Pertandingan kandang pertama di tahun 2023 segera tiba, dan ini adalah laga besar lainnya dalam upaya the Blues memperbaiki posisi di klasemen Liga Primer...

Chelsea kemungkinan akan mengandalkan kekuatan terbesar kami malam ini – rekor pertahanan terbaik keempat di kasta tertinggi – saat sang juara dunia menyambut kampiun Liga Primer, Manchester City di Stamford Bridge untuk kick-off pukul 8 malam.

Kedua tim meraih hasil imbang di laga terakhir setelah membuka tahun baru dengan kemenangan di Liga Primer, tepat selepas jeda Piala Dunia, dan kedua tim akan bertemu lagi pada hari Minggu di Manchester untuk pertandingan Piala FA.



Untuk saat ini, pertandingan kandang pertama The Blues di tahun 2023 jatuh pada Twelfth Night, biasanya saat dalam nuansa Natal di Inggris, meski pun kami berharap masih ada kado indah malam ini.

Juara bertahan City telah kehilangan poin dalam lima pertandingan liga musim ini. Para pemain Chelsea – satu-satunya tim yang belum kebobolan di kandang selama satu jam permainan di liga – akan membutuhkan dukungan terbaik dari penonton malam ini untuk memastikan lawan akan kehilangan poin untuk keenam kalinya.

Kabar tim Chelsea

Ini adalah pertemuan kedua Chelsea dengan Manchester City musim ini, dengan yang ketiga terjadi di Piala FA pada hari Minggu esok. Untuk pertemuan Piala Carabao November di Manchester, kami kalah 2-0, Graham Potter mengistirahatkan pemain dan menggunakan tiga bek Trevoh Chalobah, Kalidou Koulibaly dan Marc Cucurella, dengan Ruben Loftus-Cheek dan Lewis Hall sebagai bek sayap.

Sejak kompetisi dimulai kembali, Potter memainkan formasi 4-3-3 namun jumlah peluang mencetak gol yang dihasilkan melawan Nottingham Forest yang terancam degradasi kembali memunculkan kekhawatiran tentang kedalaman skuad.

Sebelumnya, melawan Bournemouth, dengan Reece James di lapangan, The Blues hampir menyamai rekor 'expected goal' tertinggi kami yaitu 1,9 di kandang melawan Wolves. Namun melawan Forest kami tidak mampu mencetak gol kedua yang bisa saja mengunci kemenangan.


Sampai saat ditarik keluar di City Ground, peran Denis Zakaria sebagai gelandang tengah kanan membantu menopang sisi kanan di depan Cesar Azpilicueta, menggantikan James yang cedera, tetapi lawan kami malam ini bakal memberikan level ancaman yang berbeda dan lebih agresif di area melebar.

Raheem Sterling mungkin menjadi starter melawan mantan klubnya untuk pertama kalinya (ia menjadi pemain pengganti di babak kedua saat kekalahan Piala Carabao November di Etihad). Gol liga pertama rekrutan musim panas sejak Agustus adalah hal positif besar dari hasil imbang hari Minggu, begitu pula kesempatan menjalani menit pertama yang mengesankan dari bangku cadangan oleh Mateo Kovacic dan dari Hakim Ziyech, yang melanjutkan performa apik mereka di Piala Dunia untuk menciptakan peluang yang berpotensi memenangkan pertandingan, yang sayangnya tidak diimbangi dengan penampilan Pierre-Emerick Aubameyang.


Chelsea kemungkinan besar akan tetap tanpa beberapa pemain yang cedera – Armando Broja, Ben Chilwell, Wesley Fofana, Reece James, N’Golo Kante dan Edou Mendy. Kendala penyelesaian dokumen dan kebugaran fisik tampaknya akan membuat striker Pantai Gading yang baru direkrut, David Datro Fofana sulit untuk melakoni debutnya.

Intip lawan: Manchester City

Jauh dari krisis, tapi Manchester City telah kehilangan poin dalam dua dari empat pertandingan liga terakhir mereka (dan lima dari 16 pertandingan liga secara keseluruhan) untuk membuntuti pemimpin liga saat ini Arsenal dengan delapan poin. Dalam beberapa pertandingan itu sang juara kehilangan sentuhan mereka yang biasanya saat menyerang, dan hasil imbang lawan Everton yang main bertahan di Etihad memang mengejutkan.

Pasukan Pep Guardiola biasanya menyerang dan apik saat lawan tim-tim terbaik di Liga Primer, menang 6-3 di kandang dari rival sekota Man United. Tapi dua kekalahan (tandang Liverpool, Brentford di kandang) dan satu hasil imbang (3-3 di Newcastle) datang melawan tim-tim di tujuh besar musim ini. Mereka tidak terkalahkan melawan siapa pun yang saat ini berada di urutan kedelapan atau lebih rendah - dan Chelsea berada di urutan ke-10.

Jumlah gol striker Erling Haaland luar biasa tetapi Bournemouth, Brighton, Everton, Liverpool dan Wolves membatasinya untuk cuma melakukan dua tembakan, seringkali dengan menahan suplai kepadanya.

Pemain internasional Norwegia itu dijaga ketat oleh Ben Godfrey yang solid dan mengandalkan permainan fisik untuk Everton, namun etos kerja, kebersamaan, dan menutup ruang lawan, terutama di lini tengah, yang mampu menahan serangan City lebih lanjut.


Guardiola memulai laga dengan formasi 3-4-3 melawan The Toffees dan sedikit mengkritik performa para pemainnya, mengatakan ia akan melihat 'bahasa tubuh' dalam latihan sebelum memilih 11 pemain inti versus Chelsea. Kemungkinan besar ia akan memainkan Rodri di lini tengah, mantan Blues, Kevin De Bruyne dan Ilkay Gundogan baru-baru ini memegang kendali di sektor itu dan di sisi melebar, Phil Foden dan Bernardo Silva lebih difavoritkan untuk main sebagai starter ketimbang Jack Grealish dan Riyad Mahrez.

Chelsea akan berusaha untuk membuat lini belakang City tidak nyaman, terutama mencari celah antara John Stones dan Rico Lewis atau rekrutan musim panas Manuel Akanji. Ruben Dias pasti akan absen, tetapi bek tengah Aymeric Laporte mungkin akan kembali dari cedera dan penyerang pemenang Piala Dunia Julian Alvarez juga bisa tampil.

Chelsea dan City – Sejarah pertemuan

Laga Chelsea-Manchester City seringkali bermakna selama bertahun-tahun, terutama dalam beberapa tahun terakhir. Tidak ada rival yang mencatatkan lebih banyak kemenangan melawan The Citizens di era Liga Primer selain 27 milik Chelsea, lima di antaranya sejak awal musim 2016/17. Sama halnya, sebagai pelatih Pep Guardiola tidak pernah kalah dari klub mana pun lebih dari ia melawan tim London barat (delapan kali).

Meski begitu, The Blues selalu kalah dalam tiga pertemuan terakhir dengan City sejak sukses mengatasi mereka di final Liga Champions di Porto hampir dua tahun lalu. Di Liga Primer, kemenangan terakhir The Blues datang sebulan sebelum pesta juara itu, ketika Hakim Ziyech dan Marcos Alonso mencetak gol dalam kemenangan 2-1 di Etihad.

Untuk raihan tiga poin di Stamford Bridge kita harus kembali ke bulan Juni musim 2019/20 yang terkena dampak Covid. Dalam laga tanpa penonton, tim asuhan Frank Lampard memperkuat harapan lolos ke Liga Champions sekaligus menguntungkan Liverpool dalam perburuan juara Liga Primer setelah Christian Pulisic dan Willian menghadirkan kekalahan 2-1 bagi City.


Tiga kemenangan beruntun di semua kompetisi untuk Chelsea sejak itu dilanjutkan dengan tiga kemenangan berturut-turut untuk City, dan tim asuhan Graham Potter bertujuan untuk menghindari kekalahan kandang ketiga yang jarang terjadi di Liga Primer secara beruntun dari klub yang sama. Satu-satunya tim sebelumnya yang berhasil melakukannya adalah Blackburn (1993-96) dan Arsenal (2021-sekarang).

Chelsea vs Manchester City di Liga Primer

P M S K + -

50 27 7 16 71 52

Kamis yang spesial

Ini adalah pertandingan pertama Chelsea musim ini yang dimainkan pada hari Kamis, yang terbukti menjadi hari kerja yang menguntungkan bagi tim London dalam beberapa tahun terakhir. Faktanya, sejak April 2018 The Blues telah memainkan 25 pertandingan pada hari ini dalam seminggu di semua kompetisi, hanya kalah sekali. Di antara kemenangan dalam rangkaian itu adalah kunjungan Man City ke Bridge pada 25 Juni 2020, yang berakhir dengan kemenangan 2-1 untuk tuan rumah.

Nyaman di Bridge

Malam ini Stamford Bridge menjadi panggung laga terakhir Liga Primer pekan 19, dan laga kandang kedua Chelsea sejak jeda musim dingin. Sejauh ini, The Blues menjadi satu dari hanya tujuh tuan rumah (24 persen) yang merasakan kemenangan di kandang sendiri (dengan mengalahkan Bournemouth 2-0) dalam 29 pertandingan yang dimainkan sejak Boxing Day.


Ada tujuh hasil imbang (24 persen) tetapi 15 keberhasilan untuk tim tamu (52 persen), sangat bertentangan dengan tren papan atas secara keseluruhan musim ini dengan 46 persen kemenangan kandang, 31 persen tandang dan 23 persen hasil imbang.

Fulham dan Manchester United adalah satu-satunya klub yang mengamankan tiga poin dalam ketiga pertandingan sejak Piala Dunia. Keduanya, ditambah Arsenal, Brentford, Newcastle dan dua tim malam ini, Chelsea dan Man City, adalah satu-satunya tim yang tetap tak terkalahkan setelah turun minum.

Gol bunuh diri di ganda

Pekan lalu melawan Liverpool, Wout Faes dari Leicester menjadi pemain Liga Primer pertama yang mencetak dua gol bunuh diri dalam pertandingan yang sama selama hampir 10 tahun.

Hingga saat itu, kesalahan ganda terakhir dilakukan oleh Jonathan Walters dari Stoke City dalam kemenangan Chelsea 4-0 di Britannia Stadium pada 12 Januari 2013. Walters secara tidak sengaja mencetak gol pertama dari umpan silang Cesar Azpilicueta, kemudian sepak pojok Juan Mata. Pemain internasional Republik Irlandia itu kemudian memperparah sore yang menyedihkan itu dengan menyebabkan penalti untuk Chelsea, selain juga menyapu peluang yang mengenai wajahnya sendiri.

Tiga pemain lain yang mencetak dua gol bunuh diri dalam satu pertandingan Liga Primer: Gary Breen (Coventry) melawan Manchester United pada 1997, Jamie Carragher (Liverpool), juga melawan United pada 1999, dan Michael Proctor (Sunderland) melawan Charlton pada 2003.

  • Oleh sejarawan klub Rick Glanvill dan ahli statistik klub Paul Dutton