Sabtu menyuguhkan pertandingan kandang kedua minggu ini untuk the Blues dengan aksi domestik menyusul pertandingan kami di Eropa. Sejarawan klub Rick Glanvill dan ahli statistik klub Paul Dutton menyambut Wanderers…

Tim peringkat lima, Chelsea, menyambut Wolves, yang saat ini berada di posisi ke-18 dalam klasemen Liga Primer, dengan Graham Potter berharap awalan tak terkalahkannya berlanjut menjadi kemenangan pertama dalam lima pertandingan untuk tim London atas Wolves; tiga pertemuan terakhir berakhir imbang.

Jika demikian, The Blues akan mencatatkan rekor kandang tak terkalahkan di semua kompetisi melawan Wanderers menjadi 13 pertandingan, sejak 43 tahun yang lalu hingga Maret 1979. Itu adalah rekor kandang terlama kedua kami setelah melawan Fulham, yang kemenangan terakhirnya terjadi pada tahun 1964.

Manajer sementara James Collins dan Steve Davis akan bertanggung jawab untuk tim tamu akhir pekan ini setelah rekor tiga gol dalam delapan pertandingan liga dan tanpa gol dalam dua pertandingan terakhir mereka menyebabkan pemecatan Bruno Lage.

Ini adalah laga kandang perdana liga di Stamford Bridge selama lebih dari sebulan tetapi Chelsea bermodalkan kemenangan kandang besar di depan Eropa pada pertengahan pekan. Tim London telah mencetak setidaknya dua gol dalam empat pertandingan liga terakhir kami di Bridge dan tidak terkalahkan dalam tujuh pertandingan.

Masing-masing dari dua pertandingan liga terakhir, The Blues bangkit dari ketinggalan untuk menang 2-1; kami tidak pernah kebobolan lebih dulu dan menang tiga kali berturut-turut di Premier League.

Statistik Kunci

Chelsea telah memenangkan enam dari 10 pertandingan terakhir pada Sabtu pukul 15.00 waktu Inggris di Premier League di Stamford Bridge dan seri tiga kali, mencetak dua atau lebih dalam delapan di antaranya.

Kabar tim Chelsea

Ada banyak hal yang bisa dikagumi dalam kemenangan komprehensif hari Rabu atas AC Milan, paling tidak daya juang tak kenal lelah dan perburuan, kemitraan yang berkembang di seluruh lapangan, dan ketahanan di bawah tekanan sesekali. Lima lulusan Cobham bersinar lagi, terutama Reece James (sekarang pemain Chelsea termuda yang membantu dan mencetak gol dalam pertandingan Liga Champions yang sama) dan Ruben Loftus-Cheek dalam peran gelandang tengah yang diyakini banyak orang memanfaatkan kekuatannya.

Dengan dorongan dari pelatih set-play Anthony Barry dari pinggir lapangan, umpan silang yang dilayangkan di atas garis pertahanan pertama Milan menyebabkan masalah bagi tim tamu, dan membawa terobosan bagi Wesley Fofana, gol pertama untuk The Blues. Dengan gol keduanya berturut-turut sejak melepas topeng, Pierre-Emerick Aubameyang sekarang membukukan dua gol dari dua laga.

Jika pelatih kepala the Blues ingin menyalin dan meniru tim yang sama untuk Wolves, dia kurang beruntung karena Fofana keluar akibat cedera lutut. Penggantinya pada hari Rabu, Trevoh Chalobah, mengambil kesempatan untuk mengingatkan pelatih baru tentang kualitasnya, sementara Cesar Azpilicueta atau Marc Cucurella, juga bisa turun. Mengingat perjalanan hari Selasa ke Lombardy, Thiago Silva mungkin diistirahatkan, terutama karena Kalidou Koulibaly unggul di awal pertamanya di bawah Potter.

Edou Mendy kembali ke bangku cadangan pada pertengahan pekan tetapi Kepa Arrizabalaga bisa jadi mempertahankan posisi penjaga gawang dengan catatan nirbobol pertama musim ini sejak laga pertama di Everton.

Namun, mengembalikan kampanye Eropa ke jalurnya adalah satu hal. Chelsea perlu terus mengumpulkan hasil positif untuk mendapatkan kembali posisi yang hilang di papan atas. Wolves yang terluka adalah mangsa yang harus ditaklukkan The Blues untuk mencapai empat besar.

Mengisi kekosongan Lage

Sementara calon penghuni kursi panas untuk menggantikan bos Bruno Lage yang telah pergi masih bersaing, Wolves akan dipimpin oleh James Collins dan Steve Davis, masing-masing pelatih tim U-21 dan U-18 mereka pada hari Sabtu.

Daniel Podence, pencetak gol terbanyak mereka dengan dua gol, mengakui 'kami tidak mencetak gol, kami kebobolan banyak, jadi saya pikir kami harus menunjukkan karakter dan kepribadian yang berbeda.' Namun banyak pendukung Wanderers merasa pemain Portugal terlalu setia kepada pemain yang tampil starter meskipun penampilannya kurang dan menginginkan perubahan.

Dengan Conor Coady dan Willy Body hengkang dan Nathan Collins diskors, Lage memindahkan posisi kapten Ruben Neves dari lini tengah ke bek tengah antara Max Kilman dan Jonny Otto tetapi dalam pertandingan terakhir mereka, West Ham menang 2-0.

Pergantian Neves dari lini tengah membuat dua pemain, termasuk Joao Moutinho yang berusia 36 tahun, mengisi kekosongannya. Pilihan itu bukanlah pilihan di Stamford Bridge karena Neves telah mendapat lima kuning dan dilarang tampil.

Lage mengeklaim timnya adalah penampil yang berbeda dengan striker, dan cedera Raul Jimenez, Sasa Kalajdzic dan Pedro Neto mendorong langkah terlambat untuk Diego Costa, sekarang berusia 34 tahun. Mantan pemain Chelsea itu terhubung baik dengan sesama pemain pengganti Adama Traore di sisi kanan melawan The Hammers, dan melompat tinggi untuk menerima umpan silang dari rekan internasional Spanyolnya, meskipun sundulannya masih melebar.

Persamaan yang harus dipecahkan oleh para pelatih baru adalah tim dengan kepemilikan rata-rata tertinggi ketujuh memiliki total gol yang diharapkan lebih rendah (6,9xG) daripada rival papan atas mana pun kecuali Aston Villa dan Bournemouth. Mereka telah mencetak tiga gol di divisi terendah.

Ada yang bilang, klub Black Country telah menjadi raja comeback melawan Chelsea sejak kembalinya Liga Primer pada tahun 2018, menyelamatkan delapan poin dari kehilangan posisi melawan The Blues (lebih dari tim lain selama periode itu). Faktanya, kesempatan terakhir mereka mencetak lebih dari sekali di liga adalah hasil imbang 2-2 di Stamford Bridge pada bulan Mei – pertandingan pertama era Boehly/Clearlake.

Diego Costa pulang

Striker Wolves Diego Costa, pemenang gelar dua kali bersama Chelsea, adalah satu dari hanya tujuh pemain The Blues yang mencetak 50 gol atau lebih di Premier League. Tahun lalu bersama juara Serie A Brasil Atletico Mineiro ia memulai seperempat pertandingan dan mencetak empat gol, terakhir pada November. Pemain internasional Spanyol kelahiran Brasil melakukan debut bagi Wanderers di West Ham akhir pekan lalu.