Laporan Pertandingan

Laporan Pertandingan: Chelsea 1 Southampton 1 (4-3 pen)

Sejarah terulang kembali di Stamford Bridge ketika Reece James kembali menjadi penendang penentu kemenangan dalam adu penalti Piala Carabao, seperti yang dia lakukan di babak sebelumnya melawan Aston Villa, menyusul hasil imbang 1-1 kali ini.

Dan seperti halnya melawan Villa di putaran sebelumnya, kami berterima kasih kepada Kepa yang melakukan tepisan tipis pada penalti Theo Walcott untuk mengarahkannya ke tiang. Meskipun penalti Mason Mount diselamatkan dengan luar biasa oleh Fraser Forster, pemain pengganti Saints Will Smallbone sepakannya tak menjadi gol dan James sekali lagi siap jadi penentu di laga adu penalti ini.

Di 90 menit awal, Kai Havertz memberi the Blues keunggulan menjelang turun minum dengan sundulan yang akurat, tetapi keunggulan kami menguap setelah laga dimulai pada babak kedua berkat gol jarak dekat Che Adams.

Kepa dan Forster dalam kondisi bagus untuk menjaga skor tetap 1-1 dan memaksa laga ini menuju adu penalti. Dua penyelamatan di masa injury time dari kiper Spanyol kami sangat krusial, dan penyelamatan lainnya di babak adu penalti saat menepis Walcott terbukti menentukan ketika kedua tim saling berhadapan di babak tos-tosan.

Kami akan mengetahui lawan di perempat final nanti pada Sabtu pagi, dan Anda dapat menonton highlight dan pertandingan lengkap pada pukul 01:00 waktu Inggris besok (Rabu)

Pemilihan Pemain

Ada enam wajah baru di tim Chelsea, dengan pilihan Thomas Tuchel mirip dengan kemenangan putaran sebelumnya atas Aston Villa.

Kepa berada di gawang, dan Malang Sarr kembali ke tiga bek bersama James dan Trevoh Chalobah. Kapten Marcos Alonso masuk sebagai bek sayap kiri sebagai starter pertamanya dalam sebulan ini, dan ada satu tempat di lini tengah untuk Saul. Lebih jauh ke depan, Ross Barkley menjadi starter lagi untuk Chelsea sejak September 2020 di sisi kiri dari tiga penyerang. Hakim Ziyech adalah penyerang lain yang mendukung Havertz dalam serangan.

Harvey Vale, 18, masuk dalam daftar pemain pengganti untuk pertama kalinya, begitu pula kiper Teddy Sharman-Lowe.

Peluang Emas dari Saul

The Blues memulai laga dengan inisiatif yang bagus di tahap awal. Dari sepak pojok pertama yang kami menangkan, Barkley melepaskan sepak pojok dan Saul yang tidak dijaga lawan mengarahkan sundulannya ke pojok atas, namun digagalkan oleh penyelamatan ujung jari Forster.

Pada menit ke-15, Havertz menusuk ke dalam dari sayap kiri dan melepaskan tembakan sejauh 20 yard melewati tiang dengan Forster mencoba untuk menepisnya, dan itu adalah peluang emas lainnya tim kami sampai Havertz lagi-lagi menyulitkan Forster 10 menit kemudian. Barkley dan Alonso telah berperan penting dalam proses build-up serangan, dengan striker Jerman kami memberikan teror nyata untuk lawan dalam peran penyerang sentral.

Menyeimbangkan Laga

Baru pada setengah jam skuad the Saints benar-benar mengancam gawang kami. Adams melepaskan tendangan sudut di tiang dekat dan itu mengarah pada Armstrong di tiang jauh, namun Amstrong berada di bawah tekanan dari Alonso dan ia tidak bisa mengarahkan sundulannya tepat sasaran.

Kepa kemudian tak lama melakukan penyelamatan pertamanya malam itu setelah bola lepas dari Stuart Armstrong masuk ke dalam kotak penalti. Chalobah juga melakukan upaya apik untuk melakukan blok dari serangan lawan berikutnya untuk membantu perjuangan kipernya.

Terobosan Jelang Jeda

Saat jeda semakin dekat, penguasaan bola dari kami tetap belum menghasilkan apapun, namun umpan indah dari jarak 50 yard dari Saul sukses mengarah ke Alonso, yang kemudian membuat umpan silangnya ditepis untuk menghasilkan sepak pojok. Ziyech mengeksekusi sepak pojok tersebut mengumpan pada Havertz, yang melompat untuk secara akurat menempatkan sundulannya di sudut kanan bawah dan menjadi gol.

Jika akhir babak pertama kami tidak bisa lebih baik, awal babak kedua tidak mungkin lebih buruk. Baru 90 detik babak kedua berlangsung, Kyle Walkers-Peters menerobos masuk ke dalam kotak kami dan melepaskan tembakan ke arah gawang yang menembus Kepa sebelum Adams melakukan sontekan dan menjadi gol penyeimbang.

Havertz hampir saja sekali lagi membuat kami unggul, ia membuat Forster menghentikan dengan baik dengan kakinya setelah Callum Hudson-Odoi memanfaatkan ruang di sisi kanan kami. Di ujung lain, Kepa harus waspada untuk menangkis tembakan Adam Armstrong kali ini.

Tempo cepat terus berlanjut. Barkley dua kali peluangnya digagalkan oleh Forster pada jarak dekat, kemudian upaya tendangan bebas dari James ditepis oleh kiper Saints tersebut dan sekali lagi ia menahan sundulan Saul.

Pergantian pemain dan pertukaran posisi

Di pertengahan babak kedua, kedua manajer melakukan pergantian ganda. Mount dan Ben Chilwell menggantikan Ziyech dan Barkley. Chilwell masuk sebagai bek sayap kanan, dan Hudson-Odoi pindah ke sisi kiri dari tiga pemain depan, dengan Mount masuk sebagai penyerang sayap kanan.

Pada menit ke-74, Saul melepaskan tembakan melengkung yang melebar dari tepi kotak penalti menyusul permainan build-up yang bagus dari Hudson-Odoi dan Havertz, dan peluang pemain Spanyol itu digagalkan oleh Forster untuk ketiga kalinya malam ini.

Setelah beberapa detik setelah masuk dari bangku cadangan, pemain muda Southampton Smallbone berada dalam posisi yang bebas di dalam kotak penalti kami dan melihat sundulannya ditepis oleh Kepa.

10 menit terakhir menghasilkan banyak upaya dan peluang tetapi tidak ada gol kemenangan yang hadir. Peluang Hudson-Odoi membentur jaring samping, sementara Kepa menghasilkan dua penyelamatan fantastis di masa tambahan waktu dari tendangan sudut berturut-turut untuk mencegah Lyanco Vojnovic dan kemudian Mohammed Salisu. Sesuai regulasi, laga ini berlanjut ke babak adu penalti.

Adu penalti yang jadi penentu

Seperti pada putaran ketiga lalu, adu penalti terjadi lagi di depan tribun Matthew Harding Stand, dengan tim tamu kembali menjadi penendang yang pertama. Armstrong dan Alonso mencetak gol dengan mudah sebelum tendangan Walcott ditepis Kepa ke tiang sebelah kanan. Forster juga sukses menahan sepakan Mount. Dua penalti berikutnya dicetak tetapi ketika giliran Smallbone sepakannya mengapung ke atas gawang dan kami sukses menang lagi berkat  James yang mengonversi penaltinya untuk membantu kami lolos ke putaran berikutnya.

Adam Armstrong dari Southampton menjadi penendang pertama – mencetak gol ke atas – 0-1
Alonso mencetak gol pertama Chelsea – mencetak gol di pojok kanan bawah – 1-1
Walcott – mengenai tiang gawang saat ditepis oleh Kepa – 1-1
Mount – diselamatkan dengan brilian oleh Forster – 1-1
Panjang – mencetak gol di kiri bawah – 1-2
Hudson-Odoi – mencetak gol dengan tenang  – 2-2
Smallbone – meluncur di atas mistar – 2-2
Chilwell – mencetak gol di pojok – 3-2
Romeu – gol di area tengah – 3-3
James – mengirim Forster ke arah yang salah! – 4-3

Apa berikutnya?

Pertandingan tandang domestik terjauh musim ini pada hari Sabtu besok saat kami melakukan perjalanan ke Newcastle. Pekan depan juga kami berada di Malmo untuk laga Liga Champions dengan jadwal pertandingan yang semakin padat dan cepat kali ini.

Chelsea (3-4-3): Kepa; James, Chalobah, Sarr; Hudson-Odoi, Kovacic, Saul, Alonso (c); Ziyech (Mount 67), Havertz, Barkley (Chilwell 67)
Pengganti Bettinelli, Sharman-Lowe, Rudiger, Thiago Silva, Jorginho, Vale.
Pencetak Gol Havertz 44

Southampton (3-4-3): Forster; Valery, Lyanco, Salisu; Walker-Peters, S.Armstrong (c) (Smallbone 77), Diallo (Romeu 77), Djenepo (Livramento 83); Tella (Walcott 67), Adams (Long 66), A.Armstrong
Pengganti Lewis, Bednarek, Perraud, Redmond.
Kartu Kuning Diallo 23, Djenepo 80, Forster 90+1
Pencetak Gol Adams 47

Wasit Kevin Friend
Penonton 39,766

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA