Derbi London barat pertama the Blues musim ini adalah pertandingan tengah pekan. Sejarawan klub Rick Glanvill dan ahli statistik klub Paul Dutton meninjau kunjungan kami ke rumah the Bees…

Chelsea yang berada di posisi keempat klasemen akan melakukan perjalanan lima mil menyusuri sungai Thames untuk menghadapi Brentford, yang kembali merangkak naik ke papan atas setelah kemenangan kandang Jumat melawan Brighton.

Ini adalah yang kedua dari setengah lusin derbi London barat yang dimainkan di Liga Primer musim inidan pertandingan tandang liga kedua berturut-turut untuk The Blues yang bangkit kembali setelah kemenangan kami di Aston Villa pada hari Minggu.

Chelsea telah menang lima kali berturut-turut di semua kompetisi, tidak terkalahkan dalam enam pertandingan dan hanya kebobolan dua kali di bawah pelatih baru, memenangka ketiga pertandingan di kasta tertinggi sejak kedatangannya. Ada catatan pendahulunya: empat dari tujuh pelatih Liga Primer yang memenangkan empat pertandingan pertama mereka melakukannya di Stamford Bridge: Jose Mourinho (2004), Guus Hiddink (2009), Carlo Ancelotti (2009) dan Maurizio Sarri (2018).

Ini adalah perjalanan tandang keenam the Blues di liga, masing-masing hingga saat ini menghasilkan skor yang berbeda. Kami telah memenangkan sembilan dari 10 pertandingan tandang terakhir kami di Liga Primer, membukukan tujuh clean sheet dalam periode itu.

Kabar tim Chelsea

Di luar penyelesaian Mason Mount dan penyelamatan Kepa Arrizabalaga, kemenangan hari Minggu melawan Aston Villa tidak menghasilkan banyak poin pembicaraan. Namun penjaga gawang Spanyol itu melakukan apa yang secara luas dianggap sebagai penampilan terbaik sejak Edou Mendy dalam pertandingan malam ini musim lalu.

Kepa membutuhkan satu pukulan lagi untuk mencapai angka 50 untuk klub, dan kemenangan kelima berturut-turut tanpa kebobolan akan menjadi rekor terbaik kami sejak rekor Petr Cech terhenti pada Januari/Februari 2007.


Tanpa adanya kendala cedera baru, namun faktor usia pemain dan beban kerja harus menjadi pertimbangan, Graham Potter dapat meninjau kembali cara terbaik untuk menangani pemain yang absen lama seperti Wes Fofana, Reece James dan N'Golo Kante. Secara khusus, tidak ada pengganti yang sepadan untuk Kames dan kemampuannya untuk mengunci seluruh sisi kanan, berkontribusi pada peningkatan performa menyerang The Blues dan membatasi serangan lawan.

Hingga turun minum di Villa Park, Potter memainkan Raheem Sterling sebagai bek sayap dan Marc Cucurella bek tengah sisi kiri, memindahkan Ruben Loftus-Cheek ke kanan setelah turun minum dan memasukkan Kalidou Koulibaly untuk menopang pertahanan tengah.


Perubahan dan pergantian pemain yang efektif lebih lanjut menegaskan kepiawaian sang pelatih dalam menemukan solusi yang bisa memecahkan masalah dan ia akan mempertimbangkan pemilihan pemain untuk menghadapi formasi dua striker Brentford yang penuh percaya diri malam ini.

Di ujung lain dari lapangan Chelsea harus mencari formula untuk membongkar pertahanan Bees yang rapat dan rapi, terbukti ketika mereka menghadapi Arsenal dan Newcastle. Mount menatap laga ini dalam performa yang bagus, memiliki andil terhadap empat gol dalam dua pertandingan terakhirnya di Liga Primer.

Kombinasi gol dan assist di semua kompetisi 2022/23

Raheem Sterling

4 gol

2 assist

6 total

Mason Mount

2

4

6

Reece James

2

2

4

Pierre-Emerick Aubameyang

3

0

3

Kai Havertz

2

0

2

Jorginho

2

0

2

Ben Chilwell

1

1

2

Christian Pulisic

1

1

2

Marc Cucurella

0

2

2

Thiago Silva

0

2

2

Armando Broja

1

0

1

Wesley Fofana

1

0

1

Conor Gallagher

1

0

1

Kalidou Koulibaly

1

0

1

Mateo Kovacic

0

1

1

Ruben Loftus-Cheek

0

1

1

Bees berdengung lagi

Brentford’s Community Stadium dikenal sebagai Hive dan berdengung kembali setelah kemenangan 2-0 atas Brighton Jumat lalu. Di awal musim, mereka mengalahkan Man United 4-0 dan mengalahkan Leeds 5-2, meskipun baru-baru ini Arsenal menang 3-0 dan Bournemouth bermain imbang 0-0.

Thomas Frank, yang merayakan tahun keempat pekerjaannya sebagai bos Brentford, umumnya memainkan formasi 4-3-3, atau 3-5-2 saat menghadapi enam tim teratas, masing-masing dirancang untuk bermain dengan kekuatan timnya. Mereka sangat mantap dalam bertahan tetapi mematahkan serangan lawan dengan cepat dan langsung, menyerang dengan jumlah pemain yang banyak, kemudia menekan dengan garis tinggi dan memblokir alur bola lawan ke tengah. Tembok itu yang harus dibongkar oleh Chelsea untuk mengekspos kekurangan pemain mereka di belakang.

Lini depan mereka yang berbahaya dipimpin oleh Ivan Toney yang sedang dalam performa terbaiknya, yang telah mencetak enam gol dalam lima pertandingan terakhirnya dan berkembang pada momen-momen brilian yang singkat ketimbang terus-menerus menghadirkan ancaman. Tiga pertandingan The Bees dengan penguasaan bola terendah (27 persen melawan Brighton, 33 Man United dan Leeds) telah memberikan satu-satunya kemenangan liga mereka.


Hanya Bournemouth (4,8 per game) yang menciptakan lebih sedikit tembakan dari permainan terbuka musim ini daripada Bees (6,5), yang sangat bergantung pada rutinitas set-play. Hanya Newcastle, Manchester City dan Liverpool yang menghasilkan lebih banyak tembakan dari situasi seperti itu. Tapi, mereka telah kebobolan lima kali dari bola mati dan mencetak empat gol. Senjata lainnya, lemparan ke dalam panjang gelandang Mathias Jensen, menghasilkan penalti melawan Brighton.

Cedera membuat bek tengah reguler dan terkadang kapten Pontus Jansson serta gelandang bertahan yang ulet Christian Norgaard harus menepi.

Menang, kalah, seri

Kembalinya Fulham ke kasta tertinggi musim ini memastikan akan ada enam derbi London barat di Liga Primer, dan the Whites memenangkan yang pertama, mengalahkan Brentford 3-2 di Craven Cottage.

Dalam mengalahkan The Bees pada kunjungan perdana kami ke lapangan ini musim lalu, Chelsea menjadi tim pertama di empat kasta teratas sepakbola Inggris yang memenangkan tujuh derbi London tandang berturut-turut, hanya kebobolan satu kali dalam periode itu.


The Blues kembali memenangkan pertandingan tandang liga berturut-turut (keduanya di Crystal Palace) di ibu kota sejak kalah di West Ham pada bulan Desember. Musim lalu tim tandang memenangkan ketiga pertemuan antara Chelsea dan Brentford di semua kompetisi.

Derbi London barat di Liga Primer 1992-22

Laga

M

S

K

GD

Pts

PpG

1

Chelsea

46

27

14

5

37

95

2.07

2

Fulham

35

5

10

20

-22

25

0.71

3

QPR

18

4

4

10

-16

16

0.89

4

Brentford

3

1

0

2

1

3

1.00