Marc Cucurella telah menandatangani kontrak dengan Chelsea selama enam tahun dari Brighton & Hove Albion.

Bek serba bisa ini tiba hanya beberapa minggu setelah ulang tahunnya yang ke-24 setelah musim debutnya yang mengesankan di Liga Primer bersama Seagulls, di mana selama itu ia membuat 38 penampilan di semua kompetisi dan mencetak satu-satunya golnya dalam pertandingan kandang terakhir mereka melawan Manchester United.

Begitulah sifat positif dan cepat adaptasinya terhadap sepak bola Inggris, bermain dalam berbagai peran di sisi kiri termasuk bek sayap, bek sayap dan bek tengah, Cucurella terpilih sebagai Pemain Terbaik Musim Ini oleh pendukung Brighton dan rekan satu tim.

Secara khusus, penampilannya yang berenergi tinggi, tekel keras, dan serangan di sayap menarik perhatian, sementara kelincahan dua kaki dan keyakinannya pada bola adalah ciri utama dalam gaya bermain Brighton saat mereka mengamankan posisi terbaik di papan atas, di posisi kesembilan. Hanya tiga pemain yang mencatatkan lebih dari 93 tekelnya di Liga Inggris musim lalu.

Saat menandatangani kontrak dengan Chelsea, Cucurella berkata: “Saya sangat senang. Ini adalah kesempatan besar bagi saya untuk bergabung dengan salah satu klub terbaik di dunia dan saya akan bekerja keras untuk bahagia di sini dan membantu tim.”

Ketua Chelsea Todd Boehly mengatakan: “Marc adalah bek elit dengan kualitas Liga Primer yang terbukti dan dia semakin memperkuat skuad kami memasuki musim baru. Kami terus bekerja di dalam dan di luar lapangan, dan kami senang Marc akan menjadi bagian dari masa kini dan masa depan di Chelsea."

Behdad Eghbali dan José E. Feliciano , pemilik sekaligus co-controlling, mengatakan: “Kami sangat bersemangat untuk membawa Marc ke Chelsea dan dia adalah bagian penting lain dari pembangunan skuat kami saat kami memasuki musim baru. Kami semua menantikan untuk memulai di lapangan sekarang, dan Marc hanya menambah perasaan itu. Kami menyambutnya di klub!"

Sebelum pindah ke Pantai Selatan, Marc merasakan pendidikan sepakbola Catalan di negara asalnya Spanyol, di mana ia berkembang melalui tingkatan yang ada di Espanyol sebelum bergabung dengan Barcelona pada usia 14 tahun.

Dia bermain tiga musim penuh di La Liga, awalnya dengan status pinjaman di Eibar dan Getafe, sebelum bergabung dengan yang terakhir secara permanen pada musim panas 2020. Sebagian besar waktunya di Spanyol dihabiskan bermain sebagai gelandang kiri sebelum permainan bertahannya dikembangkan di bawah Graham Potter di Stadion Amex.

Pemain Spanyol itu melakukan debut internasional seniornya musim panas lalu, penampilan satu-satunya untuk La Roja hingga saat ini, dan meraih medali perak di Olimpiade Tokyo pada bulan berikutnya bersama tim U-23.