Kepa Arrizabalaga menjadi bintang di antara tiang gawang The Blues di Villa Park pada hari Minggu, dan dia berbicara setelah itu tentang upaya kolektif yang menghasilkan kemenangan dan kunci untuk penampilannya yang mengesankan.

Kiper Spanyol itu membuat tujuh penyelamatan di Birmingham, enam terjadi sebelum turun minum. Itu adalah angka penyelamatan tertinggi Kepa dalam satu laga Liga Primer, dan dua di antaranya, saat menghalau peluang Jacob Ramsey dan Danny Ings, adalah aksi kelas dunia, keduanya berada di antara yang terbaik yang pernah dia buat dalam seragam Chelsea.

Berhasil memastikan gol awal Mason Mount tidak disamakan oleh tuan rumah, dan babak kedua menjadi lebih mulus ketika Mount melakukan tendangan bebas yang luar biasa.

“Saya sangat senang karena kemenangan ini dan karena saya bisa membantu tim,” kata Kepa.

“Ini adalah stadion yang sangat sulit untuk dimainkan. Kami memulai pertandingan dengan sangat baik, kami mengontrol, kami mencetak gol lebih dulu, tetapi setelah mencetak gol kami sedikit menurunkan performa kami. Kami kehilangan kendali dan kami kesulitan di 20, 25 menit terakhir babak pertama.

“Di babak pertama kami sedikit berubah dan di babak kedua kami mengelola permainan dengan jauh lebih baik. Setelah kemenangan tandang besar di Liga Champions, tidak mudah datang lagi ke Liga Primer, untuk fokus, pergi, dan bermain tandang.

“Kami menang di stadion besar. Menang di sini tidak mudah, menang di Milan tidak mudah. Kami menjalankan ide-ide manajer semakin lebih baik."


Graham Potter telah mempercayakan Kepa sebagai penjaga gawang the Blues sejak mengambil alih tim, dan itu terlepas dari proses kembalinya Edouard Mendy ke kebugaran penuh awal bulan ini.

Pemain berusia 28 tahun itu telah membayar kepercayaan pelatih kepala barunya dengan serangkaian penampilan yang solid, dan penampilan terakhir kemarin sangat spektakuler. Penyelamatannya dari Ramsey dan Ings secara khusus menunjukkan tidak hanya kecepatan reaksinya tetapi juga nalurinya, menghalau peluang emas dari jarak dekat.

“Kami mengerjakan hal-hal semacam ini selama seminggu, tetapi kemudian dalam permainan itu benar-benar berbeda. Anda tidak punya waktu untuk berpikir. Anda harus siap karena apa pun bisa terjadi.


“Saya merasa sangat baik, percaya diri, dengan dan tanpa bola,” tambah Kepa tentang penampilannya.

"Kepercayaan diri dan keyakinan pada kerja Anda, pada apa yang Anda lakukan, dan keyakinan pada prosesnya menjadi sangat penting."

“Tentu saja saya mengalami saat-saat yang sangat sulit. Saya memiliki momen yang sangat bagus, tetapi pada akhirnya seperti itulah hidup. Anda mengalami pasang surut dan Anda harus kuat secara mental, bertahan dengan ide-ide Anda dan terus bekerja. Sekarang saya menikmati semua waktu saya."

Kita juga!