Azpi bergabung dengan klub elit 450 Chelsea

Sukses mencapai tonggak penting dalam penampilan Chelsea baru-baru ini, Cesar Azpilicueta memperlihatkan kebanggaannya bermain untuk klub dan keinginannya untuk membawa lebih banyak kesuksesan ke Stamford Bridge.

Dalam sebuah wawancara untuk Official Chelsea FC Matchday Programme, dia berbicara tentang apa artinya baginya untuk bergabung dengan deretan pemain elit yang telah membuat lebih dari 450 penampilan untuk The Blues.

Bagaimana rasanya mencapai tonggak 450 pertandingan untuk Chelsea?

Saya merasa sangat bangga, ini pencapaian yang luar biasa. Saya tidak bisa membayangkannya ketika saya tiba di sini pada tahun 2012 tetapi mudah-mudahan, saya bisa mendapatkan lebih banyak lagi.

Waktu berjalan sangat cepat tetapi begitulah cara kerjanya dalam sepak bola! Anda tidak bisa hidup di masa lalu, Anda harus melihat masa kini dan masa depan. Saya adalah orang yang selalu menginginkan lebih dan setiap hari saya mencoba untuk berkembang. Kami selalu bisa menjadi lebih baik dan saya tidak suka terlalu fokus pada apa yang telah saya lakukan sebelumnya, hanya pada apa yang bisa kami lakukan di masa depan.

Jadi, seperti banyak pesepakbola profesional, Anda masih dalam mode berpikir, 'Saya akan merenungkan masa lalu di kemudian hari. Saya masih memiliki hal-hal yang ingin saya lakukan dalam sepakbola.'

Ya, karena setelah selesai, tidak ada yang bisa Anda lakukan lagi. Sepak bola adalah olahraga di mana tuntutannya sangat tinggi setiap hari, terutama di Chelsea. Anda harus membuktikan diri setiap hari, jadi tidak ada waktu untuk duduk dan menikmati. Tentu saja, kami memiliki saat-saat kegembiraan dan menikmati piala bersama, tetapi secara pribadi saya hanya menganggapnya sebagai sesuatu yang sangat saya banggakan dan selalu dengan rasa lapar untuk mendapatkan lebih banyak.

Anda sekarang berada di urutan ketujuh dalam daftar penampilan klub sepanjang masa, di atas nama-nama besar seperti Dennis Wise, Steve Clarke dan Kerry Dixon, dengan hanya satu pemain dari luar negeri yang ada di atas Anda, yaitu Petr Cech. Status legenda Anda di sini tampaknya aman!

Tentu saja, berada di daftar legendaris itu adalah hak istimewa dan saya merasa sangat bangga akan hal itu. Sejak saya mulai bermain di sini, saya beruntung memiliki kepercayaan dari klub dan setiap manajer, dan rekan satu tim saya. Jadi saya telah banyak bermain dan setiap kali saya mengenakan seragam biru saya merasa sangat bangga untuk berbagi semua momen kami dengan para penggemar.

Saya punya hubungan dengan para penggemar sejak hari pertama, meskipun saya tidak benar-benar datang sebagai pemain besar. Saya mencoba bekerja untuk menemukan jalan dan cerita saya sendiri, dan semoga ada lebih banyak lagi yang akan datang.

Apa perbedaan Anda sebagai pemain dengan pemain berusia 22 tahun yang direkrut di sini pada 2012?

Sangat berbeda. Pengalaman membantu Anda terkadang membuat keputusan yang lebih baik. Ketika saya tiba, ini adalah pertama kalinya saya di Inggris, saya harus pindah negara, belajar bahasa baru dan beradaptasi dengan pelatih dan rekan satu tim baru. Saya tiba tepat setelah Chelsea memenangkan Liga Champions untuk pertama kalinya.

Jadi saya mencoba untuk mendapatkan semua informasi yang saya bisa, untuk beradaptasi secepat mungkin dengan tuntutan tim dan liga. Setelah ini, saya bermain di banyak posisi dengan manajer yang berbeda dan sekarang saya merasa menjadi pemain yang lebih lengkap, selalu dengan ruang untuk perbaikan. Saya percaya bahwa Anda dapat meningkatkan sampai hari terakhir Anda, dan Anda harus terbuka, jadi begitulah cara saya selalu mengambil tantangan – dengan pikiran terbuka.

Apakah sepak bola Inggris juga berubah pada saat itu?

Ya banyak. Liga sudah sangat kompetitif tetapi saya pikir setiap tahun semakin kompetitif dan setiap tim sangat sulit. Para pemain yang ada di sini di liga telah meningkat pesat. Apa yang tidak berubah adalah atmosfer, yang selalu brilian di Inggris, dengan penggemar kami di sini di Stamford Bridge dan tandang. Itu adalah sesuatu yang benar-benar saya rasakan sejak hari pertama – betapa istimewanya itu.

Apakah Anda terinspirasi dari performa dan penampilan Thiago Silva di usia 37 tahun?

Dia adalah inspirasi besar bagi saya untuk terus bekerja. Dia sangat profesional, dia menjaga tubuhnya dan cara dia berperilaku adalah contoh yang bagus untuk semua orang – para pemain muda maupun senior, yang lebih berpengalaman.

Olahragawan saat ini dapat bermain lebih lama, kami memiliki lebih banyak cara untuk merawat tubuh kami, pelatihan yang lebih baik, pemulihan yang lebih baik, di mana beberapa tahun yang lalu mungkin lebih sulit dalam menjaganya.

 

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA