Seri terbaru dari serangkaian wawancara eksklusif pemain untuk Piala Dunia 2022, Christian Pulisic membagikan kenangannya menonton AS di turnamen sebelumnya dan berbicara tentang yang satu ini di Qatar...

Christian Pulisic, yang mencetak gol ke gawang Iran yang meloloskan timnya ke fase gugur, adalah satu dari anggota senior skuad muda AS di Qatar untuk Piala Dunia tahun ini, telah menjadi tokoh kunci selama kualifikasi mereka dan menjadi kapten tim untuk meraih kemenangan di Nation League CONCACAF 2021, ketika dia mencetak gol kemenangan melawan Meksiko di final.

Seperti semua rekan setim internasionalnya di Qatar, kecuali satu, 2022 adalah pengalaman pertama Pulisic bermain di Piala Dunia. Jelang AS menjadi tuan rumah edisi berikutnya, bersama tetangganya Kanada dan Meksiko, pemain sayap Chelsea ini berharap untuk meniru eksploitasi para pahlawan AS yang ia tonton di tahun 2010 dan 2014, yang sangat menonjol dalam kenangan Piala Dunia favoritnya.

Piala Dunia pertama yang Anda ingat?

"Saya sebenarnya berpikir hal pertama yang dapat saya ingat adalah ketika saya tinggal di Inggris ketika saya masih sangat muda. Saya hanya ingat menonton beberapa pertandingan bersama keluarga. Itu tahun 2006 dan saya baru berusia tujuh tahun, jadi saya tidak terlalu ingat, tentang turnamen atau berada di sekitar penggemar Inggris. Saya hanya ingat menontonnya bersama keluarga saya."

Apa kenangan Anda saat menyaksikan di masa muda?

"Itu selalu menjadi acara besar dengan keluarga, jadi kami akan duduk dan menonton sebanyak mungkin pertandingan. Keluarga saya sangat menyukai sepak bola, jadi kami semua berkumpul dan menonton pertandingan bersama, pastinya.

"Menonton Piala Dunia bersama mungkin bukan hal yang besar di Amerika seperti di Inggris, tapi yang pasti Anda berkumpul dengan keluarga dan menonton pertandingan jika Anda menyukai sepak bola."

Kenangan pertama saat menonton AS?

"Saya memiliki memori tentang Afrika Selatan di 2010, dengan pertandingan pembuka melawan Inggris, ketika Tim Howard dalam performa terbaiknya dan kesalahan Rob Green membuat Clint Dempsey mencetak gol penyeimbang.

"Saya selalu menyukai Piala Dunia dan menonton AS di Piala Dunia 2014 adalah beberapa kenangan terbaik yang saya miliki saat menonton sepak bola di masa muda, pastinya. Itu adalah turnamen yang sangat bagus bagi kami dan tim yang sangat bagus, dengan pemain seperti Howard, Dempsey dan Michael Bradley.

"Itu adalah salah satu di mana kami tidak beruntung karena tidak mengalahkan Portugal, karena mereka menyamakan kedudukan di waktu tambahan, dan kami mencetak gol kemenangan melawan Ghana. Kami melewati grup yang sangat sulit yang juga satu tim dengan Jerman di dalamnya, kami memiliki beberapa kenangan yang sangat bagus dari itu.

"Kedua turnamen itu adalah kenangan indah bagi saya, terutama 2014. Saya selalu ingin bermain untuk tim nasional, jadi itu menjadi inspirasi besar bagi saya. Mereka adalah beberapa pahlawan saya dan saya ingin menjadi seperti mereka, tentunya."

Gol favorit di Piala Dunia?

"Bagi saya, saya pikir itu ketika Landon Donovan mencetak gol melawan Aljazair pada menit ke-91 pertandingan grup terakhir tahun 2010. Itu adalah grup yang ketat dan kami terus berjuang sampai gol itu memberi kami kemenangan dan menempatkan kami di atas Inggris dan Slovenia.

"Hanya kenangan yang mengirim kami ke babak berikutnya sebagai juara grup dan selebrasinya. Saya hanya ingat berlarian di sekitar rumah saya dan itu adalah momen yang sangat besar, jadi itu seperti yang terbesar bagi saya, tentu saja."

Momen Piala Dunia yang tak terlupakan?

“Saya pikir final antara Italia dan Prancis pada tahun 2006 begitu menonjol, dengan Zinedine Zidane menanduk Marco Materazzi dan gol mereka kemudian adu penalti sebelum Italia menang. Ada begitu banyak kenangan Piala Dunia.

"Hanya mengingat beberapa gol terbaik, bukan AS, ada begitu banyak gol. Andres Iniesta mencetak gol untuk Spanyol di final 2010, Mario Goetze mencetak gol kemenangan untuk Jerman di final 2014, keduanya di perpanjangan waktu, momen-momen itu akan selalu diingat."

Pemain terbaik yang pernah Anda lihat di Piala Dunia?

"Saya bakal memilih James Rodriguez di Piala Dunia 2014 untuk Kolombia, ketika dia menjalani turnamen yang luar biasa. Dia mencetak beberapa gol fantastis dan itu spesial.

"Ada banyak penampilan luar biasa, tapi itu adalah pemain yang paling saya ingat, untuk beberapa alasan."

Seragam favorit Piala Dunia?

"Itu sebelum saya lahir, tapi saya jelas pernah melihat foto jersei AS tahun 1994 yang disukai semua orang dan bagus. Ada beberapa seragam luar biasa untuk AS sejak itu. Saya ingat semua seragam, bukan hanya di Piala Dunia, jadi sulit untuk memikirkan mana yang ada di Piala Dunia.

"Saya ingat satu yang berwarna biru dengan garis putih yang kami kenakan sebagai seragam kedua di Piala Dunia 2010 yang sangat bagus. Namun, ada begitu banyak yang bagus untuk AS yang saya ingat."

Pernahkah Anda bermain di Piala Dunia di tingkat muda?

"Saya bermain dan mencetak gol di Piala Dunia U-17 di Cile pada 2015. Kami menjalani grup yang sulit tetapi itu adalah pengalaman yang bagus. Itu momen besar bagi saya, itu istimewa, saya hanya berharap kami memiliki turnamen yang lebih baik. Kami memiliki tim yang hebat dan sayangnya kami baru saja mendapatkan beberapa hasil yang sulit, tetapi itu adalah pengalaman yang besar dan rasanya seperti Piala Dunia kecil, jadi itu spesial."

Stadion yang ingin Anda mainkan di final Piala Dunia?

"Bagi saya tidak masalah di stadion mana saya bermain final Piala Dunia, itu akan menjadi spektakuler di mana saja, tentu saja. Mudah-mudahan akan ada di Stadion Lusail di Qatar! Tapi di mana pun itu, saya pikir momen itu akan sangat istimewa, dengan keluarga saya di sana, jujur ​​saja, tidak masalah di mana Anda berada."

Bermain di Qatar 2022…

"Itu impian semua orang ketika Anda tumbuh dewasa, membayangkan diri Anda mencetak gol kemenangan di final Piala Dunia, ini adalah event terbesar yang pernah ada. Jadi mimpi yang menjadi kenyataan bisa bermain di Piala Dunia di Qatar, itu salah satu impian terbesar saya untuk bermain di Piala Dunia, untuk bersaing dan mencoba untuk menang.

"Orang-orang di AS sangat bersemangat, dukungannya telah berkembang pesat. Saya pikir banyak orang menonton kami di Piala Dunia di seluruh Amerika, jadi itu sangat spesial, dan orang tua saya pergi ke pertandingan. Ada dukungan besar untuk tim dan hanya untuk olahraga secara umum."

Apakah orang-orang di AS sudah bersemangat mengenai tuan rumah rumah Piala Dunia berikutnya?

"Saya pikir ada banyak kegembiraan tentang itu. Olahraga telah berkembang sangat pesat selama lima tahun terakhir dan sekarang Piala Dunia di AS, selama empat tahun ke depan olahraga ini akan terus berkembang, jadi ketika itu tiba saya pikir itu akan menjadi begitu besar.

"Orang-orang benar-benar akan datang dan mengadakan pertunjukan, itu akan menjadi langkah yang sangat besar hanya untuk sepak bola di negara kita.

"Piala Dunia adalah waktu terbesar bagi orang Amerika untuk menonton pertandingan, jadi pasti Piala Dunia membawanya ke level berikutnya, tetapi saya telah melihat permainan tumbuh begitu pesat secara umum."