Ini adalah pertandingan tandang terakhir kami di Premier League sebelum Piala Dunia. Sejarawan klub Rick Glanvill dan ahli statistik klub Paul Dutton siap untuk berada di tepi laut pada hari Sabtu…

Chelsea menuju selatan pada hari Sabtu bersama Graham Potter, yang belum terkalahkan sejauh ini, akan menghadapi mantan klub Brighton untuk pertama kalinya sejak pindah ke Stamford Bridge tujuh minggu lalu. Ini merupakan awal yang berat bagi pelatih kepala baru The Seagulls Roberto De Zerbi, yang akan menghadapi masing-masing dari tim empat besar musim lalu pada bulan Oktober, dan sejauh ini tanpa kemenangan di semua lima pertandingan.

Sementara peningkatan Chelsea di panggung kontinental sangat mengesankan, pasukan Potter telah kehilangan empat poin dalam dua pertandingan liga domestik terakhir dan keluar dari empat besar. Pertanda untuk pertandingan pantai selatan, bagaimanapun, adalah positif.

Chelsea menang enam kali dan seri empat kali dari 10 pertandingan terakhir kami di divisi teratas melawan Brighton, dan tidak pernah kalah dari mereka di liga. Faktanya, Brighton bahkan tidak pernah unggul selama pertandingan Premier League melawan The Blues. Sementara Seagulls dicirikan sebagai tim yang malu-malu dalam mencetak gol, The Blues hanya mencetak satu gol liga lebih banyak daripada tuan rumah hari Sabtu.

Bagaimanapun, juara dunia adalah tim tandang terbaik kedua di papan atas musim ini, dengan 10 poin diklaim dari setengah lusin pertandingan, dan peringkat ketiga terbaik selama delapan pertandingan liga terakhir. Kami telah mencetak gol di masing-masing dari 10 pertandingan kami di Brighton di semua kompetisi.

Kabar tim Chelsea

Empat atau lima gol di Austria bukanlah hadiah yang berlebihan untuk beberapa permainan menyerang terbaik di bawah Potter. Peluang disia-siakan, kami kehilangan keunggulan lagi, tetapi ada banyak hal positif yang bisa diambil dari pertandingan, paling tidak pendekatan berani dari pelatih kepala.

Kontrol teratur menyerupai dengan serangan empat pemain depan, menghasilkan permainan menyerang yang lebih lancar dan peningkatan peluang dibandingkan dengan pertandingan terakhir melawan Villa, Brentford dan Manchester Utd. Di Brighton, Potter menggunakan pemain menyerang Leandro Trossard dan Solly March sebagai bek sayap, dan di Salzburg ia mengisi kedua sayap penyerangan dengan Christian Pulisic dan Raheem Sterling mendorong.

The Blues juga mengalahkan tekanan Salzburg dengan runtutan operan progresif, mengirimkan bola ke rekan satu timnya di kotak penalti beberapa saat kemudian, sementara gelandang seperti Mateo Kovacic dan Conor Gallagher secara teratur mengganggu lini pertahanan tim Austria.


Gol mereka menjadi pengingat bahwa bek sayap yang bermain sangat tinggi membawa risiko, karena The Blues tidak dapat pulih dengan cukup cepat setelah pelanggaran Thiago Silva yang gagal di garis tengah. Manfaatnya, bagaimanapun, pada akhirnya jauh lebih negatif. Itu adalah sepak bola yang berani dan efektif.

Sementara sumber daya tetap terkuras, Potter akan senang melihat Pulisic berperan dalam kedua gol tersebut, Gallagher menampilkan penampilan terbaiknya dengan seragam biru tua, dan Trevoh Chalobah melanjutkan performa impresifnya.

Yang paling memuaskan adalah serangan spektakuler dari Kova dan Kai Havertz, dengan janji akan lebih banyak lagi yang akan datang. Berharap juga dengan benturan pemain Kroasia itu tidak terlalu serius dan bek tengah Kalidou Koulibaly siap untuk kembali akhir pekan ini. Setelah absen tengah pekan, Mason Mount dan Ben Chilwell bisa kembali beraksi.

Sussex di tepi laut

Roberto De Zerbi masih mencari kemenangan pertamanya setelah lima upaya sejak mengambil alih, dan hanya mendapat dua poin dari kemungkinan 15. Brighton telah turun dari urutan keempat ke kesembilan dalam tabel sejak kehilangan Graham Potter dan staf pelatih kunci lainnya, dan sudah menjual pemain kunci seperti Marc Cucurella, yang sekarang bermain di London barat, dan Yves Bissouma.

Gelandang Adam Lallana mengeklaim sesi latihan pelatih asal Italia itu lebih lama dan lebih taktis, dan dia membuat lebih sedikit perubahan pada personel dan pendekatan daripada pendahulunya. Brighton masih ingin mempertahankan penguasaan bola tetapi bermain untuk bek sayap Leandro Trossard dan Solly March (lebih disukai mantan the Blues Tariq Lamptey) atau striker tunggal Danny Welbeck lebih langsung dari sebelumnya.

Dalam formasi 3-4-2-1, mereka menekan pertahanan melalui Pascal Gross dan Lallana, selalu mencari operan segitiga atau tumpang tindih di belakang pertahanan. Keempat gol Brighton di Premier League di bawah pelatih baru, termasuk hat-trick di Anfield, dicetak oleh Trossard, sebagian besar dari pergerakan tersebut.


Gelandang tengah Moises Caicedo dan Alexis Mac Allister telah bermain setiap menit sampai terakhir kali melawan City, ketika Billy Gilmour (penandatanganan hari batas waktu dari Chelsea oleh Potter) masuk.

Lallana dan bek kanan tengah Joel Weltman juga diganti di Etihad dengan masalah yang dapat menghalangi partisipasi mereka akhir pekan ini. Bek pinjaman Levi Colwill tidak memenuhi syarat untuk menghadapi klub induk Chelsea.

Pesisir selatan yang nyaman

Kekalahan 2-1 Chelsea di St Mary's pada bulan Agustus adalah satu-satunya kekalahan dalam lima kunjungan terakhir kami ke salah satu klub pesisir selatan Liga Primer: Brighton, Portsmouth dan Southampton.

Lima pertandingan liga terakhir Chelsea atas klub pesisir selatan

Brighton S M S M M
Southampton K M S M M
Portsmouth M M M S M

Laga Piala Dunia

Piala Dunia musim dingin semakin dekat, dengan menyisakan tiga pertandingan lagi sebelum Liga Primer berhenti. Klub berlomba-lomba untuk posisi yang akan dikunci selama enam minggu dari penutupan permainan pada hari Minggu 13 November hingga dimulainya kembali sepak bola papan atas pada Boxing Day.

Big six – pertandingan mereka sebelum Piala Dunia

Arsenal

Man City

Tottenham

Newcastle

Chelsea

Man Utd

Forest kandang

Leicester tandang

Bournemouth tandang

Aston Villa kandang

Brighton tandang

West Ham kandang

Chelsea tandang

Fulham kandang

Liverpool kandang

Southampton tandang

Arsenal kandang

Aston Villa tandang

Wolves tandang

Brentford kandang

Leeds kandang

Chelsea kandang

Newcastle tandang

Fulham tandang