Laporan Pertandingan

Laporan pertandingan: Chelsea 7 - Norwich City 0

Chelsea mengalahkan Norwich City di Stamford Bridge untuk meraih kemenangan 7-0 di ajang Premier League saat Mason Mount mencetak hat-trick pertamanya untuk Chelsea.

Performa tanpa ampun dari the Blues membuat lawan-lawan kami tercengang, karena kami hanya membutuhkan waktu tujuh menit untuk memimpin melalui Mount, saat ia melepaskan tembakan ke sudut bawah dari luar kotak penalti.

Tak lama, gol terus mengalir dan diikuti oleh penyelesaian tenang dari Callum Hudson-Odoi satu lawan satu dengan kiper Tim Krul setelah umpan terobosan yang brilian dari Mateo Kovacic, yang cetak tiga assist kali ini, dan kemudian Reece James melakukan lob melewati Krul membuat skor menjadi 3-0 sebelum turun minum.

Ben Chilwell melanjutkan performa briliannya dengan mencetak gol untuk penampilan keempat berturut-turut di ajang Premier League, dan kombinasi defleksi Max Aarons dan kesalahan Krul menambah gol bunuh diri untuk kami.

Bek Norwich Ben Gibson kemudian diusir keluar lapangan karena mendapat kartu kuning keduanya hari itu, dan masih ada waktu bagi Mount untuk mendapatkan dua gol lagi, yang pertama dari tendangan penalti yang diulang setelah Krul menyelamatkan upaya pertamanya tetapi ia tak berada di garis. Mount memastikan dia akan membawa pulang bola hattrick di masa injury time ketika dia memanfaatkan umpan Ruben Loftus-Cheek.

Sebelumnya Mount sama sekali belum mencetak gol musim ini dan tidak pernah mencetak lebih dari satu gol dalam satu pertandingan untuk The Blues, namun akhirnya Mount membuat hat-trick pertamanya untuk Chelsea di laga kali ini.

Seleksi tim

Thomas Tuchel membuat lima perubahan lapangan untuk timnya untuk menghadapi Norwich City, dengan Jorginho mengambil ban kapten sebagai jenderal ini tengah.

Edouard Mendy melanjutkan di posisi kiper tetapi ada satu perubahan pada tiga bek yang bermain di depannya melawan Malmo pada pertengahan pekan, dengan Trevoh Chalobah, yang memulai pertandingan terakhir kami di Liga melawan Brentford, kembali ke tim menggantikan Andreas Christensen. Thiago Silva dan Antonio Rudiger juga menjadi starter.

Di lini tengah, Mateo Kovacic menggantikan N'Golo Kante untuk berduet dengan snag kapten  Jorginho, dan Cesar Azpilicueta digantikan oleh  Reece James di bek sayap kanan. Ben Chilwell mempertahankan tempatnya di bek sayap kiri.

Dengan Romelu Lukaku dan Timo Werner mengalami cedera saat melawan Malmo, ada trio lini depan baru untuk The Blues, dengan Kai Havertz, Callum Hudson-Odoi, dan Mason Mount yang tampil luar biasa kali ini.

Norwich tidak mengubah dari starting XI yang bermain imbang 0-0 dengan Brighton di kandang dalam pertandingan Premier Leaguesebelumnya pekan lalu. Billy Gilmour tidak memenuhi syarat untuk bermain untuk Canaries karena ia adalah pemain pinjaman dari Chelsea.

Pertandingan dimulai dengan penghormatan Chelsea kepada Matthew Harding sehari setelah 25 tahun wafatnya dalam sebuah kecelakaan helikopter ketika pulang menyaksikan The Blues dari pertandingan tandang di Bolton Wanderers.

Sebelum kick-off, semua yang berada di Stamford Bridge berdiri selama satu menit untuk mengenang seorang suporter yang telah memberi kontribusi investasi berupa pengembangan stadion kita serta pertumbuhan tim selama 1990-an. Nyanyian "There's only one Matthew Harding" terdengar dari tribun stadion yang mengusung namanya.

The day began with Chelsea paying tribute to Matthew Harding a day after the 25th anniversary of his death in a helicopter crash, as he returned from watching the Blues play away at Bolton Wanderers.

Tidak membuang waktu

Itu adalah awal yang cerah oleh The Blues, karena umpan blunder  dari tim tamu di area pertahanan kami memungkinkan kami untuk melakukan serangan balik lewat Hudson-Odoi. Meski akhirnya gagal, tetapi pada saat itu kami telah memantapkan diri di lapangan dan tidak menunjukkan tanda-tanda mengendurkan serangan di awal laga.

Peluang terbaik dari penguasaan bola kami datang ketika bola Jorginho yang cerdik mengumpan Hudson-Odoi dan Havertz di dalam kotak dan kemudian Rudiger memaksa penyelamatan dari Tim Krul dengan upaya dari jarak jauh.

Namun, kami tidak perlu menunggu lama untuk unggul, karena kami mencetak gol pertama dalam 10 menit. Gol berawal dari tembakan terarah Hudson-Odoi, tetapi kali ini umpan silangnya disundul oleh para pemain bertahan Norwich.

Namun, bola liar hasil sapuan bek lawan itu mendarat ke arah Kovacic di luar kotak penalti, dan ketika dia mengumpan untuk Mount, hanya ada satu pikiran di benak nomor 19 kami. Mount mengambil satu sentuhan untuk memantapkan dirinya dan kemudian melakukan tembakan dengan sempurna ke sudut kiri bawah. Itu adalah gol pertama pemain berusia 22 tahun itu musim ini.

Norwich mencoba menemukan jalan agar bisa menyamakan kedudukan, tetapi tidak berhasil, dan tak lama kemudian pemain Chelsea lainnya membuka rekening gol untuk musim ini. Itu dimulai dengan upaya serangan dari tim tamu, tetapi Thiago Silva waspada untuk menghadang bola terobosan ke Teemu Pukki dan mengumpannya kembali ke Rudiger di sebelah kiri.

Sang bek maju ke garis tengah sebelum menyerahkan penguasaan bola kepada Kovacic. Pemain Kroasia itu menghasilkan umpan terobosan brilian yang membelah pertahanan ke area Hudson-Odoi, dan pemain sayap itu menunjukkan ketenangan yang luar biasa dengan menunggu kiper untuk bergerak terlebih dahulu sebelum melepaskan tembakan di bawah Krul dan menjadi gol.

Menjaga tekanan

Terlepas dari keunggulan dua gol kami, The Blues tidak menunjukkan tanda-tanda mereda, dengan Hudson-Odoi khususnya tampak bermain semakin nyaman saat ia terus mencari ruang di area pertahanan the Canaries.

Melalui pemain berusia 20 tahun itu kesempatan kami berikutnya tiba, saat ia berlari ke pertahanan Norwich di sebelah kiri dan melakukan gerakan memotong ke dalam, sebelum menemukan Mount dengan umpan rendah ke tiang belakang, tetapi tembakan nomor 19 kami terlalu dekat dengan Krul, memungkinkan kiper untuk menahan sepakan tersebut.

Untuk bagian Norwich, mereka berjuang untuk menemukan cara untuk mengancam gawang Mendy selama usaha sesekali mereka ke area Chelsea, dengan upaya terbaik mereka di babak pertama datang ketika Ozan Kabak merebut Hudson-Odoi dan melepaskan tembakan yang melenceng ke atas mistar gawang dari jarak jauh.

Faktanya, The Blues-lah yang menambahkan gol ketiga sebelum jeda, kali ini di akhir penguasaan bola di area Norwich, Mount-lah yang membuat asis ketika lulusan Akademi kami lainnya mencetak skor.

Mount menahan bola di luar kotak sebelah kanan saat dia menunggu James yang melakukan overlap dan memberikan umpan sempurna untuk bek sayap itu. Jame mengangkat bola lob untuk penyelesaian akhir yang cerdas melewati kiper dan memberi kami keunggulan 3-0 saat menatap jeda babak pertama.

Tak melepaskan tekanan

Manajer Norwich Daniel Farke melakukan dua pergantian pemain saat turun minum, tetapi itu tidak berdampak langsung karena the Blues memulai babak kedua dengan keunggulan.

Krul sukses menghalau umpan silang Hudson-Odoi dari kepala Havertz, dan Ben Gibson melakukannya dengan baik untuk memblokir tembakan pemain Jerman itu saat Havertz bebas di dalam kotak.

Namun, kami harus berterima kasih kepada Mendy karena mencegah Norwich membalaskan satu gol. Chilwell akan sangat berterima kasih kepada penjaga gawangnya setelah umpan salahnya membuat pemain pengganti Milot Rashica lolos di area pertahanan kami, tetapi Mendy melakukannya dengan brilian untuk menghadangnya saat ia mencoba untuk melewati kiper kami.

Namun, skor kami bertambah dengan tepat Chilwell-lah yang memberikan gol kami berikutnya. Ia mencetak gol untuk keempat kalinya dalam beberapa laga terakhir di Premier League.

Itu dimulai dengan James yang memenangkan bola dengan baik di garis tengah sebelum bekerja sama dengan umpan satu-dua  antara Mount dan Jorginho berakhir dengan Kovacic menerima bola di tepi kotak penalti. Dia mengumpan Chilwell ke kiri dan bek sayap kami tidak melakukan kesalahan, ia mengarahkan ke sudut bawah gawang lawan. Itu berarti Kovacic mencatatkan asis ketiganya di pertandingan tersebut.

Hebatnya, hanya lima menit kemudian kami mencetak gol kelima, meskipun ada keberuntungan besar bagi The Blues. Hudson-Odoi kembali menemukan ruang di sayap kiri, tetapi kali ini umpan silang mendatarnya menyentuh saat bek Norwich Max Aarons melakukan upaya untuk memblokir, tetapi bolanya malah bergulir ke gawang sendiridan menjadi gol bunuh diri.

Segalanya berubah dari buruk menjadi lebih buruk lagi bagi Canaries tak lama setelah itu, ketika Gibson menabrak punggung James dan membuat  wasit menunjukkan kartu kuning kedua pada bek sore itu yang berujung kartu merah baginya.

Tuchel membuat tiga perubahan secara berurutan, dengan Ruben Loftus-Cheek, Ross Barkley dan Hakim Ziyech semuanya masuk. Tak perlu dikatakan, 5-0 melawan 10 orang, para pemain pegganti kami kali ini juga ingin menunjukkan aksi mereka.

Ada lebih banyak gol yang akan datang sebelum akhir laga. Pertama, tembakan Rudiger di dalam kotak menyentuh tangan lawan dan, setelah peninjauan VAR yang panjang, ditentukan bahwa Mathias Normann telah memblokir dengan tangannya dan penalti diberikan. Drama juga tidak berakhir di situ. Krul menyelamatkan tendangan penalti Mount, tetapi ia telah melangkah maju dari garisnya terlalu cepat, memungkinkan Mount kesempatan untuk mencoba lagi. Kali ini Mount sukses mengonversinya menjadi gol keduanya hari itu.

Chelsea dan Mount belum selesai, karena di masa injury time Ziyech dan Lotus-Cheek yang bekerja sama berhasil masuk ke kotak penalti lawan dan Ruben melepaskan umpan mendatar yang diselesaikan oleh Mount yang sukses mencetak hat-trick Chelsea pertamanya. Selisih tujuh gol kemenangan di akhir pertandingan adalah cerminan yang adil dari dominasi total yang kami tunjukkan dari menit pertama hingga terakhir di Stamford Bridge.

Apa berikutnya?

Kami kembali ke Stamford Bridge dalam waktu tiga hari, kali ini di ajang Piala Liga Carabao saat kami menjamu Southampton pada pukul 19:45 pada Selasa malam. Sabtu depan, kami kemudian melakukan perjalanan panjang ke Newcastle United di ajang Premier League, dengan kick-off pukul 15:00 waktu setempat.

Chelsea (3-4-3): Mendy; Chalobah, Thiago Silva, Rudiger; James, Jorginho (c) (Loftus-Cheek 62), Kovacic, Chilwell; Mount, Havertz (Barkley 70), Hudson-Odoi (Ziyech 70)

Cadangan: Kepa, Alonso, Azpilicueta, Christensen, Sarr, Saul

Pencetak gol: Mount 7, pen 85, 90+1 Hudson-Odoi 18, James 42, Chilwell 57, Aarons og 62

Norwich City (3-5-2): Krul; Kabak, Hanley (c), Gibson; Aarons, Lees-Melou (Rashica h-t), McLean, Normann, Giannoulis (Williams h-t); Pukki, Sargent (Omobamidele 69)

Cadangan: Gunn, Sorensen, Dowell, Rupp, Tzolis, Idah

Kartu kuning: Lees-Melou 45, Gibson 55, Normann 83

Kartu merah: Gibson 65 (kartu kuning kedua)

Wasit: Andrew Madley

Penonton: 40,113

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA