Saat Chelsea bersiap untuk bermain di final kedua kami bulan ini, dalam mengejar trofi ketiga, kami membawakan Anda semua fakta dan statistik penting menjelang pertandingan Piala Carabao hari Minggu melawan Liverpool di Wembley...

Head to Head Chelsea vs Liverpool

Chelsea selalu menang pada kedua kesempatan sebelumnya kami bertemu Liverpool di final kejuaraan besar (tidak termasuk Piala Super UEFA) – di Piala Liga 2005 dan Piala FA 2012.

Thomas Tuchel tidak terkalahkan dalam tiga pertandingan terakhir melawan Liverpool sejak dia bergabung dengan kami pada tahun 2021. Kami telah bermain imbang di kedua pertandingan Liga Primer dengan mereka musim ini, tetapi menang 1-0 di Anfield di liga Maret lalu.

Ini adalah musim ketujuh di mana Chelsea dan Liverpool bertemu di Piala Liga. Kami selalu menang pada empat dari lima kesempatan terakhir.

Liverpool hanya mencatatkan dua clean sheet dalam 27 pertandingan terakhir mereka melawan Chelsea di semua kompetisi.

Chelsea vs Liverpool di Piala Liga

Statistik Chelsea

Sejak Chelsea terakhir kali memenangkan kompetisi ini pada tahun 2015, keenam pemenang terakhir berasal dari Manchester (City lima kali, United sekali).

Chelsea telah mencapai final kompetisi piala domestik tanpa harus meninggalkan London untuk pertama kalinya dalam sejarah kami.

Delapan Final Piala Liga Terakhir Chelsea1964/65 - Stamford Bridge/Filbert Street - Chelsea 3-2 Leicester City (agg)1971/72 - Wembley Stadium - Chelsea 1-2 Stoke City1997/98 - Wembley Stadium - Chelsea 2-0 (aet) Middlesbrough (aet)2004/05 - Millennium Stadium - Chelsea 3-2 Liverpool (aet)2006/07 - Millennium Stadium - Chelsea 2-1 Arsenal2007/08 - Wembley Stadium - Chelsea 1-2 Tottenham Hotspur (aet)2014/15 - Wembley Stadium - Chelsea 2-0 Tottenham Hotspur2018/19 - Wembley Stadium - Chelsea 0-0 Manchester City (3-4 pens)

Sejak Chelsea terakhir kali memenangkan kompetisi ini pada tahun 2015, keenam pemenang terakhir berasal dari Manchester (City lima kali, United sekali).

Chelsea telah mencapai final kompetisi piala domestik tanpa harus meninggalkan London untuk pertama kalinya dalam sejarah kami. Thomas Tuchel menjadi manajer pertama dalam sejarah klub yang membawa The Blues ke final Piala Liga, Piala FA, dan Liga Champions/Piala Eropa.

The Blues telah memenangkan ketiga adu penalti kami musim ini, melawan Villarreal di Piala Super dan Aston Villa dan Southampton di Piala Carabao. Sekarang, Kepa Arrizabalaga memegang rekor klub untuk penyelamatan adu penalti terbanyak (delapan) diikuti oleh Petr Cech (enam) dan Kevin Hitchcock (empat).

Ini adalah musim keenam berturut-turut di mana kami mencapai final kompetisi piala besar, yang merupakan rekor klub. Kami juga tim pertama dalam sejarah sepak bola Inggris yang mencapai final salah satu dari dua kompetisi piala domestik utama dalam enam musim berturut-turut.

Chelsea telah memenangkan enam pertandingan terakhir kami dan hanya kalah dua kali dalam 32 pertandingan di semua kompetisi, memenangkan 23 di antaranya, termasuk satu melalui adu penalti.

Sejak pertandingan pertama Thomas Tuchel sebagai pelatih pada Januari 2021, Chelsea telah mencatatkan 39 clean sheet di semua kompetisi, sembilan lebih banyak dari tim mana pun dalam lima liga besar Eropa (Man City dan Sevilla sama-sama memiliki 30).

Catatan Penting

Statistik Liverpool

Liverpool berharap untuk memenangkan Piala Liga untuk kesembilan kalinya. Keberhasilan terakhir mereka terjadi pada 2012 ketika mereka mengalahkan tim Championship Cardiff City melalui adu penalti.

Mereka tampil di final ke-13 mereka dalam kompetisi, empat kali lebih banyak dari klub lain mana pun.

Tidak termasuk pertandingan Liga Primer melawan Tottenham, Liverpool belum pernah memenangkan satu pun dari lima pertandingan terakhir mereka di Wembley, kalah dua kali dan seri tiga kali. Tiga hasil imbang itu diakhiri dengan kekalahan melalui adu penalti.

Pasukan Jurgen Klopp telah menang tiga kali dan kalah tiga kali dari enam adu penalti terakhir mereka di semua kompetisi sejak 2019.

Liverpool tidak terkalahkan dalam 12 pertandingan sejak kekalahan mereka di King Power Stadium melawan Leicester pada 28 Desember. Mereka telah memenangkan sembilan pertandingan terakhir mereka di semua kompetisi dengan skor agregat 25-3.

Liverpool ingin menjaga clean sheet kelima mereka dalam satu kampanye Piala Liga untuk pertama kalinya dalam 35 tahun.