Mateo Kovacic bakal berupaya membantu Kroasia mencapai final Piala Dunia kedua berturut-turut yang belum pernah terjadi sebelumnya dan gelandang Chelsea itu membahas kebanggaan yang dia rasakan setiap kali mewakili negaranya.

Setelah mencapai final Piala Dunia pertama kalinya dalam sejarah mereka pada tahun 2018, Kroasia bisa menyamai performa terbaiknya dengan kemenangan atas Argentina di semifinal pertama tahun ini dini hari nanti.

Kovacic telah menjadi pemain kunci selama perjalanan mereka menuju empat besar, tampil starter dalam semua lima pertandingan di Qatar sejauh ini, dan menjelaskan mengapa selalu menjadi momen yang emosional untuk bermain bagi negaranya di pertandingan apa pun, apalagi di semi-final Piala Dunia.

"Setiap kali Anda mewakili negara Anda, itu adalah hal yang luar biasa," kata pemain berusia 28 tahun itu. "Satu negara menyaksikan Anda. Saya sangat bangga dan merasa terhormat mengenakan seragam Kroasia saya."

Ini menjadi kampanye tak terkalahkan yang tampaknya menegangkan bagi Kroasia, setelah mengamankan tempat kedua di Grup F dengan hasil imbang tanpa gol dengan Belgia di pertandingan grup terakhir mereka.

Sejak itu mereka bangkit dari ketinggalan satu gol untuk menang dalam adu penalti dramatis dalam dua pertandingan sistem gugur mereka, melawan Jepang dan favorit juara Brasil, tampaknya cocok dengan filosofi Kovacic dan menunjukkan kepercayaan yang dimiliki Kroasia pada diri mereka sendiri.

"Bagi kami hal yang paling penting adalah memulai dengan baik, melewati babak penyisihan grup kemudian di babak sistem gugur Anda tidak pernah tahu apa yang bisa terjadi."


Keyakinan dari Kovacic itu sudah ada jauh sebelum Piala Dunia ini, seperti yang dia jelaskan.

"Saya selalu berpikir ketika saya tumbuh dewasa saya akan menjadi pesepak bola dan tentu saja saya percaya bahwa saya bisa berada di posisi itu untuk bermain bagi tim nasional saya, tetapi Anda hanya perlu bekerja keras untuk menuju ke sana," tambahnya.

"Jadi itu tidak mudah tetapi Anda mempersiapkan hal yang sama untuk Chelsea seperti yang Anda lakukan untuk tim nasional karena Anda ingin memberikan yang terbaik di lapangan dan menjadi pemain terbaik."

Penampilan Kovacic dalam membantu Kroasia mencapai semifinal Piala Dunia tentu tidak ada salahnya dan ketika mereka melawan Argentina untuk menuju kejayaan di Qatar tinggal satu langkah lagi, akan ada banyak pendukung Chelsea yang bergabung dengan pendukung Kroasia guna menyemangati sang gelandang.