Laporan Pertandingan: Leeds 0 Chelsea 3

Chelsea kembali ke jalur kemenangan dengan kemenangan langka di Elland Road, gol awal Mason Mount yang bagus menjadi penentu penampilan dominan melawan 10 pemain Leeds.

Kemenangan itu membawa kami selangkah lebih dekat ke kualifikasi Liga Champions menjelang pertemuan Tottenham dengan Arsenal besok. Keberhasilan pertama kami dalam empat pertandingan juga merupakan kemenangan liga perdana kami di Leeds sejak April 2000, hanya keenam kami dalam kompetisi liga di sini dan diamankan dengan margin kemenangan terbesar.

Mount membuat kami unggul hanya pada menit keempat di akhir gerakan Chelsea yang apik yang melambangkan permainan kami. Kami mungkin telah menggandakan keunggulan kami sebelum tuan rumah dikurangi menjadi 10 pemain, tekel mengerikan Daniel James terhadap Mateo Kovacic membuat pemain Wales itu langsung mendapat kartu merah. Kovacic tidak bisa melanjutkan, satu-satunya noda di malam yang luar biasa.

Romelu Lukaku mungkin dua kali menggandakan keunggulan kami sebelum Christian Pulisic melakukannya di awal babak kedua, dengan manis memanfaatkan sudut bawah dari tepi kotak.

Lukaku mendapatkan gol yang pantas untuk penampilannya dengan waktu yang hampir habis. Dia mengumpulkan operan sub Hakim Ziyech, menari di antara sejumlah kaus putih dan melakukan tendangan pulang dari jarak dekat.

Dengan keunggulan satu pemain selama lebih dari satu jam pertandingan, Thomas Tuchel akan menikmati dominasi penguasaan bola timnya saat kami membiarkan bola bekerja, semoga menghemat energi sebelum pertandingan Sabtu melawan Liverpool. The Blues akan menghadapi pertandingan itu dengan kepercayaan diri tinggi setelah penampilan bagus di Yorkshire.

Pemilihan pemain

Dengan final Piala FA kurang dari 72 jam lagi, Tuchel membuat empat perubahan pada tim yang memulai melawan Wolves.

Jorginho kembali dari cedera dan menjadi kapten tim. Ruben Loftus-Cheek berhasil tetapi akan hadir lebih awal dari yang direncanakan. Di lini pertahanan, Trevoh Chalobah dan Andreas Christensen masuk menggantikan Cesar Azpilicueta dan Thiago Silva, dan pemain depan Mount menggantikan Timo Werner.

Lukaku mempertahankan tempatnya setelah dua golnya pada hari Sabtu, sementara Toni Rudiger memainkan pertandingannya yang ke-200 untuk Chelsea.

Bagi Leeds, mantan gelandang Akademi Chelsea Lewis Bate memulai pertandingan Liga Premier untuk pertama kalinya. Itu semua berubah di full-back dengan Pascal Struijk dan kembali kapten Liam Cooper dipilih menggantikan Junior Firpo dan Luke Ayling, yang diskors.

Tantangan pertama Chelsea adalah menenangkan kerumunan Elland Road yang riuh, menikmati pertandingan liga pertama melawan kami dengan pendukung yang hadir sejak Desember 2003. Tidak butuh waktu lama.

Memulai dengan sangar

Dalam empat menit, langkah sederhana namun dieksekusi dengan baik memberi kami keunggulan. Lukaku di tengah jalan melepaskan Mount, yang kemudian melebarkan bola ke Reece James. Mendekati kotak, James melakukan tee ke atas Mount di belakangnya dan penyelesaian pertama yang mengikutinya tepat, melengkung manis ke sudut atas dari tepi kotak. Pria yang memiliki malam yang luar biasa di sini dalam play-off Championship dengan Derby tentu saja menikmati perayaannya.

Mencari peluang kedua yang cepat, Mount menyambar umpan persegi ke arah Lukaku setelah umpan Jorginho yang bagus membuka keunggulan Leeds sekali lagi. Dengan kegelisahan penonton tuan rumah meningkat dari menit ke menit, Mount kemudian melihat tendangan rendah diblokir menyusul ketekunan yang baik di sebelah kiri dari Pulisic.

Pada titik tengah babak, Leeds tidak menunjukkan apa-apa untuk upaya mereka selain dari tembakan jinak Diego Llorente yang melebar tanpa membahayakan. Mungkin itu menjelaskan rasa frustrasi di balik tantangan horor Daniel James terhadap Mateo Kovacic di lini tengah kami, tapi itu tentu saja tidak bisa dimaafkan. Wasit Anthony Taylor segera mengacungkan kartu merahnya, dengan setiap ulangan yang lewat membuat tantangan terlihat lebih buruk.

Kovacic melanjutkan sebentar tetapi sayangnya tidak bisa lari. Loftus-Cheek menggantikannya pada setengah jam.

Segera setelah itu, Lukaku dua kali nyaris menggandakan keunggulan kami. Dia dengan manis melakukan lob ke Illan Meslier setelah menepis Llorente, hanya untuk digagalkan oleh bendera offside, dan kemudian sundulannya melebar dari umpan silang James yang mengundang.

Tim Leeds ini telah mengambil lebih banyak kartu kuning daripada yang lain dalam sejarah Liga Premier, dan ada bukti lebih lanjut mengapa sebelum jeda ketika Kalvin Phillips meretas Pulisic saat ia memutar sisi yang salah dari gelandang Inggris. Itu memunculkan peringatan satu abad untuk pakaian Yorkshire.

Jelas Chelsea akan mendominasi penguasaan bola melawan 10 pemain Leeds, tetapi setelah mendapat kartu merah awal dalam kekalahan mereka di Arsenal pada hari Minggu dan kemudian tidak kebobolan lagi, banyak upaya masih diperlukan dari The Blues untuk mencetak gol lagi dan tentunya mengakhiri kontes.

Tanpa ragu-ragu

Sundulan Lukaku dan Loftus-Cheek setengah voli melebar di awal babak kedua. Dengan waktu 54 menit, kami menggandakan keunggulan kami dan itu adalah gerakan apik lainnya yang melakukan kerusakan.

Jorginho mendesiskan bola ke kaki Mount di tepi kotak dan umpan pertamanya yang manis mengenai Pulisic, yang memantapkan dirinya sebelum melepaskan tendangan kaki kiri ke sudut gawang. Meslier tidak tergerak, dan pemain Amerika itu mencetak gol kedelapannya musim ini, dan gol keenamnya di liga. Untuk Mount, itu menandai assist liga ke-10 musim ini dengan 11 golnya. Dia hanya pemain Chelsea kelima di era Liga Premier yang mencapai angka ganda di kedua departemen.

Pulisic melebar setelah Jorginho merebut bola dari Rodrigo. Para penggemar Chelsea di salah satu sudut John Charles Stand benar-benar menikmati malam mereka. Lukaku kemudian memutar Cooper dan menuju gawang, melayang ke dalam tetapi tembakannya melebar dari tiang kiri Meslier.

Hakim Ziyech dan Azpilicueta untuk Pulisic dan James adalah pergantian kedua dan ketiga kami pada malam itu saat kami memasuki seperempat jam terakhir, Tuchel mungkin dengan satu fokus mengatur menit jelang final Piala.

Rom menutup dengan manis

Ziyech segera memberikan assist untuk gol ketiga kami. Mount mencuri bola dan pemain Maroko itu tanpa pamrih mengoper ke Lukaku, yang memanfaatkan waktu dan banyak sentuhannya di tempat yang sempit sebelum melepaskan tembakan tinggi melewati Meslier. Tujuh menit tersisa.

Kami bahkan mungkin mencetak gol keempat saat istirahat saat Leeds menyerang, tetapi tiga gol dan clean sheet memang akan sangat bagus.

Apa selanjutnya?

Soal kecil final Piala FA! Kami bermain melawan Liverpool di Wembley pada hari Sabtu, kick-off pukul 16:45. Kampanye liga kami berakhir minggu depan dengan sepasang pertandingan kandang, melawan Leicester pada hari Kamis dan Watford pada hari Minggu.

Chelsea (3-4-3): Mendy; Chalobah, Christensen, Rudiger; James (James 78), Jorginho (c), Kovacic (Loftus-Cheek 30), Alonso; Mount, Lukaku, Pulisic (Ziyech 78).
Cadangan Kepa, Sarr, Thiago Silva, Barkley, Havertz, Werner.
Pencetak gol Mount 4, Pulisic 55, Lukaku 83

Leeds (4-2-3-1): Meslier, Koch, Llorente, Cooper (c), Struijk; Bate (Klich 59), Phillips; Raphinha (Gelhardt 78), James, Harrison (Firpo 37); Rodrigo.
Cadangan Klaesson, Hjelde, Cresswell, Greenwood, Shackleton, Gray.
Kartu merah James 24
Kartu kuning Phillips 43

Wasit Anthony Taylor
Penonton 36,549

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA