Seiring kemenangan besar timnya dalam pertandingan pertama Chelsea Women di Stamford Bridge sejak 2019, Emma Hayes memuji beberapa penampilan individu, tetapi juga permainan yang semakin matang dari timnya secara keseluruhan.

The Blues kembali memuncaki klasemen WSL berkat kemenangan 3-0 pada Minggu sore dengan tiga gol yang hadir di paruh pertama. Tentu saja itu adalah bagian dari permainan yang menyenangkan untuk Hayes terutama dalam pertandingan pertamanya di pinggir lapangan setelah beristirahat usai jalani operasi.

"Selama 45 menit saya melihat kedewasaan dan pertumbuhan dalam tim kami dalam cara kami mendistribusikan bola, rotasi, pola, pergerakan, hubungan, simetri - hal-hal yang menyatu dengan para pemain yang telah bermain bersama selama beberapa waktu yang lama sekali," ucap dia.

"Kami menjadi lebih baik dalam menguasai bola, terutama di lini tengah. Kami melakukannya dengan baik di babak pertama. Di babak kedua Tottenham meningkatkan apa yang mereka lakukan."


Hayes juga melengkapi kontribusi yang dibuat baik dari awal atau dari bangku cadangan oleh beberapa pemain yang jarang bermain akhir-akhir ini.

"Kami semua tahu bahwa ketika Anda tidak mendapatkan banyak menit bermain, mungkin ada penurunan, tetapi semua orang bekerja sangat keras di belakang, terutama mereka yang tertinggal di jeda internasional, dan semua orang berkontribusi pada penampilan.

"Itu adalah penampilan yang menonjol dari Jessie Fleming. Dia luar biasa. Dia melangkah hari ini dan dia, Sophie [Ingle], Kadeisha [Buchanan] dan Eve [Perisset] secara khusus pantas mendapatkan banyak pujian."


Fleming masuk menggantikan Pernille Harder dengan Perisset dipilih di depan Niamh Charles. Ingle dan Buchanan mempertahankanposisinya, seperti halnya pencetak gol Sam Kerr dan Erin Cuthbert. Hayes berbicara tentang kedua pemain itu, dan gol ajaib yang ditembakkan Cuthbert dari jarak jauh untuk menjadikannya 2-0.

"Saya yakin saya tidak akan berhenti mendengar tentang itu darinya!" katanya, "dan memang benar itu adalah serangan yang luar biasa, dari pemain yang luar biasa. Dengan komitmennya pada klub, saya pasti akan mendorongnya ke level berikutnya karena ada area dalam permainannya di luar keuletan. Secara posisi dia harus terus bekerja dan dia terbuka dan bersedia sepanjang waktu untuk terus berkembang, jadi saya menantikan langkah selanjutnya.


"Seperti yang kami katakan di London, Sam ibarat mustard, benar-benar mustard sebagai seorang pemain. Benar-benar kelas dunia sebagai penyerang tengah dan sebagai manusia.

"Hal-hal yang saya tonton di rumah dari televisi adalah sesuatu yang saya lihat dari yang dia kerjakan dalam pertandingan hari ini, dan saya sangat senang untuk menindaklanjutinya karena itulah yang dimiliki oleh para pemain top dan terbaik. Tidak hanya cukup menjadi pencetak gol, dia sadar bahwa hal-hal itu penting bagi permainan dan pertandingan tim dan dia melakukannya. Dia hebat."