarr mungkin lebih meyakinkan untuk pelatih Jerman kami untuk laga malam nanti.

Every Touch | The best of Malang Sarr's Premier League debut at Brentford

A stand-out performance on his Premier League debut, re-watch the very best of Malang Sarr's excellent match against Brentford.

Penanganan Tuchel yang cerdik terhadap pemain lainnya juga membuahkan hasil. Bek sayap kiri Ben Chilwell, yang secara bertahap diturunkan kembali ke tim utama, membalas kesempatan itu dengan gol ketiganya dalam tiga pertandingan di level papan atas.

Demikian pula Ruben 'Rubinho' Loftus-Cheek yang sukses berperan sebagai playmaker, menggunakan kekuatan dan kecerdasannya untuk menyaring bola atau menggiring bola di lini tengah The Bees.

N'Golo Kante dan Mateo Kovacic diberi peran melebar yang lebih maju dalam derby London barat, mereka lebih condong ke lini serang tetapi juga mengontrol area sayap dengan bertahan. Sejauh ini, Kova menjadi yang teratas di kompetisi ini dalam hal sentuhan bola, dan mengoper ke sepertiga akhir dan kotak penalti.

Mateo Kovacic - in good Champions League form

Kante bisa membuat penampilan Liga Champions pertamanya sejak final di Porto malam ini, dan Jorginho, yang diistirahatkan pada akhir pekan, akan bersemangat untuk mendapatkan menit bermain. Mason Mount dan Reece James mungkin kembali, dengan Christian Pulisic satu-satunya yang akan absen nanti malam.

Tuchel menilai hasil 1-0 pada hari Sabtu adalah 'mungkin bukan clean sheet yang terbersih yang pernah kami jalani.' dengan tiang gawang dan Trevoh Chalobah membantu untuk menghalau peluang lawan membantu penampilan Edou Mendy yang selalu mengesankan. Kiper utama kami telah menyelamatkan 90,9% dari semua tembakan tepat sasaran yang dihadapi di semua kompetisi. Kiper Senegal itu juga sukses mengintersep 50% umpan silang yang dia hadapi di Eropa musim ini.

 

Liga Champions 2021/2022
1Juventus22004046
2Chelsea21011103
3Zenit St Petersburg21014133
4Malmö FF200207-70

Misi Malmo

Pelatih kepala Jon Dahl Tomasson menggambarkan Malmo sebagai underdog dengan 'semangat tim spesial. Runner-up Piala Eropa 1979 tiba di Stamford Bridge tanpa gol dan tanpa poin setelah dua pertandingan Grup H tetapi percaya 'segalanya mungkin bisa terjadi di sepakbola'.

Juara Allsvenskan ini kebobolan gol terbanyak kedua di kompetisi musim ini. Di babak penyisihan grup 2015/16 mereka kalah lima dari enam pertandingan tanpa mencetak gol, termasuk kekalahan 8-0 di Real Madrid, tetapi mengalahkan Shakhtar dengan skor 1-0.

Beberapa pekan terakhir ini memungkinkan Malmo untuk mengistirahatkan pemain yang sering dimainkan, dan mencetak banyak gol di kompetisi piala dan liga domestik. Striker Veljko Birmancevic dan Malik Abubakari mencetak gol lima kali seminggu yang lalu dalam kemenangan piala domestik mereka melawan tim tingkat empat Onsala, dan menang tandang 3-0 pada hari Sabtu melawan tim yang terdampar di dasar klasemen, Ostersund

Malmo's Veljko Birmancevic in their meeting with Zenit

Beberapa pemain tetap absen malam ini, dan bek tengah reguler Anel Ahmedhodzic diskors menyusul kartu merahnya saat Malmo kalah 4-0 di St Petersburg. Dengan lebih sedikit bek tengah yang tersedia daripada yang ideal, Tomasson mungkin beralih ke formasi 4-5-1 tetapi kerap juga menggunakan 5-3-2 hingga sekarang saat berlaga di kompetisi Eropa.

Perubahan itu memungkinkan pemain sayap Serbia Birmancevik untuk bermain dan melakukan rotasi dengan penyerang tengah Toni Colak, yang mencetak lima gol dalam kampanye kualifikasi Malmo, mulai awal Juli. Salah satu dari dua gol Colak di Ibrox melawan Rangers datang dari lemparan ke dalam.

