Preview: Chelsea vs Tottenham

Jadwal Januari yang sibuk berakhir sedikit lebih awal dengan pertandingan akhir pekan ini. Sejarawan klub Rick Glanvill dan ahli statistik klub Paul Dutton memberi pratinjaunya untuk derby London yang familiar…

Chelsea menjamu Tottenham di Stamford Bridge di ajang Premier League pada hari Minggu untuk yang ke-173 dari derby London yang telah bersaing secara ketat sejak kemenangan kandang 2-1 di Fulham Road 112 tahun yang lalu. 

Spurs hanya menang sekali dalam 31 perjalanan liga terakhir mereka ke Stamford Bridge, dan juga kalah sembilan kali dari 13 pertandingan terakhir mereka melawan tim empat besar seperti The Blues yang berada di posisi ketiga (mereka seri di empat lainnya). Namun, tim Antonio Conte meraih kemenangan dramatis di akhir pertandingan di Leicester pada hari Rabu dan sekarang hanya terpaut delapan poin di belakang The Blues yang berada di urutan ketiga dengan empat pertandingan di tangan. 

Tidak ada yang lebih baik dari mendapatkan istirahat beberapa hari jelang laga derby yang berjalan panas untuk memulihkan tubuh dan pikiran yang lelah. Apalagi The Blues tak terkalahkan dalam 20 laga sebelumnya melawan tujuh mantan pelatih kami sendiri di era Premier League.

Tottenham (0) 0-1 (3) Chelsea (A) | Carabao Cup Highlights

Watch the highlights from our Carabao cup semi-final tie at the Tottenham Hotspur Stadium as we secured our place in the final at Wembley.

Kami sendiri baru saja menyudahi kans Spurs di kompetisi domestik (Piala Liga), dan Chelsea akan bertekad untuk kembali merebut tiga poin dan membendung keinginan The Lilywhites untuk menuju posisi empat besar.

Chelsea tidak terkalahkan dalam 10 pertandingan terakhir kami melawan Tottenham di semua kompetisi (tidak termasuk adu penalti).

photo of Statistik Kunci Statistik Kunci

Berita tim Chelsea

Hasil imbang hari Selasa lalu di Brighton (pertandingan dimajukan dari Februari) adalah pertandingan ke-12 tim London sejak 11 Desember – empat kali lebih banyak dari tim yang mengambil alih di puncak, Manchester City. 

'Kami adalah tim yang bermain dan bermain dan bermain,' kata Thomas Tuchel, menjelaskan istirahat dua hari yang dia berikan kepada para pemainnya. Pelatih Terbaik Pria FIFA ini berharap baterai yang diisi ulang akan mengurangi kesalahan individu yang berujung fatal di kedua ujung lapangan dalam pertandingan liga baru-baru ini. 

Margin kecil berarti timnya belum mencatatkan clean sheet selama enam pertandingan liga dan berhenti menciptakan berbagai peluang bagus untuk mencetak gol. Beberapa pertandingan memiliki efek katalis dari derby bertempo tinggi ini, dan Chelsea sendiri sebelumnya telah mengalahkan Spurs secara agregat 3-0 di Piala Carabao bulan ini. 

Kami menjalankan skema formasi 4-2-2-2 untuk dua laga leg semifinal melawan Spurs, dan menikmati hampir dua pertiga penguasaan bola di kandang dan tandang. Tuchel akan senang pilihan skuadnya meningkat, dengan bek tengah Trevoh Chalobah kembali berlatih dan bek sayap Kenedy dalam penyesuaian diri setelah kembali dari pinjaman.

Trevoh Chalobah kembali berlatih bersama tim di pekan ini

Kepa Arrizabalaga menggagalkan semua tembakan spurs di pertemuan kami dengan Spurs di ajang liga sebelumnya pada bulan September lalu, kemenangan tiga gol yang nyaman bagi The Blues, dan N'Golo Kante mungkin berada dalam starting 11 melawan Tottenham untuk pertama kalinya sejak November 2020. 

Satu poin dan gol kelima Hakim Ziyech musim ini adalah beberapa hal yang bisa diambil oleh kami dari laga vs Brighton, di mana kami mencatatkan penguasaan bola terendah keempat di semua lini musim ini. Gol penyeimbang The Seagulls lewat sundulan adalah kebobolan gol ketiga Chelsea dari bola mati dalam kampanye liga. 

Mungkin karena kelelahan, the Blues terlihat berhenti menekan di sepertiga akhir lapangan dan Tuchel bisa memutuskan untuk mengubah formula di depan. Christian Pulisic dan Timo Werner akan mungkin mendapatkan lebih banyak menit dan Kai Havertz bisa memulai pertandingan pertamanya sejak membuka skor melawan Spurs tiga pekan lalu.

Havertz ketika berhasil menjebol gawang Tottenham

Ini sekarang menjadi yang pertama dari dua pertandingan liga derby all-London untuk pasukan Tuchel di antara ajang Piala Dunia Antar Klub. Chelsea berada di puncak klasemen derby London antar tim papan atas yang dimainkan sejauh ini dan merupakan satu-satunya tim dengan selisih gol yang positif di pertemuan antar klub London. Kemenangan pada hari Minggu besok akan membawa The Blues mengumpulkan 501 poin dalam derby pada ajang Premier League, tim pertama yang melewati angka 500 di catatan ini.

Klasemen Derbi London di Premier League
MainMSKGDPtsAvg
1Chelsea54018122.4
2West Ham63120101.67
3Arsenal5212071.4
4Brentford5212071.4
5Tottenham6204-461
6Crystal Palace7133-460.86

Kejutan atau tidak dari Conte

Chelsea adalah lawan terberat kedua Tottenham di ajang Premier League, setelah kami tercatat mengalahkan The Lilywhites sebanyak 32 kali. Meskipun Antonio Conte mengubah pendekatan taktis melawan mantan klubnya di dua leg semifinal Piala Carabao, Spurs belum mencetak gol melawan Chelsea selama 457 menit di semua kompetisi.

Sistem 3-4-3 khasnya dengan mudah dikalahkan 2-0 dalam pertandingan pembuka di Bridge, jadi ia memilih tiga gelandang tengah dalam 3-5-2 untuk leg kedua. Timnya mencatatkan dua tembakan tepat sasaran di game pertama dan tiga tembakan di game leg kedua.

Meskipun demikian, pemain terbaik Spurs dalam pertandingan dua leg tersebut adalah duet Lucas Moura dan Harry Kane, yang juga membentuk duo penyerang di Stadion King Power, Rabu lalu. Pemain pengganti Steven Bergwijn yang mencuri perhatian dengan dua gol akhir dalam waktu 80 detik.

Tottenham mencetak gol kemenangan yang dramatis di Leicester

Pertandingan liga akhir pekan mereka melawan Arsenal telah ditunda, Tottenham tampak lebih bersemangat ketimbang di laga sebelumnya, meskipun sempat kewalahan di babak kedua sampai aksi Bergwijn menyelamatkan mereka. Spurs menciptakan lebih banyak peluang mencetak gol yang bagus di laga tengah pekan lalu daripada di pertandingan mana pun musim ini.

Pemain asal Belanda itu mungkin akan menjadi starter pada hari Minggu, meskipun tampaknya akan ada sedikit yang berubah dalam hal personel. Son Heung-min , Cristian Romero dan Eric Dier, yang jangkauan umpannya dari belakang sangat penting untuk pendekatan langsung Conte, masih akan absen.

Davinson Sanchez kemungkinan akan tetap berada di tengah tiga bek, diapit oleh Japhet Tanganga dan Ben Davies. Kehilangan Dier, kubu Spurs dihukum dua kali oleh teh Foxes karena pertahanan yang kikuk.

Sergio Reguilon kembali dari cedera sebagai bek sayap kiri, ia juga bertanggung jawab atas sepak pojok, tetapi di sisi kanan Emerson Royal bertahan satu babak sebelum digantikan oleh Matt Doherty.

HAT-TRICK HERO: Hasselbaink sinks Spurs

Jimmy Floyd Hasselbaink showed of his top class ability against Tottenham back in 2002 with this perfect hat-trick.

Istirahat untuk pemain UEFA

Jeda musim dingin akan datang untuk sebagian besar pemain tetapi tidak semua pemain Chelsea. Pengecualian adalah pemain non-Eropa seperti Thiago Silva (akan berlaga di dua pertandingan Brasil), Christian Pulisic (tiga laga dengan AS) dan Edou Mendy, yang tim Senegalnya lolos ke Babak 16 besar pada hari Selasa di Piala Afrika. Pemain internasional kami sendiri terakhir kali menikmati jeda pada pertengahan Agustus tahun lalu.

Mendy beraksi di Piala Afrika pekan ini

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA