Pertandingan terakhir dari paruh pertama kampanye Liga Primer Chelsea menghadirkan Crystal Palace ke Stamford Bridge pada hari Minggu untuk kick-off pukul 9 malam WIB.

Derbi London kedua berturut-turut untuk tim pria, dan ketiga secara keseluruhan dalam waktu empat hari dengan Chelsea Women bermain di Arsenal pada hari Minggu, terjadi setelah pertandingan dengan tetangga terdekat Fulham yang berakhir kekalahan dan penambahan lagi daftar pemain yang tidak dapat dimainkan oleh Graham Potter.

Bekerja keras, tetap fokus, tetap bersama adalah pesan pelatih setelah kemunduran di Fulham, dan para penggemar dapat memberikan kontribusi besar untuk itu akhir pekan ini.

Meskipun mengalami kesulitan baru-baru ini, The Blues belum kebobolan di Bridge pada satu jam pertama pertandingan liga musim ini dan merupakan satu-satunya klub dalam kompetisi dengan clean sheet di setiap babak pembukaan di kandang. Hanya Manchester United (empat) dan Newcastle (lima) yang kebobolan lebih sedikit gol liga di kandang mereka sendiri musim ini daripada Chelsea (tujuh).

The Blues juga telah memenangkan 10 pertemuan liga terakhir berturut-turut dengan Crystal Palace. Hanya melawan Sunderland (11) dan West Bromwich (12) dalam sejarah liga kami, kami menikmati kemenangan beruntun yang lebih lama.

Kabar tim Chelsea

Chelsea sangat membutuhkan dukungan moral menyusul kekalahan ketujuh dalam 10 pertandingan di semua kompetisi dan berkurangnya jumlah pemain yang bermain karena cedera dan skorsing.

Joao Felix menjadi pemain ke-12 yang melakukan debutnya untuk The Blues musim ini dan menjadi angin segar sebelum tekel yang berujung kartu merah dan larangan bermain tiga pertandingan. Joao akan menjalani skorsingnya akhir pekan ini, di Liverpool, dan di kandang Fulham pada awal Februari.

Selain itu, Denis Zakaria, sesuatu yang menjadi tumpuan di lini tengah sejak debutnya mencetak gol pada bulan November, tampaknya menderita cedera yang akan membuatnya absen untuk beberapa waktu.


Ruang perawatan yang penuh adalah salah satu alasan mengapa The Blues telah menggunakan lebih banyak pemain dalam kampanye Liga Primer ini (27) daripada sepanjang musim lalu (26). Potter harus membuat perubahan lebih lanjut pada hari Minggu.

Kesalahan pertahanan yang mahal dalam beberapa pertandingan terakhir bisa membuatnya beralih ke Benoit Badiashile, bek tengah berkaki kiri jagoan di Monaco. Absennya Joao Felix berpotensi membuka jalan bagi rekrutan Januari lainnya, striker Pantai Gading berusia 20 tahun, David Fofana, yang mencetak 15 gol dalam 19 pertandingan awal untuk Molde di Norwegia.

Ruben Loftus-Cheek, yang menggantikan Zakaria dalam pertandingan pertama di Zagreb, mungkin akan menjadi pemain pertama dari pemain cedera jangka panjang yang akan kembali akhir pekan ini. Jika tidak, Carney Chukwuemeka, yang kuat dan tegas di Fulham, bisa starter melawan lini tengah Eagles yang berotot.


Bermain di Stamford Bridge juga memberi kita optimisme. Di luar tim enam besar, Chelsea hanya kalah dua kali di kandang sendiri di Liga Primer sejak Desember 2019 (dari West Bromwich pada April 2021 dan Brentford pada bulan yang sama setahun kemudian).

Menilik oposisi: Crystal Palace

Rekor Crystal Palace baru-baru ini di Januari ini tidak akan meningkatkan kepercayaan diri klub yang berada di posisi ke-12 ini. Mereka hanya merasakan kemenangan dalam dua dari 15 pertandingan Liga Primer terakhir mereka yang dimainkan selama 31 hari pembukaan tahun ini, dan belum pernah memenangkan salah satu dari 10 derbi London terakhir mereka di bulan Januari.

Pelatih kepala Palace Patrick Vieira biasanya mengatur timnya dalam formasi 4-2-3-1 di kandang, 4-3-3 saat tandang, yang berarti lini depan yang dihadapi The Blues kemungkinan besar adalah Wilfried Zaha sebagai penyerang tengah, diapit oleh Jordan Ayew dan Eberechi Eze.

Dengan cederanya James MacArthur, lini tengah mereka harus terdiri dari trio Cheick Doucoure, Michael Olise dan Jeffrey Schlupp yang bekerja keras dan agresif. Nathaniel Clyne, Joachim Andersen dan produk Akademi Chelsea, Marc Guehi, membentuk empat bek reguler yang melindungi kiper Vincent Guaita. Tyrick Mitchell telah menjalani skorsing dan kemungkinan akan menggantikan Joel Ward di bek kiri.


Bagian-bagian awal dari kekalahan kandang 4-0 Palace di liga dari Spurs terakhir kali menunjukkan bahwa mereka memiliki kreativitas untuk menciptakan celah tetapi buruk dalam penyelesaian akhir. Hanya empat klub papan atas yang melakukan percobaan tembakan lebih sedikit dari pasukan Vieira, yang telah mencetak gol lebih sedikit dari semua kecuali lima rival. Meskipun begitu, rekor pertahanan mereka sangat jauh di papan tengah - lebih baik dari Tottenham atau Wolves. Seperti Chelsea, kesalahan individu di lini belakang sering kali menguntungkan lawan mereka.

Saat tandang, catatan The Eagles menunjukkan perbedaan besar antara saat mereka mencetak gol dan kebobolan gol di dua babak. Enam dari tujuh gol mereka (86 persen) tercipta di 45 menit awal, namun delapan dari 10 gol lawan mereka (80 persen) tercipta setelah jeda.

Menunjukkan cinta untuk Luca

Para suporter yang menghadiri pertandingan di Stamford Bridge akan memiliki kesempatan untuk menunjukkan penghargaan atas kehidupan dan kontribusi penyerang dan pemain-manajer tahun 1990-an, Gianluca Vialli, yang meninggal dunia pekan lalu.

Sebelum kick-off, tepuk tangan selama satu menit akan dipimpin oleh mantan rekan setimnya di Chelsea yang mengenakan kaos 'Vialli 9' dan akan ada spanduk yang dipimpin oleh para penggemar yang dipajang di Shed End dan Matthew Harding Stand. Pengunjung juga dapat menambahkan penghormatan mereka ke buku belasungkawa yang dibuka di Museum di ujung utara stadion. Versi online juga telah dibuka

  • Oleh sejarawan klub Rick Glanvill dan ahli statistik klub Paul Dutton