Di lini belakang, Sky Blues tampil baik, dan sukses meredam Zenit untuk melakukan serangan akhirnya pengusiran pemain mereka membuka keran gol lawan. Sebuah blunder terhadap Mjallby oleh kiper Johan Dahlin, sekarang 35, merugikan poin Malmo di ajang liga.

 

Kami punya sejarah

Pertandingan di Stamford Bridge terakhir kali kami melawan Malmo berakhir 3-0 untuk tuan rumah dengan gol babak kedua dari Olivier Giroud, Ross Barkley dan Callum Hudson-Odoi. Rasmus Bengtsson mendapat kartu kuning kedua untuk tim tamu saat kedudukan masih 1-0.
 
Kiper mereka Dahlin, bek sayap Soren Rieks dan Eric Larsson, bek tengah Anel Ahmedhodzic dan Lasse Nielsen, serta gelandang Anders Christiansen, Oscar Lewicki, dan Romain Gall semuanya masuk dalam skuad malam itu.
 
Pelatih kepala Tomasson pertama kali bermain di Stamford Bridge untuk Newcastle asuhan Kenny Dalglish pada September 1997. Dia adalah duet dari penyerang Ian Rush dan sempat melewatkan peluang emas yang bisa memecah kebuntuan. Hal tersebut memungkinkan pemain yang baru direkrut The Blues, Gus Poyet, mencetak skor 1- 0 menang dengan gol sundulan. Tomasson kembali bersama Feyenoord pada November 1999, kali ini kemenangan 3-1 di Liga Champions untuk The Blues.

John Dahl Tomasson halted by Celestine Babayaro back in 99/00

Saat gol tandang masih berlaku

Lima puluh tahun yang lalu Chelsea bermain imbang 0-0 dengan Atvidaberg di stadion kecil mereka di lembah yang dipenuhi pepohonan. Meskipun manajer Dave Sexton menyebut bahwa 'penyelesaian akhir kami sangat mengecewakan', kami memenangkan leg kedua babak kedua diharapkan menjadi formalitas. Kemudian, seperti sekarang, Chelsea mempertahankan mahkota Eropa.

Namun, dua minggu kemudian pemain Swedia menyamakan kedudukan menjadi gol pembuka Alan Hudson di Stamford Bridge. Lima menit sebelumnya, tendangan John Hollins membentur tiang gawang dari tendangan penalti yang diharapkan bisa membuat skor menjadi 2-0, dan yang paling dekat dengan kemenangan the Blues adalah sundulan John Dempsey yang membentur mistar.

John Hollins, thwarted against Swedish opposition in 1971

Aturan 'gol tandang' (yang dihapus musim ini) telah berlaku sejak 1965 dan tim London, penakluk Jeunesse Hautcharage 21-0 di babak sebelumnya, menjadi korbannya untuk pertama kalinya dengan hasil imbang 1-1. 

Catatan untuk Thomas Tuchel?

Jika Thomas Tuchel mengarahkan timnya mendapatkan clean sheet lagi malam ini, pertandingan Liga Champions ke-10 bersama klub, maka Chelsea akan menyamai rekor gol paling sedikit kebobolan di bawah pelatih baru dalam kompetisi ini yang sebelumnya dicapai oleh Milan era Fabio Capello di awal 1990-an dan disamai oleh Jose Mourinho di Real Madrid pada 2011. Dalam sembilan pertandingan sejauh ini di bawah asuhan Tuchel, the Blues telah mencatatkan enam clean sheet.

Champions League results and fixtures

Tuesday

Group A
Club Brugge 1 Man City 5
Paris Saint Germain 3 RB Leipzig 2

Group B
Porto 1 AC Milan 3
Atletico Madrid 2 Liverpool 3
Group C
Ajax 4 Dortmund 0
Besiktas 1 Sporting Lisbon 4

Group D
Shakhtar Donetsk 0 Real Madrid 5
Inter Milan 3 Sheriff 1

Wednesday

Group E
Barcelona v Dynamo Kiev 5.45pm
Benfica v Bayern Munich 8pm

Group F
Man Utd v Atalanta 8pm
Young Boys v Villarreal 8pm

Group G
RB Salzburg v Wolfsburg 5.45pm
Lille v Sevilla 8pm

Group H
Chelsea v Malmo 8pm
Zenit St Petersburg v Juventus 8pm
 

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA