Laporan Pertandingan: Brighton 1 Chelsea 1

Chelsea dan Brighton bermain imbang 1-1 untuk yang kedua kalinya musim ini di mana kami memimpin terlebih dahulu. Pada kesempatan ini gol pembuka babak pertama Hakim Ziyech dibatalkan oleh gol sundulan Adam Webster pada menit ke-60.

The Blues terlihat kesulitan menghadapi tim Brighton yang solid, dan Thomas Tuchel mungkin akan kembali ke London melihat ini sebagai satu poin yang diperoleh daripada dua poin yang hilang.

Tendangan rendah dan keras dari Ziyech pada menit ke-28 membuat kami unggul, meskipun Brighton sempat mengancam sebelum turun minum, peluang mereka tidak terlalu merepotkan Kepa. Callum Hudson-Odoi bahkan memiliki peluang bagus untuk menggandakan keunggulan kami.

Saat satu jam laga bergulir, Kepa dipanggil untuk kembali beraksi, ia menyangkal peluang Alexis Mac Allister yang ingin menyamakan kedudukan, tetapi tak lama kemudian Adam Webster dengan tegas menyundul tendangan sudut dan mengkonversinya menjadi gol penyeimbang.

Kedua belah pihak berusaha untuk menemukan gol kemenangan yang akhirnya tanpa hasil, sehingga pertandingan antara dua tim yang memiliki spesialisasi dalam hasil imbang ini berakhir di hasil yang sama lagi. Kami akan hadapi Tottenham di laga berikutnya pada hari Minggu.

Pemilihan pemain

Dengan jadwal pertandingan yang terus berjalan dengan deras dan cepat, Tuchel melakukan tiga perubahan pada tim Chelsea-nya. Jorginho dan Mason Mount kembali ke starting XI, dan ada juga tempat untuk Hudson-Odoi.

Malang Sarr, Mateo Kovacic dan Christian Pulisic semuanya turun ke bangku cadangan, memungkinkan The Blues untuk beralih ke skema 4-2-2-2 seperti yang digunakan melawan Tottenham di Piala Liga Carabao. Mount dan Ziyech menjadi penyokong Romelu Lukaku dan Hudson-Odoi.

Dimasukkannya Jorginho berarti dia memulai pertandingan Chelsea untuk ke-150 kalinya. Lewis Hall menambahkan opsi pertahanan di bangku cadangan.

Brighton juga membuat tiga perubahan dari pertandingan terakhir mereka, bermain imbang 1-1 dengan Crystal Palace pada Jumat malam. Adam Lallana, Leandro Trossard dan Neal Maupay digantikan oleh Tariq Lamptey, Steven Alzate dan Danny Welbeck. Mereka tetap dengan skema empat bek di belakang dan mendorong Lamptey lebih depan.

Awal yang lambat

The Blues berupaya keras untuk menemukan ritme di awal laga, tekanan tinggi dan agresif Brighton terbukti menjadi masalah. Tembakan Jakub Moder melebar dari tepi kotak penalti di tiga menit awal, dan tuan rumah bahkan punya peluang dua kali nyaris membebaskan pemain penyerangnya di posisi berbahaya.

Tuchel mungkin akan lebih senang dengan apa yang dia lihat pada seperempat jam setelahnya saat kami berkombinasi serangan kohesif pertama kami. Lukaku bergerak di area kanan secara efektif dan memberi umpan kepada Cesar Azpilicueta, yang tembakan pertamanya memaksa Robert Sanchez untuk menepisnya saat itu.

Brighton dengan cepat kembali kuasai laga. Di pertengahan babak kami selamat dari ancaman lain saat bola memantul di dalam kotak kami menyusul kerja bagus dari Lamptey, dan tak lama kemudian, Welbeck sebenarnya bisa memanfaatkan lebih banyak umpan terobosan dari Alzate.

Kejadian yang tak terduga

Jadi ketika gol pembuka kami tiba di menit ke-28, rasanya seperti sesuatu yang tiba-tiba! Kante dan Ziyech saling bertukar umpan untuk menciptakan satu yard ruang, kemudian Ziyech yang mengontrol bola dari kakinya dan melepaskan tembakan sejauh 25 yard ke sudut kanan bawah.

Kecepatan dari sepakan Ziyech dan cara bola bergerak dari permukaan tepat sebelum mencapai Sanchez memastikan sepakan tersebut terlalu sulit untuk ditangani kiper Spanyol itu, sementara selebrasi kami yang relatif tidak terdengar menunjukkan para pemain tahu bahwa mereka tampil jauh di bawah standar.

Peluang bagus untuk menggandakan keunggulan kami tiba menjelang turun minum. Ziyech memimpin serangan balik dari area sendiri dan memindahkannya ke Hudson-Odoi, yang bertukar umpan dengan Lukaku tetapi tendangannya melayang dengan kondisi ruang tembak sudut yang menyempit.

Meskipun memimpin, Tuchel akan menginginkan lebih banyak dari timnya ketika permainan dimulai kembali di babak kedua. Dia harus menunggu karena Pascal Gross sukses menyelipkan umpan untuk Welbeck di 20 detik awal babak kedua, tetapi Kepa sukses mengamankan peluang mantan pemain Arsenal dan Man United itu melebar.

Tekanan yang terbayarkan

Pergantian ke 4-3-3 – Mount turun lebih dalam - memang membantu kami membangun sedikit lebih banyak kontrol. Tapi Brighton kembali bangkit dan mereka sukses samakan skor di satu jam laga berlangsung

Kepa telah melakukan penyelamatan luar biasa untuk menepis tembakan Alexis Mac Allister di sekitar tiang setelah umpan Marc Cucurella mencapai area byline, tetapi tidak ada yang bisa Kepa lakukan dari tendangan sudut yang dihasilkan setelahnya saat Webster yang tidak dijaga dengan kuat menyundul sepak pojok dari jarak enam yard untuk menjadi gol.

Permainan kini kembali terbuka. Alonso melepaskan tembakan dari jarak jauh dan Maupay tidak bisa mengalihkan bola dari tembakan Lamptey ke arah gawang.

Dengan waktu 72 menit, sebuah sepakan chip Toni Rudiger membebaskan Lukaku. Striker kami sukses  menguasai bola dan memaksa Sanchez melakukan penyelamatan. Kami menjaga bola tetap hidup dari sepak pojok dan Azpi melakukan sundulan umpan silang Ziyech yang berakhir melebar.

Sepuluh menit tersisa ketika Tuchel menggunakan ketiga pemain pengganti yang tersedia untuknya sekaligus. Kovacic, Timo Werner dan Kai Havertz masuk. Sedangkan Jorginho, Ziyech dan Lukaku memberi jalan untuk tiga pemain yang akan masuk.

Saat kami menaikkan taruhan kami untuk mencari gol kemenangan, ada penalti untuk Mount yang diabaikan oleh wasit, kemudian ada sepakan jarak dekat Azpilicueta, dan Werner yang baru masuk ini melihat peluang sepakan melengkungnya diblok lawan. Tendangan sudut terakhir Chelsea di masa tambahan waktu tidak menghasilkan apa-apa sehingga kami harus pulang dengan satu poin lagi untuk yang kedua kalinya melawan Brighton musim ini.

Apa berikutnya?

The Blues kembali beraksi pada hari Minggu saat kami menjamu Tottenham di Stamford Bridge. Itu adalah pertandingan Premier League terakhir kami selama empat pekan karena jeda internasional diikuti oleh putaran keempat Piala FA, dan kemudian Piala Dunia Antar Klub di Abu Dhabi.

Chelsea (4-2-2-2): Kepa; Azpilicueta (c), Thiago Silva, Rudiger, Alonso; Kante, Jorginho (Kovacic 80); Ziyech, Mount; Lukaku (Havertz 80), Hudson-Odoi (Werner 80).
Cadangans Bettinelli, Hall, Sarr, Loftus-Cheek, Saul, Pulisic.
Pencetak gol Ziyech 28
Kartu kuning Alonso 59, Rudiger 81

Brighton (4-1-4-1): Sanchez; Veltman, Webster (c), Burn, Cucurella; Alzate; Lamptey (March 76), Gross (Maupay 62), Mac Allister, Welbeck (Trossard 62); Moder. 
Cadangan Scherpen, McGill, Caicedo, Roberts, Leonard, Ferguson, Caicedo.
Pencetak gol Webster 60
Kartu kuning Burn 80

Wasit Kevin Friend
Penonton 30,880

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA