Pratinjau Laga

Preview: Chelsea vs Norwich

Dengan musim liga mendekati akhir kuartal pertama, sejarawan klub Rick Glanvill dan ahli statistik klub Paul Dutton menantikan kedatangan The Canaries ke Bridge akhir pekan ini…

Akhir pekan ini Chelsea menghadapi Norwich, lawan kedua kami yang baru saja promosi di liga secara berturut-turut. The Blues selalu unggul saat menghadapi tim di posisi terbawah klasemen itu lebih sering daripada rival mana pun selama era Premier League, dengan 42 kemenangan, tetapi jadwal tidak menguntungkan kam saat ini.

Stamford Bridge akan menggelar pertandingan pertama dari tiga pertandingan awal untuk kami selama beberapa minggu mendatang, dengan Leicester pada 20 November dan West Ham pada 4 Desember mendatang, keduanya tandang.

Dua dari pertandingan itu akan datang setelah aksi tengah pekan di Rabu malam dan hanya punya waktu pemulihan yang  sedikit dan langsung masuk jeda internasional berikutnya. Kita semua mendengar apa yang dikatakan Jurgen Klopp tentang situasi yang sama pekan lalu. The Blues kalah sekali pada jam kick-off kami pukul 12.30 musim ini di kandang dari Manchester City, yang pertandingan tengah pekannya dilakukan sehari sebelumnya.

Chelsea saat ini tidak terkalahkan dalam 17 pertandingan di semua kompetisi melawan Norwich. Sebuah kemenangan bagi juara Eropa akan membuka peluang untuk unggul empat poin dengan hampir seperempat musim selesai. Man City berada di Brighton pada Sabtu malam, sementara Manchester United menjamu Liverpool pada Minggu sore.

Chelsea telah memenangkan 48 dari 60 pertandingan kandang terakhir kami di Premier League melawan tim yang baru promosi, hanya kalah dua kali.

photo of Statistik Kunci Statistik Kunci

Berita Tim Chelsea

Kemenangan penting Grup H hari Rabu datang dengan kondisi kebugaran yang mengganggu kami. Opsi lini serang Chelsea tampaknya akan berkurang untuk sementara waktu karena cedera pergelangan kaki Romelu Lukaku dan cedera hamstring Timo Werner, salah satu atau keduanya selalu menjadi starter di setiap pertandingan musim ini.

Thomas Tuchel sebelumnya mencoba keduanya sebagai duet striker, tetapi pada Rabu malam Mason Mount bergabung di sebelah kanan untuk membentuk skema tiga penyerang. Pemain Inggris itu tetap di posisi penyerang kanan setelah Kai Havertz dan Callum Hudson-Odoi menggantikan yang cedera, dan trio yang sama bisa bisa saja menjadi starter melawan Norwich nanti.

Chelsea put four past Malmo in dominant Champions League display! | Unseen Extra

Chelsea were dominant in the Champions League against Malmo, notching four goals and keeping yet another clean sheet! See how it unfolded here...

Chemistry mereka juga terlihat bagus di laga tengah pekan lalu. Havertz dengan tenang melakukan penyelesaian akhir hasil upaya Hudson-Odoi. Itu adalah gol ke-11 pemain berusia 22 tahun dengan seragam biru dan gol keenam di bawah asuhan Thomas Tuchel – terbanyak bersama dengan Mason Mount, yang belum mencetak gol musim ini.

'Semua pemain akan bersaing untuk menjadi starter dan penentu bagi tim kami,' kata Tuchel setelah laga lalu. Tercatat 15 pemain berbeda kini telah mencetak gol musim ini dan rasio kami di angka 23,2%  dari tembakan untuk menjadi gol adalah yang terbaik di kompetisi teratas kali ini.

Itu adalah malam yang baik untuk pemain bertahan kami saat membantu serangan. Andreas Christensen membuka rekeningnya di Chelsea dengan tendangan voli jarak dekat, yang merupakan hasil asis dari Thiago Silva, dan kemudian Toni Rudiger sukses memenangkan tendangan penalti kedua. Meskipun Cesar Azpilicueta sekarang menjadi satu-satunya pemain belakang reguler yang belum mencetak gol, tidak ada yang menyumbangkan lebih banyak assist di semua kompetisi daripada sang kapten.

Azpi raja asis

Pertandingan tersebut menghasilkan clean sheet ke-31 dalam 55 penampilan Edou Mendy, yang berarti dia dan pertahanannya telah membuat lawan tidak mencetak gol dalam 56% laga (persentase Petr Cech adalah 46%). Di liga, kiper asal Senegal ini memiliki tingkat penyelamatan yang menakjubkan sebesar 96,2%.

Kebobolan hanya tiga gol dalam delapan pertandingan (dua diantaranya lewat penalti) sedari awal liga musim ini hanya pernah rekornya dilewati sebanyak tujuh kali, termasuk dua kali oleh The Blues pada 2004/05 (kebobolan satu gol) dan 2010/11 (dua gol) .

Pelatih asal Jerman kami tersebut telah mendesak pasukannya untuk mempertahankan rasa lapar dan intensitas mereka di laga kali ini meskipun menjalani jadwal yang padat.

Pemain seperti Ruben Loftus-Cheek, Trevoh Chalobah dan Hakim Ziyech absen pada latihan tengah pekan dan mungkin kembali akhir pekan ini dan tampaknya Tuchel akan lebih mungkin memasang skema 3-4-3 ketimbang 3-5-2 dengan tambahan gelandang tengah yang terkadang dia pasang di skema tersebut.

The Blues menghadapi start tersulit dari tim manapun di delapan besar tabel. Penghitungan poin rata-rata per pertandingan dari delapan lawan kami adalah 1,31, dibandingkan dengan 1,28 untuk Manchester City, 1,03 untuk Liverpool, dan 0,94 untuk Manchester United.

Premier League 2021/2022
1Chelsea75111531216
2Liverpool74301761115
3Manchester City74211431114
4Manchester United7421146814
5Everton7421138514
6Brighton742185314
7Brentford7331106412
8Tottenham Hotspur7403610-412

Norwich yang berusaha menang

Pada akhir pekan lalu, Norwich mengamankan poin kedua mereka musim ini dengan clean sheet berturut-turut di bawah asuhan Daniel Farke. Mereka belum pernah mendapatkan tiga clean sheet berturut-turut di level Premier League ini sejak 2012 saat diasuh Chris Hughton, dan telah kebobolan 16 kali dalam enam pertandingan sebelumnya.

Bagian dari rencana Norwich untuk membendung Chelsea adalah beralih ke formasi 3-5-2, dengan penempatan lini belakang yang lebih rendah. Umpan-umpan dari gelandang tengah Mathias Normann dan pergerakan lar bek sayap Dimitris Giannoulis dan Max Aarons menjadi elemen kunci dalam pendekatan serangan balik yang lebih konservatif.

Bek Yunani Dimitris Giannoulis menghadapi Man City di awal musim

Gelandang Blues Billy Gilmour dan sesama pemain pinjaman Brandon Williams dari Manchester United tidak tampil bulan ini, meski begitu  Daniel Farke berkomentar, 'Billy adalah pemain yang fantastis dan kami semua senang kami memilikinya.'

Meskipun absennya Normann karena kram menunjukkan bahwa dia masih beradaptasi dengan intensitas kompetisi papan atas di Inggris, bek sayap kiri Giannoulis dan gelandang box-to-box Pierre Lees-Malou tampak lebih solid dalam sistem baru kali ini.

Kiper veteran Tim Krul juga mengalami tak banyak peluang yang datang  ke gawangnya, tetapi masalah tetap ada di lini depan. Duet striker Teemu Pukki dan Josh Sargent masih sering buang-buang peluang saat punya kesempatan untuk mengubah hasil imbang tanpa gol dengan Brighton menjadi tiga poin penting. 

Farke baru-baru ini menurunkan starternya dalam dua pertandingan berturut-turut dan akan kembali tak diperkuat oleh gelandang serang Todd Cantwell dan bek tengah Christoph Zimmermann.

Daya Tahan

Norwich memulai laga di zona degradasi untuk laga di kompetisi papan atas yang ke-38 kalinya berturut-turut (tidak termasuk urutan abjad pada laga pembuka). Dalam sejarah Premier League, hanya 12 klub, termasuk Canaries musim ini, yang mengumpulkan dua poin atau kurang pada tahap musim ini. Lima dari 11 sebelumnya sukses menghindari jurang degradasi, meskipun tidak satu pun dari lima tim tersebut yang merupakan tim baru promosi saat itu.

Ini adalah musim keenam tim Norfolk di papan atas sejak 1992/93, dan tak pernah sama sekali bertahan hingga musim ketiga berturut-turut. Klub promosi yang bertahan paling lama dari era tersebut sebenarnya adalah Manchester City, yang promosi pada tahun 2002 dan selalu di papan atas sejak saat itu

Norwich yang terikat degradasi kalah 1-0 ketika mereka terakhir bermain di Bridge, pada 2020

Upaya terbaik Fulham untuk bertahan di papan atas berlangsung 13 musim, Blackburn dan Bolton 11 musim, Stoke dan Sunderland 10 musim. 

Keuntungan Skema Tiga Bek

Di Brentford Sabtu lalu Chelsea menjadi klub London pertama yang memenangkan tujuh derby tandang berturut-turut. Kami melakukannya dengan tiga bek tengah muda: Andreas Christensen 25 tahun, dan Trevoh Chalobah 22 tahun dan keduanya dari Akademi kami, sementara debutan muda Malang Sarr juga baru 22 tahun, yang direkrut sebagai pemain bebas transfer musim lalu.

Every Touch | The best of Malang Sarr's Premier League debut at Brentford

A stand-out performance on his Premier League debut, re-watch the very best of Malang Sarr's excellent match against Brentford.

Kami Punya Sejarah

Chelsea hanya mencatat dua kemenangan melawan Norwich City dalam 11 pertandingan liga di Stamford Bridge antara Desember 1977 dan Oktober 1993, skuad berjuluk The Canaries itu sukses meraup semua poin dalam empat kesempatan berkat aksi dari pemain seperti Robert Fleck, Mark Robins dan, pada tahun 1985 ... Steve Bruce. Sejak itu East Anglians telah dikalahkan oleh kami enam kali dalam tujuh kunjungan liga mereka ke Londondan sisanya pertandingan lainnya berakhir imbang.

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA