Sam Kerr adalah perwakilan utama Chelsea di Ballon d'Or ke-66, yang berlangsung di Theatre du Chatelet di Paris pada Senin malam dan dipandu oleh legenda Chelsea Didier Drogba, berada di urutan ketiga dalam penghargaan wanita, sementara rekan setimnya Millie Bright juga dalam nominasi dan ada pengakuan lebih lanjut untuk Edouard Mendy dan Antonio Rudiger, meski telah meninggalkan Chelsea tahun ini.

Penghargaan bergengsi, yang dipersembahkan oleh majalah France Football, merupakan cerminan dari upaya selama 12 bulan terakhir, yang mencakup kampanye kemenangan ganda untuk Chelsea Women serta dua gelar internasional yang diamankan oleh tim pria.

Kerr terbaik ketiga di Ballon d’Or Wanita

Trofi Ballon d'Or wanita dipersembahkan oleh mantan striker Chelsea lainnya, Andriy Shevchenko, dengan Bright dan Kerr dalam nominasi, dan pemain Australia itu yang paling dekat untuk memenangkan penghargaannya, masuk ke lima besar sebelum akhirnya menjadi yang terbaik ketiga.

Kerr menikmati musim 2021/22 yang penuh penghargaan, memainkan peran integral dalam membantu Chelsea meraih gelar ganda domestik, dengan satu lagi kemenangan Piala FA dan gelar Liga Super Wanita Barclays ketiga berturut-turut.

Pemain berusia 29 tahun itu membawa pulang Sepatu Emas untuk tahun kedua berturut-turut, mencetak 20 gol yang mengesankan dalam jumlah pertandingan liga yang sama, ditambah mencetak Goal of the Season WSL saat pertandingan penentuan gelar melawan Manchester United.

Pengakuan individu lebih lanjut datang ketika Kerr dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Chelsea Wanita Tahun Ini, Pemain Terbaik PFA dan Pemain Terbaik Wanita FWA Tahun Ini, sekaligus menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa Australia di tingkat internasional.

Bright juga masuk ke dalam nominasi untuk acara di Paris setelah menjadi pemain yang selalu bisa diandalkan di klub dan negara, secara konsisten menghasilkan penampilan berkualitas tinggi selama musim 2021/22 yang sarat trofi di tingkat domestik dan internasional.

Selain membantu Chelsea mengamankan gelar liga dan piala ganda, Bright memainkan setiap pertandingan untuk Inggris dalam perjalanan ke Wembley selama kemenangan bersejarah Euro mereka.

Keterlibatan Bright dalam penghargaan berakhir pada tahap nominasi, meski pun, berada di urutan ke-15 dalam pemungutan suara. Tempat pertama jatuh ke Alexia Putellas dari Barcelona.

Mendy masuk lima besar Trofi Yashin

Setelah finis sebagai runner-up dalam pemilihan kiper terbaik di sepakbola Eropa musim lalu, Edouard Mendy sekali lagi masuk dalam lima besar pada upacara malam ini di Paris.

Trofi Yashin diambil dari nama pemain internasional Soviet, Lev Yashin, yang masih menjadi satu-satunya penjaga gawang yang pernah memenangkan Ballon d'Or, pada 1963.

Mendy diakui untuk kampanye di mana ia membantu Chelsea meraih kesuksesan di Piala Super UEFA dan Piala Dunia Antarklub FIFA, serta perannya yang penting bagi Senegal dalam raihan juara Piala Afrika perdana mereka.

Pemain berusia 30 tahun itu menyelamatkan penalti yang menentukan dalam adu penalti terakhir melawan Mesir dan juga membantu Lions of Teranga mencapai Piala Dunia tahun ini di Qatar dengan kemenangan play-off atas lawan yang sama.

Ia berada di belakang empat kiper dalam pemungutan suara 2022, di belakang pemenang dan mantan kiper Chelsea, Thibaut Courtois, yang sekarang di Real Madrid.

Rudiger di urutan ke-25 Ballon d’Or

Setelah empat pemain Blues finis di 20 besar Ballon d'Or pria musim lalu, tahun ini lebih sedikit perwakilan dari Chelsea, meski ada mantan pemain yang finis ke-25, Rudiger, meninggalkan Stamford Bridge selama tahun pemungutan suara 2022.

Pemain Jerman itu bermain setiap menit dalam kemenangan Piala Super UEFA dan Piala Dunia Antarklub FIFA pada 2021/22 dan dinobatkan sebagai Man of the Match dalam kemenangan atas Palmeiras di final di Abu Dhabi.

Ia juga tampil di semua kecuali empat pertandingan Premier League kami dan mencatatkan musim dengan skor tertingginya untuk the Blues, dengan total mencetak lima gol, terutama tendangan jarak jauh yang spektakuler melawan Brentford di awal April. Bek tersebut tampil lebih banyak di semua kompetisi daripada pemain Chelsea lainnya sebelum pindah ke Real Madrid di musim panas.

Posisi pertama di Ballon d'Or pria diraih oleh rekan setim Rudiger di Real Madrid, Karim Benzema.

Pemenang lainnya

Di malam penghargaan lainnya, gelandang Barcelona Gavi menerima Trofi Kopa untuk pemain terbaik dunia berusia di bawah 21 tahun, Robert Lewandowski membawa pulang trofi Gerd Muller untuk striker top dan Trofi Socrates untuk kerja komunitas diberikan kepada Sadio Mane dari Bayern Munich. Club of the Year didapatkan juara Liga Primer, Manchester City.