Millie Bright dan Fran Kirby sama-sama menjadi starter dalam tim Lionesses yang mengalahkan juara delapan kali Jerman di final Euro 2022 pada Minggu sore.

Di Stadion Wembley yang terjual habis, kemenangan 2-1 setelah perpanjangan waktu memastikan trofi penting pertama untuk timnas wanita Inggris. Gol pertama, yang dicetak oleh pemain Manchester United Ella Toone, terjadi di pertengahan babak kedua, dengan gol penentu kemenangan pada menit ke-110 dari pemain depan Man City Chloe Kelly.


Rencana taktik timnas Jerman membatasi waktu Kirby dalam menguasai bola dan dia digantikan saat manajer timnas Inggris Sarina Wiegman melakukan perubahan reguler di babak kedua, tetapi Bright memainkan 120 menit penuh dalam pertandingan yang berlangsung panas, di mana kedua belah pihak sama-sama unggul.

Tembakan Jerman membentur mistar gawang ketika mereka tertinggal 1-0 sebelum menyamakan kedudukan melalui Lina Magull dengan 10 menit waktu normal tersisa untuk dimainkan, tetapi Lionesses sukses menghindari adu penalti ketika sepak pojok dibuat.

Dua belas pemain Chelsea tergabung dalam skuad untuk tujuh negara berbeda pada awal turnamen ini. Lima diantara mereka berhasil lolos ke keterlibatan di final.

Sementara Bright dan Kirby memulai, seperti yang telah mereka lakukan sepanjang turnamen, Jess Carter dan Bethany England berada di bangku Lionesses dan Ann-Katrin Berger termasuk di antara pemain pengganti Jerman.



Inggris menurunkan 11 pemain inti yang telah memainkan setiap pertandingan di Euro ini. Namun, ada gejolak sebelum kick-off untuk tim Jerman dengan pencetak gol terbanyak bersama turnamen Alexandra Popp absen karena cedera setelah pemanasan.

Adalah Kirby yang dengan cepat menciptakan peluang pertama pertandingan, dengan bola ke tiang belakang yang disundul Ellen White langsung ke kiper Jerman, Merle Frohms, yang sepanjang turnamen telah dipilih ketimbang Berger.

Di sisi lain, Lucy Bronze memberikan kontribusi penting, menyundul bola melewati tembakan Sara Daebritz sebelum melakukan percobaan lagi sendiri, tapi sekali lagi sundulan England berhasil digagalkan oleh Frohms.

Itu merupakan indikasi awal yang solid dari Lionesses bahwa Bright dapat menikmati kuarter awal laga dengan tenang. Dia adalah bagian dari blokade massal berbaju putih yang mencegah Jerman membuka skor selama perebutan mulut gawang. Pemeriksaan VAR memutuskan tidak ada pelanggaran penalti.

Jerman tampil membaik dan terus menguji lawan, tapi tetap saja Lionesses yang memiliki peluang terbaik saat babak pertama mendekat, dikirim melewati mistar oleh White. Laga mencapai waktu jeda tanpa gol. Seperti yang diharapkan, laga berjalan ketat dan menegangkan.


Ada kesalahan penilaian yang jarang terjadi dari Bright di awal babak kedua tetapi Jerman tidak memanfaatkan peluang itu. Magull kemudian menembak melebar dari gawang Inggris.

Sepuluh menit memasuki babak kedua, Kirby adalah salah satu dari dua pemain yang ditarik. Penggantinya adalah Toone dan onside oleh umpan luar biasa dari Keira Walsh. Menjaganya tetap tenang, penyerang itu melakukan chip ke kiper untuk memicu keriuhan dari mayoritas dukungan Inggris di Wembley.


erman masih belum terkalahkan dan peluang Magull membentur mistar gawang Inggris sebelum dia mencetak gol penyeimbang dengan penyelesaian dekat tiang. Laga pun berlanjut ke perpanjangan waktu.

Tambahan 30 menit tidak memiliki peluang sampai 10 menit terakhir ketika Lionesses memenangkan sepak pojok. Jerman gagal untuk melakukan sapuan dan pengganti Kelly melakukan gerakan tusukandari dalam area enam yard, dan kali ini keunggulan Lionesses berhasil dipertahankan.

Selamat untuk Lionesses kami atas kemenangan mereka!