Tendangan voli apik dari Mateo Kovacic saat melawan Liverpool telah dipilih oleh para pendukung sebagai Goal of The Season 2021/22 Chelsea.

Para suporter The Blues memberikan votingnya selama sepekan terakhir dalam serangkaian jajak pendapat, dengan delapan gol yang masuk dalam daftar nominasi saling berhadapan dalam serangkaian babak sistem gugur, untuk menentukan pemain mana yang menerima penghargaan akhir musim terakhir kami, bergabung dengan penghargaan Men Player of the Year Mason Mount, Women's Player of the Year Sam Kerr dan Academy Player of the Year Harvey Vale dalam daftar kehormatan klub pada tahun 2022.

Pemungutan suara di babak final membuat para pendukung memilih antara tendangan Kovacic melawan Liverpool atau upaya Harvey Vale untuk tim U-18 kami dalam pertandingan FA Youth Cup melawan Blackpool, dan ini menghasilkan kemenangan luar biasa bagi Mateo, yang menerima 88% suara. Dia sebelumnya mengalahkan gol Hakim Ziyech dan Antonio Rudiger di dua putaran awal.

Gol pemain Kroasia itu jelas merupakan pemenang yang layak. Dia mungkin bukan pemain yang sering mencetak gol, karena gol ini adalah alah satu dari empat gol yang dia bersama The Blues, tetapi itu adalah salah satu yang menunjukkan teknik dan improvisasinya, serta memicu kebangkitan kami saat itu dari tertinggal dua gol samapi akhirnya bermain imbang 2-2 dengan Liverpool di Stamford Bridge.

Ketika tendangan bebas Marcos Alonso ditepis keluar dari kotak oleh kiper, Kovacic melakukan pergerakan brilian untuk mengejar bola, sebelum melepaskan tendangan voli pertama dengan sempurna di atas kerumunan pemain lawan dan meluncur di bagian dalam tiang atas.

Selain itu, ada poin penting pada gol itu dalam mengamankan poin yang tak terlupakan di Stamford Bridge dari pemain Kroasia tersebut.

“Gol itu sangat bagus dan tentu saja salah satu gol terindah dalam karir saya. Saya harus mengatakan ada sedikit keberuntungan yang terlibat karena masuk melewati tiang, tetapi saya senang bisa mencetak gol," kata Kovacic setelah pertandingan.

“Kami menunjukkan karakter hebat untuk bangkit setelah memberikan dua gol balasan. Itu adalah salah satu atmosfer terbaik yang pernah saya alami di Stamford Bridge, jujur, karena ketika saya mencetak gol, semua orang benar-benar bangkit. Kemudian dua menit kemudian Christian Pulisic mencetak gol dan itu adalah ledakan emosi. Itu adalah momen yang sangat menyenangkan untuk terlibat dalam permainan yang begitu luar biasa."

Kovacic menjadi pemain berbeda ke-11 yang memenangkan penghargaan Chelsea Goal of the Season sejak dimulai pada 2007 dan menjadi pemain kedua yang menerimanya saat mencetak gol ke gawang Liverpool dalam empat tahun terakhir, bersama dengan Eden Hazard pada 2019.

Peraih penghargaan Gol Terbaik Chelsea Musim Ini2007 – Michael Essien v Arsenal (T)2008 – Juliano Belletti v Tottenham Hotspur (K)2009 – Michael Essien v Barcelona (K)2010 – Ashley Cole v Sunderland (K)2011 – Ramires v Manchester City (K)2012 – Ramires v Barcelona (T)2013 – Oscar v Juventus (K)2014 – Lewis Baker v Arsenal U-21 (T)2015 – Oscar v Queens Park Rangers (K)2016 – Eden Hazard v Tottenham Hotspur (K)2017 – Eden Hazard v Arsenal (K)2018 – Willian v Brighton & Hove Albion (T)2019 – Eden Hazard v Liverpool (T)2020 – Fikayo Tomori v Wolverhampton Wanderers (T)2021 – Olivier Giroud v Atletico Madrid (T)2022 - Mateo Kovacic v Liverpool (K)