Preview: Zenit St Petersburg vs Chelsea

Dari pertandingan akhir pekan kami di London timur hingga laga tandang kami Liga Champions di Eropa timur. Sejarawan klub Rick Glanvill dan ahli statistik klub Paul Dutton memberikan pratinjau the Blues di Baltik…

Malam ini the Londoners melakukan kunjungan pertama kalinya ke St Petersburg, untuk menutup babak penyisihan grup Liga Champions. 

Kick-off awal Chelsea melawan tuan rumah Zenit akan berlangsung di Gazprom Arena yang tahan segala cuaca dan kemenangan bisa mendorong the Blues ke status unggulan sebagai juara grup pada undian Babak 16 besar hari Senin mendatang. 

Hasil yang sama seperti Juventus atau bisa menang akan memastikan posisi teratas di Grup H karena The Blues memiliki keunggulan atas Bianconero dalam pertandingan head-to-head. Kubu Juve sendiri memiliki masalah cedera dan akan hadapi Malmo tanpa diperkuat Chiesa, Danilo, De Sciglio, Kulusevski, McKennie dan Ramsey. 

Zenit adalah lawan berbeda ke-195 kami di semua kompetisi, dan yang kelima dari negara mereka. Tidak ada tim Inggris yang menang di St Petersburg tetapi The Blues telah mengantongi poin penuh dalam tiga kunjungan sebelumnya ke Rusia dalam kompetisi ini, yang terbaru adalah kemenangan 4-0 di Krasnodar pada Oktober 2020.

FK Krasnodar 0-4 Chelsea | Champions League Highlights

Highlights from our 2020 Champions League match away at FK Krasnodar in Russia.

St Petersburg juga akan menggelar laga final kompetisi musim ini jika semuanya berjalan dengan baik, malam ini bisa menjadi langkah kecil kami untuk keberhasilan mempertahankan mahkota Eropa pada 28 Mei mendatang. Chelsea telah lolos dari 18 kali dari 19 babak grup terakhir di kompetisi ini.

Chelsea sedang dalam rangkaian tiga kemenangan Liga Champions tanpa kebobolan dan bisa mencatat rekor keempat berturut-turut untuk pertama kalinya dalam kompetisi.

photo of Statistik Kunci Statistik Kunci

Berita tim chelsea

Thomas Tuchel mengakui setelah kekalahan West Ham bahwa Chelsea 'tidak cukup baik dalam hal detail saat ini, tetapi tidak perlu mulai meragukan gambaran besarnya'. Ide kreatif di lapangan mungkin bisa jadi pilihan malam ini karena kami berusaha mengamankan posisi teratas di Grup H, tetapi tidak dengan konsekuensi apapun. 

Dalam beberapa pekan terakhir ada kurangnya dalam penciptaan peluang The Blues, tetapi kecenderungan untuk melakukan blunder individu telah merusak kekuatan terbesar tim: lini pertahanan.

Dua gol dari Thiago Silva dan Mason Mount sudah cukup untuk memenangkan setiap pertandingan lain yang dimainkan oleh The Blues sejauh musim ini. Sekarang akan menjadi saat yang tepat untuk memulai kembali rekor clean sheet yang sempat membuat kami terkenal tangguh. 

Dengan laga knockout kompetisi Eropa pada bulan Februari sudah terkonfirmasi, waktu pemulihan dan tiga pertandingan liga domestik selama sembilan hari akan mendominasi beberapa waktu ke depan. Tuchel telah mengkonfirmasi dia akan memasukkan pemain yang membutuhkan menit untuk mendapatkan ritme pertandingan dan untuk berbagi beban kerja.

'Kovacic has tested positive for COVID. We know what it takes to win games.' | Thomas Tuchel & Ruben Loftus-Cheek

Thomas Tuchel and Ruben Loftus-Cheek face the press ahead of their UEFA Champions League Group H match against Zenit.

Lini tengah telah menjadi area yang merepotkan baru-baru ini. N'Golo Kante tetap absen, Mateo Kovacic sekarang menjalani isolasi mandiri karena postif Covid, dan Jorginho bermain dengan rasa sakit di laga vs West Ham dan tidak melakukan perjalanan ke Rusia kali ini. 

Sosok sentral di pos gelandang bisa jadi Ruben Loftus-Cheek, Mason Mount, Ross Barkley atau Saul, meskipun Reece James, yang kadang-kadang menyelesaikan permainan sebagai gelandang tengah, dan Andreas Christensen akan menawarkan opsi lain di pos tersebut. 

Jika Marcos Alonso diistirahatkan, Callum Hudson-Odoi dan Christian Pulisic, serta Saul, menjadi opsi bek sayap kiri. Hudson-Odoi juga menjadi kreator Chelsea di Liga Champions.  

Dalam kompetisi ini, the Blues masih memiliki pertahanan solid, kebobolan paling sedikit (satu gol), kebobolan shot on target (lima kali), expected goal against (2,85), dan clean sheet terbanyak (empat kali). 

Thiago Silva tampil luar biasa, membuat penyelamatan dengan sapuan di garis gawang yang penting dan memenangkan 90% duel udara di kompetisi ini. Pelatih kami mungkin akan mengistirahatkan pemain Brasil dan/atau Toni Rudiger jika memungkinkan, dengan Malang Sarr menjadi opsi yang tersedia. Pada tahap tertentu Kepa Arrizabalaga akan membutuhkan jam bermain jelang Edouard Mendy bermain di Piala Afrika bulan Januari nanti.

Sapuan luar biasa Thiago Silva ketika melawan Juventus

Momen terbaik The Blues melawan Rusia pada bulan September lalu datang dari pergerakan dan umpan cepat dengan tempo tinggi, dan kemenangan 1-0 datang meski hanya dua tembakan tepat sasaran. Pencetak gol saat itu Romelu Lukaku dan Timo Werner bisa jadi starter malam ini, meskipun Kai Havertz telah berlatih laga sejak cedera yang membuatnya ditarik keluar di West Ham.

Liga Champions 2021/2022
1Chelsea5401101912
2Juventus540196312
3Zenit St Petersburg51137704
4Malmö FF5014113-121

Ancaman Para Pemain Brasil dari Zenit

Bos Zenit Sergey Semak mengubah skema dari 4-4-2 menjadi 3-4-3 tetapi bermain lebih seperti 5-4-1 untuk pertemuan di Stamford Bridge pada matchday pertama. The Londoners mendominasi penguasaan bola tetapi lawan sama-sama bermain solid dan hanya tercipta tembakan tepat sasaran masing-masing dua kali.

Zenit kalah dalam pertandingan kandang terakhir mereka di kompetisi ini dengan skor 1-0 yang sama, dari Juventus pada bulan Oktober, dengan Claudinho membuat enam peluang dari 12 percobaan mereka. Melawan Rostov pada hari Jumat lalu, pemimpin klasemen liga Rusia tersebut bangkit dari ketinggalan untuk bermain imbang 2-2 berkat dua gol dari sang gelandang serang.

Thomas Tuchel juga akan membatasi efektivitas sesama pemain Brasil Malcom, nomor 10 dan tumpuan mereka, dan bek sayap Douglas Santos. Terakhir kali, Malmo sukses membatasi wakli Rusia ini hanya bisa membuat satu tembakan tepat sasaran, sebuah penalti penyeimbang skor dari Yaroslav Rakits'kyy.

Gol Zenit di Swedia

Semek telah mengisyaratkan perubahan menjelang pertandingan liga akhir pekan dengan Dynamo Moscow yang berada di posisi kedua. Bek tengah Dmitri Chistyakov diskors malam ini, gelandang bertahan Wilmar Barrios mungkin akan dipasang menjadi salah satu dari tiga bek kecuali mereka kembali ke skema empat bek biasa. 

Kiper pilihan pertama Stanislas Kritsyuk juga absen selama beberapa bulan setelah operasi lutut. Kiper veteran Mikhail Kerzhakov menjadi starter saat melawan Malmo dan kebobolan dari satu-satunya tembakan tepat sasaran, gol pertama mereka dalam kompetisi selama enam tahun. 

Zenit dikritik karena bermain sangat konservatif melawan Malmo, tetapi kita harus mengharapkan pendekatan yang lebih agresif malam ini karena jatah mereka di Liga Europa telah diamankan. Di kompetisi domestik hampir seperlima dari gol mereka berasal dari set-play dan satu dari 10 lewat serangan balik yang cepat. Saat pemain bertahan lawan menguasai bola, pasukan Semek biasanya menekan secara kompak untuk merebut bola. 

Striker Artem Dzyuba (dengan sembilan gol) akan berusaha menyamai Hulk (10 gol) sebagai to skor sepanjang masa klubnya di kompetisi elit Eropa, tetapi sayangnya ia belum mencetak gol sejak November 2020 silam.

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA