Cesar Azpilicueta mengingat kenangan masa kecilnya di Piala Dunia, menjelaskan mengapa Qatar memiliki resonansi khusus untuknya dan menantikan turnamen yang akan datang dalam wawancara pemain eksklusif terbaru kami…

Kapten Chelsea sedang mempersiapkan Piala Dunia ketiganya setelah mewakili negaranya 41 kali sejak melakukan debutnya sembilan tahun lalu. Ia menjadi kapten Spanyol tahun lalu, dan juga mencetak gol pertamanya untuk negaranya pada 2021 dalam kemenangan dramatis mereka di Euro atas Kroasia.

Di sini Azpilicueta membahas beberapa pembelajaran yang telah ia dapatkan selama waktunya di panggung internasional, mengungkapkan seberapa dekat ia menjadi pemenang Piala Dunia, dan mulai dengan yang paling awal...

Piala Dunia pertama yang Anda ingat pernah menontonnya?

Prancis '98, lalu Jepang dan Korea pada 2002.

Apa kenangan Anda menonton keduanya?

Pada 2002, saya menonton pertandingan di rumah bersama keluarga saya sebelum sekolah. Saya ingat tahun '02 khususnya, ketika Spanyol disingkirkan oleh Korea dalam pertandingan kontroversial.


Pada 2006, saya menonton final antara Italia dan Prancis dengan teman-teman saya di Pamplona, saya ingat betul saat festival San Fermin.

Momen Piala Dunia yang tak terlupakan?

Saya harus mengatakan ketika Spanyol memenangkan Piala Dunia. Itu adalah kenangan terbaik. Saya baru saja menandatangani kontrak dengan Marseille dan saya menontonnya di kamar hotel bersama Fernando Morientes, yang saat itu berada di Marseille. Pramusim baru saja dimulai dan rasanya cukup menyenangkan kembali berlatih!


Ada pemain yang pernah bersama saya di U-21, seperti Javi Martinez dan Juan Mata, dan yang lain yang sering saya lawan di La Liga. Saya memiliki hubungan dekat dengan beberapa orang jadi sangat menyenangkan untuk melihatnya, tetapi sebenarnya saya hanya menonton sebagai penggemar.

Anda sebenarnya dekat dengan skuad tersebut…

Saya sebenarnya masuk dalam daftar awal 30 pemain untuk turnamen. Itu benar-benar tidak terduga. Saya menerima telepon dari manajer tim di Osasuna yang mengatakan bahwa saya memiliki kesempatan untuk masuk dalam daftar awal. Saya belum pernah bermain untuk Spanyol, saya pernah bermain dengan tim U-21, jadi ketika mereka mengatakan saya masuk, itu adalah kejutan besar. Itu adalah hadiah yang tidak saya duga, meski pun kami tidak bertemu untuk kamp pelatihan atau apa pun sebelum daftar skuad dirampingkan.

Kostum Piala Dunia favorit Anda?

Saya sangat menyukai seragam tandang putih kami di USA '94.


Apa stadion yang Anda inginkan untuk memainkan final Piala Dunia?

Yang di Qatar!

Anda melakukan debut internasional Anda di Qatar…

Itu adalah pertandingan persahabatan melawan Uruguay. Itu adalah pertemuan singkat dari hari Senin hingga pertandingan pada hari Rabu. Kami tidak punya banyak waktu, hanya satu sesi latihan dan permainan. Itu luar biasa karena saya bermain 90 menit dan kami menang 3-1.

Apa harapan untuk Spanyol di turnamen ini?

Sangat penting untuk mempertahankan identitas kami dan cara kami bekerja sama untuk waktu yang lama, dan kemudian membawanya ke dalam permainan.

Piala Dunia adalah yang terbesar di dunia di mana semua orang ingin memainkan level tertinggi mereka, dan dari sudut pandang kami, kami akan mencoba untuk mencapainya pada waktu yang tepat.


Apa yang telah Anda pelajari dari dua Piala Dunia yang Anda ikuti?

Tidak terlalu bagus! Kami tidak mendapatkan hasil yang baik, tetapi itu memberi Anda pengalaman seperti apa suasananya dan memahami seberapa besar Piala Dunia itu.

Ini adalah turnamen yang berjalan sangat cepat. Anda perlu bermain dan mendapatkan hasil dengan cepat. Dan ini akan menjadi Piala Dunia yang berbeda karena berada di tengah musim Eropa. Tim yang beradaptasi paling cepat akan memiliki sedikit keuntungan.

Spanyol v Jerman adalah salah satu pertandingan grup yang menarik, dan Anda akan melawan Kai Havertz

Ini sangat menarik. Bermain melawan rekan setim klub Anda adalah bagian dari sepakbola. Di Euro saya menghadapi Kova, Emerson, Jorgi. Jerman v Spanyol selalu menjadi pertandingan besar dan saat Anda mengenakan seragam yang berbeda, Anda selalu berusaha keras!


Siapa yang menjadi favorit untuk turnamen ini?

Anda mungkin berpikir beberapa tim memiliki lebih banyak peluang daripada yang lain, tetapi ketika Anda tiba itu berbeda. Spanyol, misalnya, kami pergi ke Piala Dunia 2014 setelah memenangkan dua Euro dan satu Piala Dunia, lalu kami tersingkir di babak penyisihan grup. Tidak ada yang menduganya. Itu sebabnya sepakbola itu hebat. Anda harus membuktikannya setiap saat.