Setelah membuat penampilan perdananya lebih dari delapan bulan seiring cedera lutut jangka panjang, Ben Chilwell merenungkan malam yang menyenangkan di Goodison Park untuk dirinya sendiri dan tim.

The Blues mengeklaim tiga poin di akhir pekan dalam laga pembukaan Liga Primer berkat penalti Jorginho yang dikonversi di akhir babak pertama yang mendapatkan perpanjangan waktu, menandai penampilan yang luar biasa dari tim Thomas Tuchel.

Chilwell adalah sosok di balik pemberian tendangan penalti yang menentukan dan bek Inggris itu jelas senang dengan kontribusinya dalam kemenangan yang diraih dengan susah payah.

"Kami tahu bahwa datang ke sini akan selalu menjadi pertandingan yang sulit,” katanya setelah peluit akhir di Merseyside. "Kami memiliki banyak hal untuk diperbaiki dan ditingkatkan, tetapi hal utama adalah tiga poin dan kami mendapatkannya, jadi kami senang.

“Kami adalah tim dalam transisi dan kami masih berusaha untuk bekerja sama. Kami memiliki pemain baru yang telah terintegrasi dan kepemilikan baru sehingga kami masih bekerja keras dan pada dasarnya kami hanya mengambil setiap pertandingan saat itu datang."

Pada momen yang mengubah permainan, pemain berusia 25 tahun itu tidak ragu bahwa wasit membuat keputusan benar setelah Abdoulaye Doucare menabrak punggungnya saat dia melepaskan tembakan ke gawang.

"Jelas itu penalti," katanya. "Saya mencoba untuk menembak dan merasakan adanya kontak fisik, jadi saya rasa itu jelas penalti.

"Butuh waktu untuk kembali ke cara saya bermain sebelum cedera, tetapi itu adalah saat-saat di mana saya ingin memengaruhi permainan, mendapatkan bola di area itu dan menusuk ke dalam kotak. Syukurlah Jorgi mengeksekusinya dengan baik juga."

Chilwell membuat cameo singkat pada hari terakhir musim lalu melawan Watford tetapi ini adalah aksi penting pertamanya sejak akhir November dan dia menggambarkan emosi dalam menyelesaikan jalan panjang menuju pemulihan.

"Saya merasa baik dan siap," katanya. “Jelas ini adalah pertandingan pertama saya di Liga Primer untuk waktu yang lama, jadi saya sangat senang bisa kembali, ini adalah perasaan terbaik di dunia. Saya sudah absen untuk waktu yang lama sehingga untuk kembali ke Liga Primer dan memiliki dampak memenangkan penalti bagi tim untuk mendapatkan kemenangan adalah perasaan yang sangat menyenangkan.

"Saya telah bekerja keras untuk waktu yang lama untuk bermain di Liga Primer lagi dan rasanya luar biasa untuk kembali ke lapangan bersama para pemain. Saya telah menjalani seluruh pra-musim ditambah beberapa minggu ekstra di mana saya datang lebih awal tetapi ini benar-benar berbeda.

"Liga Premier kompetisi yang sangat intens, itulah mengapa ini adalah salah satu liga terbaik di dunia. Setiap minggu adalah pertandingan yang sulit terutama ketika Anda datang ke sini, salah satu tempat terberat yang akan datang, jadi saya senang mendapatkan kemenangan tetapi juga kelelahan."

Tuchel diyakinkan dengan komitmen bek sayap untuk bermain ketika mereka berbicara pada hari Jumat, dengan Marcos Alonso dikeluarkan dari skuat hari laga saat ia bersiap untuk menyelesaikan kepergian dari klub.

"Kami melakukan percakapan kemarin di mana dia bertanya apakah saya merasa siap dan saya menjawab tentu saja," tambah Chilwell. "Saya tidak tahu, tetapi saya merasa seperti menjadi diri sendiri. Saya bekerja keras selama musim panas jadi di pikiran saya secara mental dan fisik saya siap membantu tim."

Chilwell digantikan setelah bermain 65 menit oleh Ruben Loftus-Cheek, dengan Reece James beralih ke kiri, tetapi pemain baru Marc Cucurella yang menyelesaikan pertandingan di posisi itu.

Pemain Spanyol itu menyelesaikan penandatanganannya dari Brighton awal pekan ini dan akan menambah persaingan di barisan pertahanan, itu membuat Chilwell lebih bersemangat.

"Kami berada di klub sekelas Chelsea jadi akan ada banyak pemain bagus," katanya. "Persaingan untuk tempat utama akan menjadi sengit dan jelas kami akan saling mendorong satu sama lain di tim.

"Mereka semua melakukannya dengan sangat baik," tambahnya pada para debutan. "Mereka memengaruhi permainan dengan sangat positif, jadi kami sangat senang memiliki mereka.

"Mereka akan banyak membantu kami musim ini karena mereka adalah tiga rekrutan yang sangat bagus."