Babak penyisihan grup Liga Champions yang luar biasa padat selesai malam ini di Stamford Bridge. Sejarawan klub Rick Glanvill dan ahli statistik klub Paul Dutton bersiap untuk matchday enam…

Grup E ditutup malam ini dengan Chelsea menjamu Dinamo Zagreb, juara bertahan Kroasia dan pengunjung pertama ke Stamford Bridge dari negara itu.

The Blues telah memastikan posisi pertama di grup tetapi Dinamo membutuhkan kemenangan untuk masuk ke Liga Europa – membutuhkan kekalahan Red Bull Salzburg dari AC Milan. Rossoneri bisa mengamankan tempat di babak 16 besar dengan menghindari kekalahan, sementara tim Austria bisa finis di posisi kedua atau terendah di posisi keempat tergantung hasil. Semua pertandingan di masing-masing grup kick-off pada waktu yang sama, kedua pertandingan Grup E dimulai pukul 8 malam waktu Inggris (Kamis pukul 03.00 WIB).

Chelsea memastikan diri menjadi juara grup minggu lalu dan bakal mendapatkan lawan kami di babak 16 besar pada hari Senin. The Blues menang enam kali dan seri empat kali dari 10 pertandingan Liga Champions terakhir di Stamford Bridge, dengan rata-rata mencetak 2,3 gol per pertandingan.

Kabar tim Chelsea

Pekan lalu di Salzburg, Graham Potter menjadi pelatih Chelsea pertama sejak pemenang Liga Champions 2011/12 Robert Di Matteo yang tetap tak terkalahkan dalam empat pertandingan pembukaan Liga Champions.

Namun, lagi-lagi kehilangan pemain kunci di area krusial, penampilannya di semua kompetisi berakhir pada Sabtu. Brighton memberikan tekanan pada tiga bek tengah The Blues yang kewalahan di babak pertama Thiago Silva dua kali dipaksa untuk menggagalkan peluang emas dari lawan di garis gawang.

Meskipun skor akhir yang berat, ada pengulangan yang akrab yang memiliki peluang 2-0 dan 3-1 telah dicetak, itu bisa mengubah hasilnya. Di Liga Champions, delapan gol The Blues dicetak oleh tujuh pemain berbeda, dengan Pierre-Emerick Aubameyang memimpin dengan dua gol. Dalam kekalahan di pertandingan sebelumnya, hanya tiga dari 15 upaya kami ke gawang yang tepat sasaran dan ketegasan di kotak Dinamo kurang. Ada waktu untuk berbenah.

Kemenangan malam ini akan menjadikannya empat kemenangan berturut-turut bagi The Blues di Eropa, meskipun dengan mengamankan posisi teratas dan laga melawan Arsenal pada hari Sabtu, Potter mungkin mengistirahatkan satu atau dua pemain berkinerja tinggi. Absennya Mateo Kovacic dari latihan kemarin mungkin membuka peluang bagi pemain pinjaman Denis Zakaria, yang belum tampil, dan kemungkinan starter untuk striker Armando Broja.

Edou Mendy tampaknya yakin untuk merebut kembali pos penjaga gawang, setelah menggantikan Kepa yang cedera di babak pertama pada hari Sabtu, sementara Kalidou Koulibaly yang fit mungkin perlu beberapa menit bermain setelah absen dalam tiga pertandingan, memungkinan formasi empat bek. Conor Gallagher dan Mason Mount hanya kurang satu kartu kuning dari skorsing satu pertandingan dapat memengaruhi pemikiran pelatih kepala.


Hantaman Zagreb

Tiga perempat poin Dinamo Zagreb dan sepertiga dari gol mereka tercipta saat mengalahkan The Blues 1-0 pada September, meski juara Kroasia itu kebobolan dua pertiga penguasaan bola pada malam itu.

Hanya satu tim yang pernah mengalahkan Chelsea di kandang dan tandang dalam kampanye penyisihan grup Liga Champions: Basel pada 2013/14, dengan Mohamed Salah mencetak gol di kedua pertandingan tersebut. Namun tim asuhan Ante Cacic memiliki rekor tandang yang buruk di kompetisi ini, mencatat 16 kekalahan dari 17 pertandingan tandang terakhir, termasuk dua di musim ini.

Mislav Orsic, pemain berbahaya yang mencetak gol kemenangan melawan tim London pada bulan September, dan pencetak gol terbanyak Bruno Petkovic, yang membantunya, masuk sebagai pemain pengganti dalam kekalahan 1-0 akhir pekan Dinamo di Osijek, seperti halnya kapten yang diistirahatkan Arijan Ademi. Cacic mengatur empat bek untuk perjalanan itu tetapi cenderung memilih formasi 3-1-4-2 dalam kompetisi ini dan mungkin tanpa dua bek tengah, Josip dan Bosko Sutalos.


Sebagai pemuncak klasemen di liga negaranya, Dinamo memainkan gaya sepak bola yang agresif dan langsung, dengan Dino Peric menduduki posisi teratas dalam urusan sapuan dan kiper Dominik Livakovic memberikan jarak terjauh dalam umpan ke depan, meskipun dengan tingkat penyelesaian 65 persen.

Tim tamu tahu mereka harus menang agar bisa bernapas di Liga Europa tahun depan, tetapi setelah kekalahan hari Sabtu mempersempit jarak di puncak, pembaruan dari pertandingan Grup E lainnya dapat mendorong Cacic untuk melindungi pemain topnya untuk liga domestik.

Sosok di tengah lapangan

Francois Letexier memimpin sekelompok ofisial dari Prancis malam ini. Satu-satunya pertandingan Chelsea sebelumnya adalah kemenangan kandang 4-0 atas Malmo pada Oktober 2021 dengan Jorginho mencetak dua penalti.

Selanjutnya di Liga Champions

Undian babak 16 besar akan berlangsung mulai pukul 11.00 waktu Inggris pada Senin 7 November. Sebagai klub unggulan, Chelsea akan berhadapan dengan lawan non-Premier League yang menempati posisi kedua grup, dan leg kedua akan dimainkan di Stamford Bridge. Hasil Selasa mengkonfirmasi empat dari enam klub yang menjadi lawan The Blues.

LAWAN POTENSIAL CHELSEA di BABAK 16 BESAR
Grup B Club Brugges
Grup C Inter Milan
Grup D Eintracht Frankfurt
Grup F Real Madrid atau RB Leipzig
Grup G Borussia Dortmund
Grup H Benfica atau Paris Saint-Germain