Dengan Piala Dunia 2022 yang akan berakhir pada akhir pekan ini, kami melihat kembali beberapa pemain the Blues yang pernah mencapai partai puncak turnamen tersebut...

Sayangnya, dengan tersingkirnya Mateo Kovacic dan Hakim Ziyech di babak semi-final dan N'Golo Kante absen dari skuad Prancis karena cedera, tidak akan ada perwakilan Chelsea di final Piala Dunia tahun ini.

Namun, ada beberapa pemain the Blues yang tampil di pertandingan terbesar dalam 25 tahun terakhir, dan berikut kami detailkan finalis Piala Dunia dari Chelsea...

Marcel Desailly - 1998

Marcel Desailly menandatangani kontrak dengan Chelsea menjelang Piala Dunia 1998 dan selama beberapa minggu berikutnya menunjukkan bakatnya yang luar biasa saat Prancis memenangkan turnamen di kandang sendiri. The Rock tidak melewatkan satu menit pun dari turnamen sampai ia dikeluarkan karena dua pelanggaran di paruh pertama final, saat Les Bleus sudah unggul 2-0. Mereka menambah gol di sepertiga akhir.

Frank Leboeuf - 1998

Mitra bek tengah Desailly di final adalah Frank Leboeuf, yang menggantikan Laurent Blanc yang diskors. Melawan striker terbaik dunia, Ronaldo, Leboeuf unggul, membantu negaranya menjaga clean sheet di pertandingan terbesar.

William Gallas - 2006

William Gallas mengikuti jejak Desailly dan Leboeuf dengan bermain sebagai bek tengah untuk Prancis di final Piala Dunia. Tidak seperti pendahulunya, bagaimana pun, tidak ada akhir yang bahagia karena Prancis kalah adu penalti dari Italia. Gallas menjadi bagian integral saat clean sheet yang diperoleh dengan susah payah dalam kemenangan perempat-final dan semi-final Prancis atas Brasil dan Portugal.

Claude Makelele - 2006

Seperti Gallas, Claude Makelele bermain setiap menit di Piala Dunia 2006, yang berakhir dengan memilukan bagi Prancis. Performa lini tengahnya membuat Zinedine Zidane bisa bermain maksimal.

Andre Schurrle - 2014

Andre Schurrle tetap menjadi satu-satunya pemain non-Prancis yang bermain di final Piala Dunia saat membela Chelsea. Pemain Jerman itu diturunkan pada paruh pertama final 2014 mereka melawan Argentina, dan memberikan kontribusi nyata di perpanjangan waktu, merancang gol kemenangan brilian Mario Gotze.

Olivier Giroud – 2018

Olivier Giroud adalah titik fokus tim pemenang Piala Dunia Prancis terakhir kali dan, meskipun ia tidak mencetak gol selama turnamen di Rusia, kerja tanpa pamrihnya di lini depan membantu mengeluarkan yang terbaik dari pemain seperti Antoine Griezmann dan Kylian Mbappe.

N’Golo Kante – 2018

N'Golo Kante menjadi starter di setiap pertandingan selama perjalanan Prancis menuju kejayaan pada 2018, mengatasi ketakutan akan penyakit untuk bermain dalam kemenangan final 4-2 atas Kroasia. Sepanjang turnamen ia menampilkan dinamisme khasnya di lini tengah saat Les Bleus mempertahankan empat clean sheet untuk mengangkat trofi untuk kedua kalinya.