Buletin Blues - Zenit vs Chelsea

Dengan The Blues telah melakukan perjalanan terjauh kami dalam pertandingan Liga Champions musim ini, kami melanjutkan persiapan pertemuan dengan ikhtisar lengkap, fakta dan angka pertandingan…


Chelsea vs Zenit head to head

Hingga musim ini Chelsea belum pernah bertemu Zenit di kompetisi Eropa maupun dalam laga persahabatan. Mereka adalah tim berbeda ke-195 yang kami temui di semua kompetisi dan yang kelima dari Rusia.

Kemenangan kandang terbesar Zenit di Liga Champions:
29/09/2021 Zenit 4-0 Malmo Babak penyisihan grup
  
Kemenangan tandang terbesar Chelsea di Liga Champions:
20/10/1999 Galatasaray 0-5 Chelsea di fase grup
25/11/2014 Schalke 0-5 Chelsea di fase gr


Statistik Chelsea

Kami telah memenangkan pertandingan grup Liga Champions sebanyak 11 kali, yang terakhir musim lalu.
 
Termasuk babak grup kedua, Chelsea kini berhasil lolos 18 kali dari 19 partisipasi di babak grup Liga Champions, termasuk tujuh pertandingan terakhir kami.
      
Chelsea berhasil memenangkan tiga pertandingan dalam tandang kami melawan klub asal Rusia di Liga Champions, terakhir menang 4-0 melawan Krasnodar pada Oktober 2020. Selain memenangkan ketiga pertandingan, The Blues juga mencatatkan clean sheet di setiap kesempatan.
 
Satu-satunya kekalahan kami di Rusia adalah di markas Rubin Kazan pada perempat final Liga Europa pada tahun 2013, tetapi kami masih melaju ke babak selanjutnya dengan agregat 5-4.
 
Chelsea memiliki rekor pertahanan terbaik setelah lima matchday dari total delapan grup di UCL musim ini dengan hanya kebobolan satu gol yakni gol kemenangan Federico Chiesa untuk Juventus di Turin.
 
Chelsea telah memenangkan tiga pertandingan terakhir di Liga Champions tanpa kebobolan. Satu-satunya tim Inggris yang memenangkan empat pertandingan berturut-turut dalam kompetisi sambil menjaga clean sheet di setiap kesempatan adalah Manchester United, yang melakukannya pada musim 2003/04 dan 2010/11 di bawah Sir Alex Ferguson.
 
Tidak ada tim yang memiliki lebih banyak pencetak gol berbeda (tidak termasuk gol bunuh diri) di Liga Champions musim ini selain Chelsea (sembilan): Jorginho 2 (2 pena), Chalobah 1, Christensen 1, Havertz 1, Hudson-Odoi 1, James 1, Lukaku 1 , Werner 1, Ziyech 1
 
Tidak termasuk gol bunuh diri, Chelsea memiliki 14 pencetak gol berbeda di Liga Champions di bawah Thomas Tuchel; terbanyak dari tim mana pun di kompetisi ini sejak pertandingan pertamanya pada Februari 2021. Pencetak gol terbanyak The Blues pada periode ini masing-masing telah mencetak dua gol (Havertz, Mount, Werner, Ziyech dan Jorginho).

Chelsea mencatatkan lebih banyak clean sheet (13) daripada tim lain di Liga Champions sejak awal musim lalu, hanya kebobolan lima gol dari 18 pertandingan di kompetisi selama periode ini.
 
The Blues hanya kalah dua kali dari 19 laga tandang terakhir kami di Eropa (13 menang, empat seri).
 
Chelsea membutuhkan dua gol untuk mencapai gol ke-50 musim ini di semua kompetisi.


Tonggak Sejarah

Jika terpilih, Cesar Azpilicueta akan tampil untuk ke-445 kalinya untuk The Blues dan menyamai Dennis Wise sebagai pembuat penampilan terbanyak ketujuh sepanjang masa kami.
 
Melawan West Ham, Reece James membuat penampilan ke-100 untuk Chelsea di semua kompetisi serta penampilan sebagai starter ke-50 di Liga Primer dan Mason Mount memulai pertandingan ke-100 untuk klub di semua kompetisi.

Statistik Zenit

 
Ini adalah kampanye grup Liga Champions kesembilan Zenit dan yang ketiga berturut-turut; mereka tidak pernah maju lebih jauh dari babak 16 besar.
 
Dengan memastikan tempat ketiga dalam grup, Zenit telah lolos ke babak grup Liga Europa. Mereka finis keempat dalam dua musim terakhir keikutsertaannya.
          
Zenit berharap untuk meraih kemenangan kandang ketiga berturut-turut di kompetisi Eropa melawan tim Inggris. Yang sebelumnya adalah 1-0 v Bradford City di Piala Intertoto pada Juli 2000 dan 2-0 v Liverpool di Liga Europa pada Februari 2013.
 
 
 
 

Zenit telah mencatat tiga kemenangan dalam 20 pertandingan terakhir mereka di Liga Champions meskipun kemenangan 4-0 di kandang sendiri atas Malmo pada Matchday kedua adalah kemenangan terbesar mereka di kompetisi tersebut.

Termasuk kualifikasi, ini akan menjadi pertandingan ke-200 Zenit St Peterburg di kompetisi Eropa. Mereka akan menjadi tim Rusia kedua yang mencapai rekor ini di semua kompetisi Eropa, setelah Spartak Moscow (277).

Artem Dzyuba telah mencetak sembilan gol untuk Zenit di Liga Champions, satu gol lebih sedikit dari topskor tim di kompetisi ini (Hulk, 10).
 
Pelatih kepala Sergei Semak belum pernah menghadapi Chelsea sebelumnya sebelum musim ini meskipun ia bermain melawan kami untuk CSKA Moscow di kedua pertandingan grup Liga Champions kami pada tahun 2004.

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA