Laporan Pertandingan: Watford 1 Chelsea 2

Hakim Ziyech memilih waktu yang tepat untuk mencetak gol pertamanya di Premier League musim ini, mencetak gol penentu kemenangan untuk melanjutkan performa tandang Chelsea yang luar biasa akhir-akhir ini.

Namun, itu jauh dari kata mudah bagi The Blues, dan Thomas Tuchel kemungkinan akan menyebut laga yang satu ini dalam kategori 'mendapatkan tiga poin tanpa bermain sangat baik'. 

Setelah tercipta jeda 30 menit di awal babak pertama saat seorang pendukung di tribun dapat menerima perawatan medis darurat (untungnya mereka dalam kondisi stabil), Mason Mount membawa kami unggul dengan penyelesaian meyakinkan dari umpan Kai Havertz.

Watford telah mengancam untuk unggul terlebih dahulu sebelum gol kami itu, jadi tidak ada kejutan besar ketika, sesaat sebelum turun minum, Emmanuel Dennis menjadi pemain pertama yang mencetak gol ke gawang kami di Premier League sejak Mohamed Salah mengonversi penaltinya pada bulan Agustus lalu.

Babak kedua kami yang kurang baik akhirnya diselamatkan oleh penyelesaian apik Ziyech untuk mengubah skor dengan waktu kurang dari 20 menit tersisa. Edouard Mendy melakukan beberapa penyelamatan penting dan aksi barisan belakang the Blues menyelesaikan tugasnya di fase akhir untuk menjaga kami tetap di puncak klasemen menuju laga hari Sabtu melawan West Ham.

Susunan tim

Tuchel membuat enam perubahan pada starting XI-nya di lini pertahanan, lini tengah, dan lini serang saat kami memulai bulan Desember yang sibuk di malam yang dingin di Hertfordshire.

Saul menjalani starter pertamanya di Premier League sejak debutnya bersama The Blues pada 11 September, dan ada trio lini serang baru dengan Mount dan Christian Pulisic mengapit Havertz. Penampilan ke-100 Reece James di Chelsea harus menunggu lebih lama lagi karena cedera yang membuatnya absen malam ini, Cesar Azpilicueta menjadi pengganti alami di bek sayap kanan.

Di jantung pertahanan, Andreas Christensen menjadi starter lagi sejak jeda internasional lalu menggantikan Thiago Silva. Cedera sebelum laga membuat ragu Timo Werner dan Jorginho yang akhirnya bergabung dengan kapten Brasil dan Romelu Lukaku di bangku cadangan.

Striker Watford, Dennis, dianggap cukup fit untuk bermain setelah tertatih-tatih melawan Leicester pada hari Minggu.

Jeda lebih cepat

Chelsea memulai dengan lamban. Di dalam tiga menit Trevoh Chalobah harus waspada untuk menghalau tembakan Joao Pedro ke tempat yang aman setelah Tom Cleverley menaklukkan Marcos Alonso dan memberikan umpan silang.

Ada umpan berbahaya lain dari kanan, kali ini dari Kiko Femenia, disambut oleh Joao Pedro yang tidak dijaga, yang sundulannya dapat ditepis oleh Mendy. Sentuhan kiper kami berikutnya, dengan kakinya, namun kurang meyakinkan, tapi Mendy bisa membersihkannya sebelum Josh King bisa mengambilnya.

Tim medis kedua klub sudah berada di lapangan pada tahap awal laga untuk menangani cedera pemain dan kemudian seorang penonton di Graham Taylor Stand membutuhkan perhatian segera.

Permainan dihentikan dan tim kembali ke ruang ganti. Staf medis Chelsea berlari untuk membantu paramedis di tribun dengan rekan-rekan Watford mereka merawat bek kiri Hornets Adam Mesina.

Seorang pendukung itu diketahui mengalami serangan jantung tetapi untungnya stabil sebelum menuju ke rumah sakit. Laga ini dihentikan total selama setengah jam. Sekembalinya mereka ke lapangan, kedua tim melakukan pemanasan selama lima menit sebelum pertandingan dimulai kembali dengan waktu yang baru bergulir sebelumnya 12 menit. Mesina digantikan oleh Danny Rose.

Watford memulai lagi dengan menguasai laga, tetapi serangan pertama kami hampir saja menghasilkan gol pertama pertandingan ini, ketika sundulan Ruben Loftus-Cheek memungkinkan untuk mencapai Mount yang masuk dari belakang. Dari sudut yang menyempit, pemain nomor 19 memilih untuk menembak, dan membentur tiang sebelah kiri gawang lawan. 

Berbalas gol

Pertandingan tetap berjalan sengit, pendekatan langsung dari kubu Watford menyebabkan pelanggaran dari kedua belah pihak, tetapi Mount akan segera merayakan gol keempatnya musim ini.

Kali ini Alonso menjadi penerima umpan Rudiger. Sentuhan pertama bek Spanyol itu sangat apik, memungkinkan dia untuk mengumpan pada Havertz yang tidak dijaga lawan. Kemudian pemain Jerman itu dengan cepat memindahkan bola ke Mount yang sama kosongnya, dan sukses menceploskan bola dari jarak enam yard. Setengah jam berlalu dan The Blues unggul 1-0.

Watford melewatkan kesempatan bagus untuk menyamakan kedudukan beberapa menit kemudian, Danny Rose menembak lurus ke arah Mendy saat umpan silang pemain Watford lain menjangkaunya di dekat tiang jauh.

Tak lama, penguasaan bola Loftus-Cheek direbut oleh Moussa Sissoko dan Watford melakukan serangan balik dengan banyak pemain. Dennis menerima bola, melaju ke depan dan menentukan arah, kemudian tembakannya mengecoh Rudiger dan masuk ke sudut bawah gawang kami.

Sebuah periode waktu tambahan yang panjang dan tiga kartu kuning kemudian, peluit wasit David Coote akhirnya ditiup, mengakhiri babak yang telah dimulai hampir 90 menit sebelumnya.

Watford pantas menyamakan kedudukan skor dan Tuchel bereaksi terhadap kinerja timnya dengan mengubah personel dan skema tim. Thiago Silva masuk menggantikan Saul. Chalobah masuk ke lini tengah, di mana Mount menemaninya di posisi gelandang tengah yang lebih bertahan, formasi menjadi 3-5-2 yang mirip dengan yang digunakan pada awal musim ini.

Membongkar tembok lawan

Kedua tim terus berbahaya saat melakukan serangan balik ketika penguasaan bola berbalik arah, dengan serangan-serangan itu banyak terbuang sia-sia di tahap awal babak kedua.

Ada kekhawatiran sesaat sebelum satu jam ketika Tom Cleverley terlepas dari penjagaan bek kami. Kiper kami bergegas keluar dari kotaknya untuk menutup ruang dari mantan gelandang Man United itu dan berhasil memblokirnya menuju gawang, bahkan menerima benturan selama proses blokir tersebut. Setelah tim medis kami merawat Mendy, Chalobah juga mendapat perhatian tim medis karena cedera dalam proses peluang Cleverley sebelumnya.

Tidak seperti Mendy, Chalobah tidak bisa melanjutkan laga ini. Hakim Ziyech masuk dan kami kembali ke formasi 3-4-3. Lukaku adalah pemain pengganti terakhir kami, untuk Azpilicueta, dan memaksa Pulisic pindah ke posisi bek sayap kanan. 

Kemudian Alonso menanduk umpan Mount dengan bebas di area kiri dan umpan rendahnya sempurna untuk Ziyech, yang melepaskan tembakan tinggi melewati Daniel Bachmann dan menjadi gol kedua buat kami.

Ziyech kemudian mendapat benturan di kepala, yang memerlukan jeda lagi untuk perawatan. Pemain Maroko itu hampir cetak gol lagi dengan delapan menit tersisa, saat menyambut umpan dari Havertz. Sayangnya, itu terlalu dekat dengan Bachmann.

Enam menit tambahan waktu diberikan dan ada tendangan bebas Juraj Kucka yang membahayakan Mendy dan berhasil ditepisnya. Akhirnya, The Blues berjuang melintasi garis finis untuk mendapatkan tiga poin berharga dan memulai bulan Desember yang sibuk ini dengan kemenangan.

Apa berikutnya?

The Blues akan kembali menjalani laga tandang akhir pekan ini, perubahan haluan cepat untuk perjalanan ke timur menuju markas West Ham, Sabtu mendatang.

Chelsea (3-4-3): Mendy; Chalobah (Ziyech 60), Christensen, Rudiger; Azpilicueta (c) (Lukaku 69), Loftus-Cheek, Saul (Thiago Silva h/t), Alonso; Mount, Havertz, Pulisic
Cadangan Kepa, Sarr, Barkley, Jorginho, Hudson-Odoi, Werner
Pencetak gol Mount 29, Ziyech 72
Kartu kuning Saul 16, Alonso 45+2, Ziyech 65

Watford (4-2-3-1): Bachmann; Femenia, Cathcart, Troost-Ekong, Masina (Rose 12); Louza (Kucka 73), Sissoko (c); Dennis, Cleverley (Ngakia 85), Joao Pedro; King
Cadangan Elliot, Hernandez, Gosling, Fletcher, Tufan, Kabasele
Pencetak gol Dennis 43
Kartu kuning Louza 45, Troost-Ekong 45+5, Cleverley 84

Wasit David Coote
Jumlah penonton 20,388

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA