Mateo Kovacic dan Ethan Ampadu sama-sama beraksi di UEFA Nations League pada Kamis malam, sementara dua pemain muda Chelsea terlibat dalam kemenangan Inggris U-21 atas Italia.

Kovacic dan Kroasia tahu bahwa jika mereka mengalahkan Denmark di kandang sendiri, mereka akan menyalip Denmark dan memuncaki Grup A1 menuju matchday terakhir pada hari Minggu, di mana mereka akan menghadapi Austria.

Pelatih Kroasia, Zlatko Dalic telah memainkan bintang Chelsea di keempat pertandingan Nations League mereka sebelum malam ini, dan ia sekali lagi memilihnya untuk mengawal lini tengah di Zagreb.

Kovacic main sebagai starter dalam formasi tiga gelandang bersama Luka Modric dan Marcelo Brozovic, dan Kroasia memimpin hanya beberapa menit setelah peluit babak kedua, dengan pemain Stuttgart, Borna Sosa membuka keunggulan tuan rumah.

Christian Eriksen dari Manchester United kemudian menyamakan skor dengan tendangan indah dari jarak 25 yard. Mateo Kovacic digantikan beberapa saat kemudian, sebelum Lovro Majer mengembalikan keunggulan Kroasia dengan gol fantastis lainnya – kali ini tendangan kaki kiri dari luar kotak penalti.

Kovacic melakukan percobaan dua tembakan dan 63 operan di Zagreb.

Bek Chelsea dan Wales, Ethan Ampadu, yang saat ini dipinjamkan ke klub Serie A Spezia, berhadapan dengan Belgia di Grup A4, dengan Wales berada di juru kunci sebelum kick-off dengan satu poin dari kemungkinan 12 poin.

Wales tanpa figur kunci lini tengah Aaron Ramsey dan Joe Allen dan itu berarti Ampadu dari Chelsea menjadi starter di tengah, dengan tiga mantan pemain The Blues menjadi ujung tombak serangan Belgia, dengan Kevin De Bruyne, Michy Batshuayi dan Eden Hazard memimpin lini depan.

Dan De Bruyne-lah yang membawa tuan rumah unggul, dengan brilian melepaskan tembakan kaki kiri pertama ke pojok bawah gawang, meski sempat mengenai tangan dari kiper Nottingham Forest, Wayne Hennessey.

Adalah Batshuayi yang mengoper ke De Bruyne untuk gol pembuka dan nama terakhir kemudian tak ketinggalan beraksi, merancang gol sang striker untuk menggandakan keunggulan Belgia sebelum paruh waktu.

Wales kemudian membalas satu gol lewat sundulan Keiffer Moore, tetapi itu tidak cukup untuk menghindarkan negaranya dari kekalahan keempat dalam lima pertandingan Nations League pertama mereka.

Romelu Lukaku, pinjaman dari Chelsea di Inter Milan, telah melewatkan empat pertandingan Serie A terakhir karena cedera otot dan karena itu tidak dipanggil ke skuad Belgia.

Di tempat lain pertandingan usia muda…

Inggris U-21 memiliki jadwal yang sama dengan tim senior, pertama-tama melawan Italia sebelum menjamu Jerman di Bramall Lane di Sheffield United pada hari Selasa.

The Young Lions telah lolos ke Euro U-21 2023 di Rumania dan Georgia musim panas mendatang setelah memuncaki grup mereka.

Conor Gallagher dan Levi Colwill menjadi starter untuk pasukan Lee Carsley melawan Italia. Yang pertama, yang melakukan debutnya di Chelsea pada hari pembukaan musim, mendapatkan penalti untuk tim tamu saat laga baru berjalan tiga menit, usai dilanggar oleh Edoardo Bove.

Dua gol cepat dari pemain Sheffield United, Rhian Brewster sudah cukup untuk membuat Young Lions menang di Pescara.

Inggris bisa saja mencetak lebih dari dua gol, dengan adanya aksi bek Levi Colwill yang mengenai tiang gawang dari sebuah sundulan berkat sepak pojok di injury time babak pertama, sebelum gelandang Chelsea, Gallagher melihat aksinya digagalkan oleh blok terakhir dari Caleb Okoli.

Dua koneksi Chelsea itu diganti pada sekitar menit ke-70.

Pemain Chelsea Sam McClelland, yang bermain di League Two bersama Barrow musim ini, bermain untuk Irlandia Utara U-21 saat mereka menjamu Skotlandia dalam laga persahabatan.

Tuan rumah tertinggal 2-0 di babak pertama dan kemudian jadi tiga gol setelah turun minum, sebelum mencetak satu gol balasan untuk menandai akhir pertandingan dengan kekalahan 3-1 dari Skotlandia.

Mereka akan melakukan perjalanan tandang ke Skotlandia pada hari Minggu untuk pertandingan ulang.