Raheem Sterling mencetak gol dalam Piala Dunia pertamanya saat Inggris memulai turnamen mereka dengan anggun, mengalahkan Iran 6-2.

Tendangan voli akrobatik Sterling membuat Three Lions unggul 3-0 pada 14 menit awal waktu tambahan babak pertama, yang ditandai setelah kiper Iran cedera. Dia dan Mason Mount bermain selama 70 menit dengan Conor Gallagher sebagai pemain pengganti yang tak terpakai di Stadion Internasional Khalifa di Doha.


Pada saat itu Inggris telah mengalahkan Iran dengan penampilan dominan di babak pertama. Menerapkan formasi 4-2-3-1, tim asuhan Gareth Southgate mulai bermain menyerang dan gigih, meski sempat tertunda lama setelah tabrakan antara kiper Iran dan bek tengahnya.

Adalah Mount yang memiliki peluang matang pertama Inggris ketika laga menginjak setengah jam, melepaskan tembakan ke sisi jaring usai menerima umpan datar Bukayo Saka. Sundulan Harry Maguire membentur mistar gawang beberapa menit kemudian saat Inggris meningkatkan tekanan.


Mount, berada di belakang Harry Kane dan dengan Sterling di sebelah kirinya, tampak sibuk di antara lini, sementara Sterling bebas bergerak sesuka hatinya, membebani sayap atau turun lebih dalam untuk berkreasi.

Pasangan Chelsea ini bekerja sama dalam membangun gol pertama Inggris pada menit ke-35. Mount menerima umpan di tepi kotak Iran dan memberikan umpan ke Sterling, yang memindahkannya melebar ke kiri ke Luke Shaw. Umpan silangnya disundul dengan rapi ke sudut oleh Jude Bellingham.

Keunggulan menjadi 2-0 pada menit ke-43, Saka melakukan tendangan voli dari tandukan Maguire, sebelum Sterling memahkotai separuh sepakbola yang brilian dengan gol ketiga yang brilian. Bellingham melancarkan aksi apik di lapangan dengan membidik Kane di sayap kanan. Umpan silang kapten terarah sempurna untuk Sterling, yang gerakannya tajam dan penyelesaiannya di udara dengan sisi luar sepatu.


Iran harus menunjukkan lebih banyak upaya menyerang setelah jeda dan itu membuka babak kedua. Sterling dan Kane bertukar umpan untuk menciptakan celah bagi penyerang kami, tetapi diblok. Tepat setelah satu jam Sterling mengontrol umpan lambung, melewati beberapa hadangan Iran sebelum menemukan Saka, yang memotong beberapa pemain bertahan sebelum memasukkan bola yang menjadikan gol keduanya.

Iran membalas satu gol melalui Mehdi Taremi, pencetak gol menakjubkan untuk Porto melawan Chelsea pada April 2021, tetapi Inggris segera membangun kembali keunggulan empat gol mereka. Hanya 49 detik setelah Sterling dan Mount diganti sebagai bagian dari pergantian empat pemain dengan 20 menit tersisa, Marcus Rashford menyelesaikan dengan percaya diri lewat sentuhan bola pertamanya sejak penampilan Inggris terakhirnya di final Euro.


Pemain pengganti lainnya, Jack Grealish, menambahkan gol keenam dari umpan Callum Wilson saat Inggris terus bersenang-senang setelah setahun tidak memenangkan pertandingan kompetitif. Penalti kontroversial yang direkomendasikan VAR dikonversi dengan tendangan terakhir tidak dapat meream performa ini, Southgate dan timnya akan mendekati sisa Piala Dunia dengan kepercayaan diri yang besar setelah kemenangan terbesar mereka di pertandingan pembukaan turnamen besar.